Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

CDMA vs GSM: Apa Yang Membedakannya ?

cdma vs GSM

Last updated on 7 Januari, 2022

Unbox.idDijaman serba digital saat ini, tentu saja kita menggunakan smartphone dalam kehidupan sehari-hari.  Dan saat kita memilih smartphone, kita akan sering kali mendengar CDMA dan GSM. Jadi apa ini sebenarnya, dan bagaimana pengaruhnya CDMA vs GSM terhadap ponsel kita?

Kedua fungsi standar seluler dunia ini berfungsi di wilayah yang berbeda dan memungkinkan untuk melakukan komunikasi secara global antar individu, dan masing-masing ini mengubah data yang masuk dan keluar menjadi gelombang radio secara berbeda.

Bukan menjadi faktor besar saat anda memilih ponsel, tetapi sangat penting karena tidak semua ponsel bisa bekerja pada kedua standar tersebut.

Itu tergantung di mana posisi anda berada, apa yang anda cari dan apa yang anda butuhkan. Namun melihat posisi kita di Indonesia, anda mungkin bisa memilih salah satu dari keduanya saat di kota-kota besar. Beda cerita kalau anda berada di wilayah pelosok.

PENJELASAN TENTANG GSM

GSM singkatan dari Global System for Mobile Communication. Jaringan GSM menggunakan TDMA, yang merupakan singkatan dari Time Division Multiple Access.

TDMA bekerja dengan menetapkan slot waktu ke beberapa aliran percakapan, bergantian secara berurutan dan beralih di antara setiap percakapan dalam interval yang sangat singkat.

Selama interval ini, ponsel bisa mengirimkan informasi mereka. Agar jaringan mengetahui pengguna mana yang terhubung kedalam jaringan, setiap ponsel menggunakan kartu modul identifikasi pelanggan, atau mungkin lebih akrab dengan nama “kartu SIM”.

Baca juga: Tips Memilih USB Modem GSM / CDMA

Kartu SIM adalah salah satu fitur utama dari jaringan GSM. Berfungsi untuk menyimpan layanan langganan anda, mengidentifikasi jaringan, dan informasi buku alamat.

Kartu ini juga berguna untuk menetapkan slot waktu kedalam percakapan, dan terlebih lagi kartu ini memberi tahu jaringan akses layanan mana yang anda miliki. Mereka juga menyimpan buku alamat anda dengan informasi kontak anda.

Kartu GSM bahkan bisa digunakan untuk menyampaikan informasi antar telepon dengan izin operator atau provider-nya.

PENJELASAN TENTANG CDMA

CDMA

CDMA – atau Code Division Multiple Access. Pasukan sekutu telah mengembangkan teknologi ini selama Perang Dunia II.

Tidak seperti GSM, CDMA memberikan akses penuh pengguna ke seluruh spektrum band, sehingga memungkinkan lebih banyak pengguna untuk terhubung pada waktu tertentu.

CDMA juga mengkodekan percakapan individu setiap pengguna melalui urutan digital acak pseudo, yang berarti data suara tetap dilindungi dan difilter sehingga hanya mereka yang berpartisipasi dalam panggilan telepon yang menerima data.

Ponsel di jaringan CDMA tidak menggunakan kartu SIM. Sebaliknya, setiap ponsel dibuat khusus untuk bekerja di jaringan operator itu.

Ini berarti bahwa ponsel terikat dengan operator dan band, jadi jika anda memutuskan untuk mengganti provider, anda harus membeli ponsel baru.

Baca juga: Telkomsel Indonesia Tunjuk Ericsson Untuk Tingkatkan Jaringan 5G

MANAKAH YANG LEBIH BAGUS ?

CDMA vs GSM

Baik GSM ataupun CDMA merupakan standar global untuk komunikasi seluler. Faktor utama yang mempengaruhi kualitas panggilan adalah jaringan itu sendiri, bukan metodenya dalam mengirimkan informasi.

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui ketika tiba waktunya untuk memilih antara CDMA vs GSM.

Sebagai permulaan, ponsel CDMA tanpa slot SIM dan terikat pada operatornya, serta tidak dapat ditransfer ke jaringan lain.

Sebaliknya, ponsel GSM cukup mudah untuk dibuka dan ditransfer ke jaringan lain. Selain itu, beberapa produsen pihak ketiga sering menjual ponsel untuk jaringan GSM, karena mereka tidak memerlukan akses band operator tertentu.

Telepon GSM bahkan berfungsi di negara-negara dengan jaringan GSM yang kompatibel.

Jaringan CDMA cocok untuk pengguna dalam jumlah besar, ini berarti kapasitas jaringan CDMA untuk berkomunikasi lebih besar daripada jaringan GSM. Selain itu, CDMA merupakan infrastruktur di mana semua jaringan 3G berasal – baik untuk operator GSM dan CDMA.

Ada pula LTE yang merupakan singkatan dari Long-Term Evolution. Teknologi LTE merupakan GSM yang telah berevolusi, dan menggunakan teknologi serupa untuk jaringan GSM.

Standar LTE ini menawarkan peningkatan kualitas suara dan fungsi sebagai basis jaringan data 4G yang berkecepatan tinggi. Dalam hal ini, LTE memiliki keunggulan dalam hal kecepatan dan kualitas secara keseluruhan.

Langkah selanjutnya adalah 5G, yang sudah dalam proses pengerjaan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Vivo akan mengumumkan ponsel pintar terbaru model T3x dengan konektivitas 5G. Ponsel 5G baru yang ramah anggaran, pada 17 April di...

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id – Tipe ponsel pintar Lava Blaze Curve 5G telah muncul, di mana perusahaan tersebut akan memperkenalkannya dalam waktu dekat. Ponsel yang satu...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Produk Nothing Phone kini terus merambah ke pasar yang lebih luas dengan inovasinya yang terus berkembang. Sejauh ini, perusahaan tersebut telah...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Infinix Hot 40 Pro merupakan salah satu dari dua lini ponsel baru Infinix yang diluncurkan di Indonesia. Infinix Hot 40 Pro sendiri...