Realme

Kupas Tuntas Realme C1, Penantang Smartphone Entry Level

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Ibarat mesin, brand smartphone baru, Realme kini dalam putaran tinggi. Belum lama memecahkan rekor penjualan online untuk seri Realme 2 Realme 2 Pro, kini, saudaranya, Realme C1 yang juga sempat diumumkan bersamaan juga tampak siap memikat pencinta smartphone.

Ditujukan pada segmen smartphone terjangkau, tidak lantas membuat Realme C1 hadir dengan spesifikasi ala kadarnya. Sekilas kita melihat hadirnya layar lebar, chipset Snapdragon 450, serta kapasitas baterai yang besar.

Jadi penantang, tentu saja Realme C1 hadir dengan keunggulan lebih dari pesaingnya pada kelas yang sama. Apa saja keunggulan yang ditawarkan Realme dalam smartphone low-end perdananya ini? Yuk simak review kita di bawah.

Desain

Desain adalah ibarat DNA bagi Realme. Kita bisa bilang bahwa desain dari Realme C1 ini cukup menarik perhatian karena memiliki look yang premium. Pada Realme C1, Realme telah mendesain dengan sebutan 12 lapisan laminasi nanoscale, 2.5D back plate, untuk build quality yang lebih kuat, dan lebih tahan terhadap goresan.

Electroplated rear cover memastikan permukaan yang menawan dan lembut, dengan konduktivitas yang lebih baik dan tahan panas. Ink printing memberikan efek 3D yang memukau. Elegant microarc dengan lekukan yang lebih besar di bagian tengah memberikan keseimbangan estetika dan kenyamanan genggaman. Untuk ketersediaan warna, Realme C1 hadir dalam dua warna, Mirror Black & Navy Blue.

Baterai

Keunggulan smartphone ini terletak pada aspek ketahanan baterai serta layar yang luas jika dibandingkan dengan produk di rentang harga yang sama, Realme C1 memiliki kapasitas baterai yang sangat menarik yakni 4230 mAH. Pengguna dapat menggunakan smartphone ini sebagai daily driver yang memberikan keleluasaan untuk multi-tasking, bermain game, mengambil foto atau memutar video seharian tanpa takut baterai akan cepat habis.

Dalam penggunaan selama satu minggu ini, penggunaan baterai Realme C1 kurang lebih bisa di ringkas seperti ini:

Battery life of call 44 jam (normal network call, tanpa hands-free)
Music Playing 18 jam (terkoneksi Wi-Fi)
Video Playing 15 jam (terkoneksi Wi-Fi)
Game Playing 10 jam (terkoneksi Wi-Fi)
Battery life saat digunakan untuk browsing Internet 18 jam (terkoneksi Wi-Fi, hanya web browsing dan di update selama 10 detik sekali)

 

Menariknya, Realme juga telah memberikan fitur AI Power Manager, yang notabene telah ada di Realme 2 dan Realme 2 Pro. Fitur ini cukup memberikan keleluasaan pada sistem untuk mengoptimalisasi konsumsi daya dari aplikasi dan juga mengontrol jumlah inti prosesor untuk menghindari daya yang terbuang secara berlebih.

Layar

Dari segi layar, Realme C1 tidak terlihat seperti smartphone dengan harga dibawah Rp 2 juta. Realme C1 merupakan smartphone pertama dikelasnya yang hadir dengan layar notch 6.2 inci berasio 19:9 atau 88.8% serta memiliki resolusi HD+ atau 720 x 1520 p. Untuk ukuran bezel, ia terhitung memiliki bezel tipis dengan ukuran screen to body 2.05mm.

Performa

Untuk performa smartphone Realme C1, Snapdragon 450 bukanlah chipset lemot. Performanya sangat mencukupi untuk berbagai kebutuhan dan jenis aplikasi. Chipset ini memiliki CPU Octa-Core 1.8 GHz dan menggunakan GPU Adreno 506. Hasil pengujian menggunakan benchmark AnTuTu, Snapdragon 450 pada Realme C1 bisa mendapatkan score rata-rata 56.000, hampir menyamai SoC Snadragon 625.

