Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech News

Hacker Berhasil Akses Informasi Pribadi ke 29 Juta Akun Pengguna

Last updated on 18 Oktober, 2018

Unbox.id – Pada bulan September, sekelompok hacker menggunakan kelemahan pada fitur “view as” dalam Facebook untuk mendapatkan akses ke jutaan akun – dan hari ini, Facebook tersebut merilis pernyataan paling komprehensif tentang data apa yang diambil dari pelanggaran tersebut.

Menurut pernyataan dari Facebook, hacker telah mencuri token akses untuk 30 juta akun yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan akses lengkap kedalam profil pengguna tersebut. Dari 30 juta tersebut, para hacker ini mengakses informasi kontak dasar seperti nama pengguna, email atau nomor telepon untuk 14 juta akun, dan informasi tambahan seperti jenis kelamin, agama, lokasi, informasi perangkat, dan 15 pencarian terbaru untuk 15 juta akun lainnya. Dan tidak ada informasi yang diakses oeh hacker untuk satu juta akun sisanya.

“Kami menganggap insiden ini benar-benar serius,” kata Guy Rosen Facebook kepada wartawan setelah kejadian itu.

Facebook berjanji untuk memberi tahu kesemua 30 juta pengguna melalui Help Center dalam beberapa hari mendatang. Krusialnya, Facebook mengatakan tidak ada data yang diambil dari aplikasi pihak ketiga yang tertaut kedalam akun Facebook mereka, termasuk ke berbagai produk dari Facebook seperti Instagram, Messenger dan WhatsApp. Di saat yang sama, kemungkinan akan ada serangan yang lebih kecil tetapi lebih invasif yang belum terungkap oleh penyelidikan Facebook. Juga tidak ada indikasi bahwa hacker memposting konten apa pun yang mereka dapatkan.

Baca Juga – Facebook Uji Fitur Perintah Suara Untuk Aplikasi Messenger

Pernyataan itu juga memberikan rincian terbaru dalam waktu serangan terjadi. Lonjakan aktivitas pertama muncul pada tanggal 14 September, tetapi tidak sampai 11 hari kemudian Facebook mengidentifikasi aktivitas tersebut sebagai serangan jahat. Kerentanan ini kemudian ditutup dua hari kemudian dan dilaporkan kepada pengguna dan pejabat privasi sesuai dengan GDPR dan undang-undang pelanggaran lainnya.

Facebook juga menegaskan bahwa FBI saat ini aktif menyelidiki kejadian kurang mengenakan ini, tetapi mereka menolak memberikan rincian lebih lanjut dan mengatakan kalau biro tersebut “meminta kami untuk tidak membahas pada siapa pun yang mungkin saja berada di balik serangan ini.” Karena sifat bug “View As”, kemungkinan bahwa Facebook memiliki pengetahuan signifikan tentang akun di mana serangan itu berasal, jika bukan dari pelaku itu sendiri.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Badan Keamanan Siber dan Infrastruktur AS (CISA) mengungkapkan bahwa peretas yang didukung oleh pemerintah Rusia menggunakan akses ke sistem email Microsoft untuk...

Tech Industry

Unbox.id – Pencuri SIM atau pencuri nomor ponsel (kartu SIM) kini telah menyesuaikan serangannya untuk mencuri nomor telepon target dengan mentransfernya ke kartu eSIM...

Tech Industry

Unbox.id – Jaksa AS di Virginia sedang menyelidiki Meta (perusahaan induk Facebook) atas dugaan bahwa platform media sosial tersebut memfasilitasi dan mengambil keuntungan dari...

Tech Industry

Unbox.id – IMF atau Dana Moneter Internasional baru saja mengungkap bahwa mereka menjadi korban peretasan komputer yang dilakukan orang tak dikenal. Berkat aksinya tersebut,...