Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Spotify For Artis Memungkinkan Musisi Indie Upload Musik Mereka Langsung Ke Spotify

Spotify telah mengumumkan fitur beta terbaru yang memungkinkan musisi indie untuk meng-upload musik mereka langsung ke platform daripada menempuh jalur label atau agregator digital. Biasanya, musisi yang tidak masuk ke label besar harus membayar biaya kepada layanan pihak ketiga seperti Tunecore meng-upload lagu karya mereka kedalam Spotify. Fitur upload ini terdapat didalam platform Spotify for Artists.

Fitur unggahan baru tidak akan akan sama seperti yang ada pada SoundCloud, dimana lagu yang telah diupload langsung tersedia. Sebaliknya, Spotify memandangnya sebagai cara bagi para musisi indie untuk memegang kendali langsung musik mereka dengan menentukan tanggal rilisnya. Musisi yang menjadi bagian dari program ini akan diperlihatkan antarmuka di mana mereka bisa men-upload musik dan artwork mereka, memilih waktu rilis, memasukkan informasi tambahan dan kemudian melihat preview bagaimana tampilannya setelah dirilis. Fitur ini menariknya merupakan layanan gratis dari Spotify.

Spotify merekomendasikan kepada para musisi untuk meng-upload musik mereka setidaknya lima hari sebelum waktu rilis yang direncanakan. Hal ini bertujuan membantu Spotify memastikan bahwa musik tersebut tidak mengandung content yang berpotensi melanggar. Ini juga akan dicek silang untuk memastikan content yang sama tidak dikirimkan ke Spotify melalui jalur lain (menghindari duplikat).

Mengenai “payment” bagi musisi indie yang telah meng-upload musik mereka ke Spotify, Kene Anoliefo selaku pemegang kendali untuk fitur ini, memberi tahu perusahaan akan menawarkan kepada musisi sebesar 50 persen dari pendapatan bersih Spotify dan 100 persen royalti untuk lagu yang mereka upload. “Kami membuat kesepakatan yang cukup sederhana dan adil dimana musisi akan mendapatkan 50 persen dari pendapatan bersih, dan Spotify juga menyumbang kepada penerbit dan masyarakat untuk royalti tambahan terkait dengan komposisi musik,” kata Anoliefo. “Artis akan menerima cek royalti bulanan mereka otomatis. Mereka dapat melihat semua informasi tersebut dan memeriksa semua data mereka dalam Spotify for Artists. ”

Baca Juga – Spotify Tingkatkan Batas Unduhan Hingga 10.000 Lagu

Spotify telah menguji fitur ini selama beberapa bulan terakhir dengan musisi seperti VIAA dan Michael Brun. Meskipun pengumuman masih hangat-hangatnya, fitur ini hanya tersedia pada musisi yang diundang oleh Spotify untuk berpartisipasi. Ketika ditanya kapan akan terbuka untuk semua orang, Anoliefo mengatakan bahwa Spotify tengah mempelajari apa yang diinginkan seniman dari fitur tersebut. “Saat ini, kami masih dalam tahap awal pengujian. Rencana pertama kami adalah fokus memahami dari para musisi, mendapatkan feedback mereka, dan kemudian membuat rencana masa depan tentang bagaimana ini tersedia pada banyak orang. ”

Seharusnya Spotify akhirnya meluncurkan ini sebagai fitur umum, namun ini memberi dampak besar pada pasar musik indie yang telah berkembang di mata publik. Spotify adalah platform musik berlangganan terbesar saat ini dengan memiliki 83 juta subscriber yang menggunakan akun premium per bulan Juli dan total keseluruhan sekitar dua kali lipat ketika digabungkan dengan akun gratis.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Spotify akan menjadi perusahaan teknologi yang menerapkan kecerdasan buatan (AI) pada layanan streaming-nya. Ini bukan pertama kalinya Spotify mengacaukan AI, karena raksasa...

Apps & Games

Unbox.id – Spotify dilaporkan akan menaikkan harga berlangganan untuk layanan premiumnya setelah mempertahankan harga yang sama selama bertahun-tahun. Tanpa ragu, Spotify akan menggandakan harga...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp merilis fitur ‘Status’ pada awal tahun 2017, dan mirip dengan Snapchat atau Instagram Stories. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi...

Apps & Games

Unbox.id – Spotify sedang menguji fitur baru yang memungkinkan pengguna mematikan rekomendasi hasil personalisasi. Dengan fitur ini, lagu yang diputar oleh orang lain menggunakan...