Kamera

Ondu III, Kamera Pinhole Berbahan Kayu yang Begitu Klasik

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Unbox.id – Pasar kamera saat ini dipenuhi dengan material dari plastik hingga magnesium alloy tetapi Ondu III dibuat dari material kayu. Kembali setelah dua kali sukses di Kickstarters, Ondu kembali dengan seri baru kamera pinhole kayu dan sulit untuk mengetahui apa yang terlihat.

Seri Ondu III berisi beberapa kamera yang berbeda dengan ukuran film yang berbeda hingga format besar, bersama dengan jajaran Rise. Kamera Ondu III sebagian besar terbuat dari bahan ash dan kenari, sedangkan bagian interior dan merupakan yang paling rentan saat dipakai dibuat dari CNC-milled aluminium.

Menurut Ondu, generasi ketiga dari jajaran kamera Ondu ini menggunakan shutter magnetik yang membuat pemotretan kian lebih halus, bebas goyangan dan suara jepretan yang memuaskan. Pinhole dikelilingi oleh magnet tersembunyi, yang memungkinkan kamera untuk menggunakan filter Conkin. Di beberapa bagian dari seri generasi ketiga ini juga menggunakan material aluminium atau baja.

Seperti generasi sebelumnya, bingkai pada body yang berbahan kayu membantu memandu komposisi fotografer, karena tidak ada cermin di dalam kamera pinhole untuk viewfinder-nya. Ondu juga menambahkan loop dan tali untuk pilihan lebih banyak. Seri klasik ini menyertakan pilihan kamera 135mm ke kamera film 4×5, termasuk beberapa ukuran panorama di antaranya. 120 film kamera juga dapat diadaptasi untuk menggunakan film 135mm.

Seiring dengan kamera klasik-nya, Ondu juga membagikan kamera Rise series. Rise series menggunakan tiga pinhole, bukan satu. Perubahan ini memungkinkan fotografer untuk menulis dengan aturan pertiga, kata Ondu, tanpa ada off-center ditortion yang biasanya dikaitkan dengan kamera format pinhole. Kamera seri Rise kompatibel dengan Conkin Series A square filters. Pilihan Rise series termasuk model dari film 120mm hingga 4 × 5.

Baca Juga – Leica M10-D, Kamera Film Klasik Bereinkarnasi Dengan Sentuhan Digital

Ondu merupakan perusahaan yang bermarkas pusar di Slovenia yang pertama diluncurkan pada tahun 2013 dalam kampanye Kickstarter untuk seri kamera pinhoel pertamanya. Ondu mengatakan seri ketiga ini didasarkan pada beberapa feedback dari fotografer telah menggunakan dua kamera generasi pertama.

Dalam kampanye Kickstarter, Ondu telah mencapai target dana yang dibutuhkannya. Menariknya lagi mereka telah mencapai angka 2x lipat dari yang ditargetkan. Harga kamera ini dimulai dari $ 89 dan terus meningkat tergantung ukuran film, dengan seri Rise mulai dari harga $ 168 dalam Kickstarter. Ondu akan melakukan pengiriman kamera ini mulai bulan Mei tahun depan.

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top