Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kamera

Kodak Luncurkan Kembali Ektachrome Setelah 6 Tahun Menghilang

Unbox.id – Telah dikabarkan akan kembali hadir dalam waktu yang cukup lama, Kodak akhirnya meluncurkan film Ektachrome.

Lima tahun setelah tersimpan dalam rak perusahaan, Kodak percaya ada cukup permintaan untuk film warna transparansi 35mm dan mereka memberikannya kesempatan kedua.  Sebuah langkah yang terlihat menyenangkan bagi pecinta film yang jadul.

Ektachrome terkenal karena menghasilkan warna yang bersih dan cerah serta butiran halus dengan tampilan yang unik, kemungkinan ini akan membuatnya sekali lagi menjadi pilihan populer di kalangan fotorgrafer yang terlibat dalam produk, lanskap, alam, dan fotografi fashion.

Sementara itu, film Ektachrome 100 telah tersedia sekarang (dalam gulungan 36 frame), Kodak Ektachrome 7294 Color Reversal Film dalam format Super 8 akan hadir minggu depan pada tanggal 1 Oktober, dan versi 16mm akan hadir pada akhir tahun ini.

Baca Juga – Melihat Kamera X-T3, Mirrorless Canggih Dari Fujifilm

Melihat hal ini dari sudut pandang sang pembuat film, Steve Bellamy, presiden Eastman Kodak Company Motion Picture dan Entertainment Division, mengatakan, “Film Ektachrome adalah pilihan untuk generasi pembuat film,” Bellamy menambahkan, “Tampilan pada film yang berbeda dan tak tertandingi seperti Tony Scott dalam Domino dan Spike Lee dalam Inside Man tidak dapat dicapai tanpa Ektachrome. Kami sangat bersemangat untuk memperkenalkan kembali film ini kepada mereka yang mengenal dan menyukainya, dan pada generasi baru seniman film. ”

Kodak telah menjual film Ektachrome dalam sejumlah varian dan format dari tahun 1940 lalu dan seterusnya, tetapi dengan penurunan angka penjualan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir karena ditengah meningkatnya tekanan dari pasar kamera digital, Kodak telah mengakhiri produksi filmnya pada tahun 2013.

Pada tahun yang sama, unit fotografi film Kodak ditenun menjadi entitas baru bernama Kodak Alaris. Baru-baru ini, Kodak mengatakan mulai menerima peningkatan jumlah pertanyaan dari fotografer dan pembuat film tentang kemungkinan membawa kembali beberapa produk film yang sangat dicintai.

Tetapi menciptakan kembali film ini menjadi tugas yang menantang. Kodak tidak dapat menggunakan metode produksi yang sama seperti sebelumnya karena prosesnya membutuhkan lebih dari 80 bahan, dan banyak bahan yang tidak lagi tersedia. Pada akhirnya, film ini dibuat dari beberapa bahan kimia itu sendiri, sementara itu juga menggunakan jasa pihak lain untuk membantu menciptakan sisanya.

Ektachrome akan dikirim ke toko-toko kamera di seluruh dunia, meskipun kami masih menunggu detail harga.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Kamera

Jakarta, Unbox.id — Xiaomi terus memperluas jajaran produknya, menawarkan berbagai perangkat pintar yang cocok untuk hampir semua orang dan tujuan apa pun. Kali ini,...

Kamera

Unbox.id – Manfaat kamera mirrorless dalam dunia fotografi modern tidak bisa dianggap remeh. Alasannya karena keunggulan kamera mirrorless telah merevolusi cara fotografer memandang proses...

Kamera

Unbox.id – Jenis kamera yang digunakan sangat penting bagi setiap orang sebelum memasuki dunia fotografi. Pasalnya dengan memahami detail kamera, maka hasil pengambilan momen...

Kamera

Jakarta, Unbox.id – Xiaomi baru-baru ini memperluas jajaran perangkat rumah pintarnya dengan memperkenalkan kamera luar ruangan PTZ (Pan-Tilt-Zoom) CW500. Kamera tersebut kini sudah tersedia...