Pada uji Geekbench 4, skor nya juga cukup tinggi, dengan performa 781 pada single core dan 3663 pada multi-core. Selain itu, performa Snapdragon yang memiliki CPU Octa-Core 1.8 GHz ini juga memiliki kelebihan mempercepat kinerja grafis dengan konsumsi daya yang minim.

Smartphone ini dibekali 2GB RAM + 16GB ROM, dan penambahan memori hingga 256GB. Dilengkapi dengan pengingat uninstall aplikasi untuk aplikasi yang jarang dibuka pada periode waktu tertentu jika pengguna membutuhkan ruang memori yang lebih luas.

Lebih lanjut lagi, smartphone saudara OPPO ini juga mendukung dual 4G dan dual VoLTE, 2+1 card slots. Dual SIM, dengan tiga slot kartu, masing-masing untuk Nano SIM+, NanoSIM+Micro SD secara terpisah.

Kamera

Kami tidak memilki ekspektasi yang tinggi terhadap kualitas kamera dari Realme C1. Namun, kualitasnya sungguh mengejutkan. Dengan dual camera 13 MP + 2 MP untuk kamera belakang, smartphone ini memberikan kualitas gambar yang jelas dan tajam. Cukup bagi kita untuk bisa memajang hasil-hasilnya di sosial media. Berikut adalah hasil jepretan kamera depan dan kamera belakangnya:

Fitur lain

Meskipun dijual pada segmen low-end, Realme C1 masih memiliki kelengkapan fitur yang cukup mengejutkan. Beberapa diantaranya adalah AI Facial Unlock, mode smartlock, AI Beauty dalam kamera dan smart image editing. Menurut kami fitur ini cukup membantu dan sangat dibutuhkan oleh smartphone smartphone zaman sekarang. Apalagi, Realme C1 memang dikhususkan untuk menyasar kaum muda.

Sebagai informasi tambahan, dalam waktu dekat, Realme C1 akan dipasarkan pertama kali secara resmi melalui Lazada pada tanggal 30 Oktober 2018 pukul 11:00 WIB. Masih penasaran? Berikut spesifikasi lengkapnya.

Realme C1 Parameters
Dimensions/Weight
Height  156.2mm
Width 75.6mm
Thickness   8.2mm
Weight     168g
Basic Parameters
Color Mirror Black & Navy Blue
Operating System ColorOS 5.1, based on Android 8.1
Chipset Qualcomm Snapdragon 450
CPU Octa-Core 1.8Ghz, 14nm
GPU Adreno506
RAM 2GB
Storage 16GB (Support microSD card up to 256 GB)
Battery 4230mAh
Card slot design Dual nano-SIM + microSD card
Unlock Facial unlock,Smart Lock
Display
Size 6.2 inches, 88.8% screen-to-body ratio
Resolution 1520*720 pixels, 19:9 Aspect Ratio (~271 ppi density)
Screen Colors 16.7 million colors
Camera
Sensor Type CMOS
Front Camera 5MP
Rear Camera 13MP+2MP
Aperture Rear F2.2+F2.4
Aperture Front F2.2
Video Mode 1080P, 720P
Characteristic function for photograph AI Beautification 2.0, Front Camera HDR, Bokeh Mode
Connectivity
SIM Card Type Dual nano-sim cards, microSD expansion, Dual VoLTE
Sound effect type Real HD Sound
GPS Supported
Bluetooth Supported
Wi-Fi Supported
NFC Not available
OTG Supported
Sensors Light Sensor, G-sensor, Acceleration sensor,
Magnetic induction, Proximity Sensor

Baca Juga – JavaMifi Perkuat Jangkauan Layanan di Dua Bandara Baru

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top