Unboxing

iFixit Bongkar IPhone XR. Ini Hasil Kesimpulannya

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Jakarta, unbox.id – Anda mungkin tentunya sudah mengetahui rekam jejak dari komunitas yang dinamakan iFixit. Ia merupakan suatu komunitas resmi yang melakukan bongkar pasang terhadap gadget yang ada di pasaran global hingga saat ini. Kali ini yang mendapat giliran adalah smartphone besutan Apple yang terbaru, yakni iPhone XR. Seperti apakah pembongkaran yang dilakukan iFixit ini apa kesimpulan dari semua langkah bongkar pasang ini? Bila penasaran, simak ulasan singkatnya di bawah ini:

Baca juga – Tes Kecepatan LTE iPhone XS dan iPhone XS Max Jauh Lebih Baik Dari iPhone X?

Spesifikasi iPhone XR

Sebelum kita membahasa bongkar pasang iFixit ini, ada perlunya kita lebih dahulu mengetahui spesifikasi iPhone XR yang resmi rilis pada pertengahan Oktober ini, yakni sebagai berikut;

Body : Front/back glass, aluminum frame (7000 series), 150.9 x 75.7 x 8.3 mm (5.94 x 2.98 x 0.33 in), 194 g (6.84 oz), IP67 dust/water resistant (up to 1m for 30 mins)

Display : IPS LCD capacitive touchscreen, 6.1 inches, 90.3 cm2 (~79.0% screen-to-body ratio), 828 x 1792 pixels, 19.5:9 ratio (~326 ppi density)

Platform :  Apple A12 Bionic (7 nm), Hexa-core (2x Vortex + 4x Tempest), Apple GPU (4-core graphics), iOS 12

Memory :   64/128/256 GB, 3 GB RAM

Main Camera : 12 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.55″, 1.4µm, OIS, PDAF, Quad-LED dual-tone flash, HDR (photo/panorama), 2160p@24/30/60fps, 1080p@30/60/120/240fps, HDR, stereo sound rec.

Selfie Camera :  7 MP, f/2.2, 32mm (standard), HDR, 1080p@60fps

Battery : Non-removable Li-Ion 2942 mAh battery

Option Colors : Black, Red, Yellow, Blue, Coral

Price : -+ 850 Euro

Ulasan Singkat iFixit Tentang iPhone XR

Setelah mengetahui spesifikasi utamanya, kami  akan membahas tentang apa yang telah dilakukan oleh iFixit pada iPhone XR. Seperti biasa, mereka melakukan pembongkaran satu demi satu komponennya, langkah demi langkah.

Dan untuk perangkat iPhone XR ini, mereka menilai bahwa ini merupakan perangkat yang cukup mudah diperbaiki bila layar rusak ataupun baterai mati beberapa waktu. Nah, kabar baiknya adalah Apple terus membuat layar dan perbaikan baterai seri XR ini menjadi prioritas dan sama seperti iPhone XS dan XS Max, yang mana panel depan XR ini dapat dimatikan tanpa perlu melepaskan modul Face ID-nya.

Perawatan iFixit ini juga menunjukkan bahwa fitur waterproofing iPhone XR bisa mempersulit seluruh proses pembongkaran tetapi sepertinya itu bisa dilakukan dengan benar sehingga perbaikannya masih bisa dilakukan dengan baik pula.

Dan penggunaan standar sekrup yang tidak umum dalam komponen seri XR ini merupakan hal lain yang membuat skor perbaikan tetap rendah, namun intinya bukan itu saja karena masalah terbesarnya adalah desain sandwich kaca yang rapuh. Karena itu, iFixit memberi iPhone XR ini skor 6/10, sama dengan saudaranya yang lebih mahal yaitu XS dan XS Max.

iFixit juga merilis video proses pembongkaran iPhone XR ini dan juga panduan langkah demi langkah lengkap berikut ini;

Dari cuplikan di atas, kita bisa melihat langkah pembongkaran profesional yang dilakukan oleh tim ahli iFixit dan mereka juga memberikan penjelasan langkahnya. Dan ini kesimpulan akhir dari proses perawatan iFixit  pada iPhone XR;

Keterangan :

iFixit memberi poin bagus pada sistem pembangunan display dan baterai iPhone XR ini karena mudah diperbaiki bila mengalami sedikit  rusak atau longgar. Namun sistem fitur anti air perangkat ini cukup menyulitkan bila ia mengalami kerusakan fatal dan juga bahan kaca tubuhnya yang cukup rapuh hingga tim iFixit menyarankan penggunanya untuk berhati-hati dalam membawanya kemana-mana.

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top