Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Ragam Produk Taiwan Dorong Kemajuan Smart City di Indonesia

Last updated on 30 Oktober, 2018

Seiring semakin majunya jaman, kita tidak dapat lepas dari teknologi yang kini juga merambah ke semua aspek kehidupan. Kemajuan teknologi menghadirkan juga platform konsep kota modern dan canggih, biasa kita sebut smart city atau kota pintar. Taiwan adalah salah satu mitra Indonesia yang memiliki visi yang sama dalam mewujudnyatakan impian ini.

Taiwan sendiri diyakini sudah siap dalam mengimplementasikan seluruh teknologi dalam proyek ini, di bantu oleh 25 brand ternama di sektor teknologi yang memenangkan Taiwan Excellence Award, pada Pameran Communic Indonesia 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Pada ajang yang digelar pada 24-26 Oktober 2018 tersebut, Taiwan Excellence membawa solusi-solusi inovatif milik brand-brand terkemuka dari Taiwan seperti Acer, Advantech, Apacer, Bionime, Geosat dan MSI.

“Kami dari industri asosiasi sangat menantikan kehadiran Taiwan Excellence, karena kami percaya bahwa brand-brand dibawah naungan Taiwan Excellence adalah brand-brand terbaik yang ada di Taiwan,” ujar Fanky Christian selaku Wakil Ketua Umum Asosiasi Sistem Integrator dan Sekuriti Indonesia (ASISINDO), pada Rabu (24/10).

Dalam perhelatan yang sama, Taiwan juga menggelar Seminar “Efficiency Formula for Smart City”, dengan menghadirkan Fanky Christian dan I Gusti Bagus Baskara Nugraha (Peneliti Smart City Community and Innovation Center ITB) selaku pembicara.

“Indonesia sedang mengkampanyekan Gerakan Menuju 100 Smart City, dan responnya terhadap produk teknologi kami sejauh ini sudah sangat baik. Sehingga kami harus bekerja lebih cepat lagi, untuk memperkenalkan produk-produk Taiwan Excellence di Indonesia,” ujar Danny Liao selaku Direktur Taiwan Trade Center Jakarta.

Setelah usai seminar, kita disuguhkan demo dari produk teknologi yang terdapat pada pameran. Advantech menawarkan beragam solusi, mulai dari LoRa, LPWAN, LoRaWAN dan banyak lainnya mulai dari kebutuhan transportasi, monitoring dan sebagainya. Bahkan banyak teknologi dari Advantech yang sudah terpakai seperti di Trans Jakarta dan Trans Jogja.

Hadir juga Geosat yang memberikan solusi teknologi aerospace, seperti  mobile mapping, pertanian, hunian, digital topographic, dan masih banyak lainnya. Setidaknya ada sebuah produk yang menarik yaitu sebuah helikopter mini tanpa penumpang yang berfungsi untuk menebar pupuk, pestisida berbasis GPS.

Satu lagi produk dari Taiwan yang cukup menarik adalah Dr. Board yang secara singkat adalah sebuah papan interaktif. Dengan menggunakan alat ini kita dapat merubah seluruh permukaan rata jadi alat presentasi interaktif. Ia bekerja menggunakan sensor berbentuk kotak sebesar remote dan pena stylus.

Banyak teknologi dari Taiwan yang dapat diterapkan di Indonesia dan tentunya demi mewujudkan impian kota pintar alias smart city.

Baca Juga – Bocor Parah, Ini Full Spesifikasi OnePlus 6T dan Sampel Gambar Kameranya

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Samsung telah resmi meluncurkan smartphone terbarunya untuk seri Galaxy M, yaitu Galaxy M14 5G. Sama seperti pendahulunya, smartphone ini dibekali baterai besar....

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Samsung telah resmi meluncurkan smartphone mid-range seri A terbarunya untuk pasar Indonesia, yaitu Galaxy A34 5G dan Galaxy A54 5G. Setelah bocoran...

Handphone & Tablet

Unbox.id – Riset terbaru menunjukkan bahwa Samsung tetap menjadi salah satu produsen smartphone papan atas di Indonesia. Hal ini tak lepas dari teknologi mutakhir...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Pilihan smartphone mid-range semakin menarik dengan perangkat baru dari realme. Sebagai brand smartphone yang berhasil menjadi TOP 5 di pasar global (berdasarkan...