Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Apple Akhirnya Akuisisi Shazam

Unbox.id – Setelah berbulan-bulan dibahas, Apple akhirnya bisa mengumumkan pembelian Shazam telah selesai, membawa aplikasi pencarian musik di bawah naungan Apple.

Sebagai bagian dari Apple, perusahaan mengumumkan akan menghapus iklan dari aplikasi Shazam untuk semua pengguna dan membuat pengguna bebas memakai tanpa ada iklan yang mengganggu. Saat ini tidak jelas apakah bebas iklan hanya untuk pengguna iOS atau ini berlaku juga untuk pengguna Android.

Ini bukanlah suatu perjalanan yang mulus bagi Shazam kedalam pelukan Apple. Pada bulan Februari, beberapa bulan setelah Apple secara resmi mengkonfirmasi kesepakatan tersebut, Komisi Eropa secara resmi menerima permintaan dari negara-negara anggota Austria, Prancis, Islandia, Italia, Norwegia, Spanyol, dan Swedia untuk menilai akuisisi yang diajukan. Pemeriksaan itu bertujuan untuk menentukan apakah akuisisi ini akan berpotensi mempengaruhi persaingan. Untungnya untuk Apple, akuisisi ini diizinkan.

“Cara orang menikmati musik telah berubah secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, dengan semakin banyaknya orang di Eropa yang telah menggunakan layanan streaming musik,” kata Margrethe Vestager.

Baca Juga – Apple Watch Series 4 Dengan Fitur Pemantau Kebugaran Yang Lengkap

Pembelian Shazam oleh Apple menjadi akuisisi terbaru untuk perusahaan teknologi terbesar di dunia.

Sejak pertama kali diluncurkan pada 2002, Shazam telah tumbuh secara signifikan selama beberapa tahun terakhir. Setelah difokuskan untuk mengenali musik, Shazam sekarang bisa mengenali klip audio dan visual untuk mengidentifikasi lagu, film, dan acara televisi. Shazzam adalah yang tertua dari jenisnya dan bersaing dengan Soundhound dan Musixmatch.

“Kami sangat senang bahwa Shazam dan timnya akan bergabung dengan Apple,” kata juru bicara Apple Tom Neumayr melalui BuzzFeed News pada saat akuisisi diumumkan. “Sejak peluncuran App Store, Shazam secara konsisten menduduki peringkat sebagai salah satu aplikasi yang paling populer untuk iOS. Hari ini, ini digunakan oleh ratusan juta orang di seluruh dunia, di berbagai platform. ”

Sementara harga akuisisi belum diumumkan, namun Apple dilaporkan telah membayar sekitar $ 400 juta. Angka ini diperkirakan jauh dibawah karna Shazam sendiri seharga $ 1 miliar dari pendanaan terakhirnya tahun 2015 lalu.

 

Pada tahun 2015 lalu, Shazam membukukan kerugian tahunan sebesar $ 22 juta. Pihak perusahaan telah melihat perubahan besar yang terjadi pada tahun 2016  dengan pendapatan $ 54 juta, dan untuk pertama kalinya meraih kerugian sebelum pajak sebesar $ 5,3 juta. Sebelumnya pada tahun 2017, CEO Shazam Rich Riley mengisyaratkan bahwa membuat perusahaan menjadi menguntungkan dapat menjadikannya target akuisisi yang menarik.

Bagian besar dari perubahan Shazam ini di segi diversifikasi fitur. Dalam inkarnasi sebelumnya, Shazam menghasilkan uang terutama dari pendapatan iklan dan menghubungkan pelanggan ke layanan seperti Apple Music. Pada 2016, perusahaan kemudian menambahkan fitur AR, yang memungkinkan pengguna memindai kode Shazam untuk membuka penawaran dan game di aplikasi.

Fitur-fitur baru ini memungkinkan Shazam membangun kerjasama yang lebih strategis dan mendorong keterlibatan aplikasi. Sebelumnya pada tahun 2017, perusahaan telah berkerjasama dengan perusahaan Beam Suntory, pembuat Jim Beam, Sauza, dan Hornitos, untuk menciptakan kampanye pemasaran melalui AR yang sangat sukses. Sejak menjalin kerjasama dengan Beam, Shazam telah bekerjasama juga dengan sejumlah perusahaan dan seniman lain untuk membuat kampanye AR serupa dalam aplikasi.

Sebenarnya apa yang Apple rencanakan dengan Shazam tidak jelas kedepannya. Apple sering membeli perusahaan teknologi yang lebih kecil untuk mengikis teknologi untuk produknya sendiri, tetapi Shazam secara teknis telah terintegrasi dengan Siri selama beberapa waktu. Anda bisa meminta Siri untuk mencari musik pada Shazzam.

Komisi Eropa khawatir jika Apple nantinya bisa menggunakan Shazam untuk mengakses data komersial tentang pelanggan pesaingnya. Kata Komisi, ini memungkinkan untuk membantu Apple menargetkan pesaing dan mendorong mereka untuk bertukar platform. Pada akhirnya, Komisi memutuskan bahwa data Shazam tidak unik dan pesaing Apple memiliki peluang untuk mengakses data serupa melalui basis data lain.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Apple disebut-sebut telah memilih raksasa mesin pencari Tiongkok Baidu sebagai mitra teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk iPhone 16 dan produk lainnya. Informasi...

Tech Industry

Unbox.id – Daya tahan baterai ponsel pintar akan berkurang seiring berjalannya waktu. Jadi, penting untuk menjaga kesehatan baterai ponsel Anda. Beberapa produsen smartphone sudah...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple saat ini menghadapi tuntutan hukum dari Departemen Kehakiman AS. Perusahaan tersebut dituduh beroperasi secara monopoli dan menghindari persaingan. Dalam gugatannya, Departemen...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple berencana menjual headset VR barunya, Vision Pro, di berbagai negara. Meski ada laporan Vision Pro akan dirilis di negara lain, namun...