Leica

Leica M10-D, Kamera Film Klasik Bereinkarnasi Dengan Sentuhan Digital

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Unbox.id – Kamera terbaru Leica akan sulit dipilih di antara jajaran kamera film klasik, meski telah dilengkapi dengan sensor digital kamera di dalamnya. Pada hari Rabu (24/10), Leica memulai debut Leica M10-D, kamera digital full-frame rangefinder dengan bodi screen-free yang menyalurkan film klasik.

Sebagai bagian dari Leica, Leica M10-D memberikan hal yang sama seperti model M10 sebelumnya dan iterasi lainnya seperti M10-P. Kamera ini memiliki sensor CMOS full-frame 24 megapiksel dengan ISO dari 100 hingga 50.000, sensor itu dipasangkan dengan lensa M-Mount.

Sementara M10-D mungkin memiliki hal yang sama dengan M10, untuk bagian luar dari kedua kamera ini sangatlah berbeda. Leica sengaja menyingkirkan layar LCD di belakang kamera. Langkah ini membantu memberikan M10-D sebuah tampilan kamera film, tetapi Leica mengatakan perubahan ini juga membebaskan fotografer dari semua gangguan.

Selanjutnya di tampilan film, Leica M10-D menggunakan dial mekanis untuk kompensasi exposure di bagian belakang yang dirancang menyerupai kontrol dari Leica seri M. Cincin kontrol belakang itu juga memiliki kontrol untuk menghidupkan dan mematikan kamera dengan tambahan kontrol untuk mengaktifkan Wi-Fi. Shutter speed dan ISO juga menerima dial mekanis, yang terletak di bagian atas kamera.

Selain layar yang dihilangkan, Leica bertujuan untuk menyamarkan kamera digital ini sebagai kamera film, yang dirancang agar terlihat seperti tuas muka film dari kamera jadul. Leica mengatakan kamera ini kian praktis saat memotret dengan satu tangan. Untuk fotografer yang tidak sepenuhnya yakin tentang layar yang hilang itu, M10-D juga kompatibel dengan viewfinder elektronik tambahan dari Visoflex.

Baca Juga – Leica CL Segera Luncur, Ini Gambaran Spesifikasinya

Wi-Fi bawaan membantu mengaktifkan fitur-fitur yang biasanya membutuhkan layar untuk mengaktifkannya. Menggunakan Leica Fotos App, kamera bisa mengirim gambar secara nirkabel ke perangkat iOS atau Android untuk melihat dan berbagi gambar serta menyesuaikan beberapa pengaturan kamera. Setelah pengaturan disesuaikan, perubahan tersebut bisa disimpan langsung ke kamera. Dengan konektivitas Wi-Fi juga memungkinkan anda bisa melakukan pemotretan dari jarak jauh.

Fitur-fitur yang terinspirasi dari kamera analog ini dimasukkan di dalam body berbahan magnesium alloy die-cast. Seperti M10-P, Leica menghilangkan logo Leica berwarna merah di bagian depan untuk tampilan yang lebih diskrit. M10-D juga menggunakan shutter yang lebih tenang seperti M10-P.

Leica M10-D akan diluncurkan dalam minggu ini dengan harga banderol seharga $ 7.995 dari dealer Leica. Leica Fotos App bisa di-download secara gratis dari Google Play atau App Store.

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top