Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Fitur Google Lens Membuat Google Images Bisa Mengenali Objek Dalam Gambar

Last updated on 27 Oktober, 2018

Unbox.id – A.I milik Google kian hari semakin baik dan terus semakin baik. Google pertama kali mengumumkan Google Lens, dan sistem A.I untuk gambar dan video didalam Google I/O pada tahun 2017 lalu, tetapi sejak saat itu mereka telah membawa teknologi ini kedalam kamera Google Pixel, Google Assitant, dan banyak lagi. Sekarang, Google Lens sedang diintegrasikan kedalam layanan Google yang lain: Google Images.

 

Tahun ini sudah menjadi tahun yang besar bagi Google Images. Sebelumnya, Google mengumumkan desain ulang Google Images yang bertujuan untuk menggunakan algoritma ranking terbaru dalam membantu pengguna lebih gampang dalam menemukan gambar apa yang mereka cari. Sekarang, dengan integrasi Google Lens, Google Images diatur untuk menjadi lebih bermanfaat.

Mirip dengan cara kerja Google Lens didalam layanan Google lainnya, sistem ini dapat mengidentifikasikan objek gambar. Dengan pengetahuan tersebut, anda bisa “menggambar” di sekitar sesuatu objek yang anda minati atau klik pada titik-titik yang terkait dengan objek didalam gambar, setelah itu Google Images akan menampilkan informasi terkait dengan objek itu dari seluruh web yang ada.

Fitur Google Lens dalam Google Images ini juga bertujuan dalam membantu pengguna lebih mudah menemukan hal-hal yang ingin mereka beli. Contoh yang diberikan Google adalah anda mungkin menemukan gambar sofa yang anda sukai, tetapi tidak tahu persis modelnya atau dari mana bisa membelinya. Anda kemudian bisa menggambar di sofa atau mengklik pada titik di gambar, dan kemudian mengunjungi situs tersebut untuk mengetahui lebih lanjut tentang sofa itu.

Baca Juga – Inilah Fitur Terbaru Google Assistant Dalam Smart Display

Fitur ini sudah bisa digunakan di US dalam bahasa Inggris, tetapi Google menyatakan akan segera meluncurkan ke negara, bahasa, dan platform lain. Dengan kata lain, diharapkan dalam beberapa bulan kedepan fitur ini merambah kedalam platform PC.

Fitur Google Lens ini kemungkinan akan terus diintegrasikan kedalam produk Google lainnya. Layanan ini sudah tersedia di Google Assistant, yang memungkinkan pengguna mengarahkan Google Assistant pada objek atau lokasi secara realtime, setelah itu Google Assistant akan menampilkan informasi terkait dengan objek atau lokasi tersebut. Selain itu, anda bisa menemukan Google Lens didalam  Google Photo, dan di aplikasi Kamera pada Google Pixel. Teknologi Google Lens ini juga telah tersedia diplatform iOS, jadi jika anda pengguna iPhone, anda dapat mencobanya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp merilis fitur ‘Status’ pada awal tahun 2017, dan mirip dengan Snapchat atau Instagram Stories. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Publik telah akrab dengan asisten virtual seperti Siri, Alexa, dan Google Assistant, akan tetapi tidak dengan buatan Tecno. Perusahaan tersebut kini...

Handphone & Tablet

Jakarta, Unbox.id – Menjelang acara peluncuran Samsung Galaxy S24, informasi menarik tentang ponsel baru terus bermunculan. Bocoran terbaru datang dari pengguna Twitter @MysteryLupin, yang...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Hingga saat ini, perushaan mesin pencari raksasa asal Amerika Serikat, yakni Google terus melakukan perbaikan pada peramban internet utama mereka, yaitu...