Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech News

60 % Gamer Steam Beralih Ke Windows 10

Unbox.id – Meskipun membuntuti Windows 7 dalam pangsa pasar secara keseluruhan, sistem operasi Microsoft Windows 10 telah menjadi OS yang lebih disukai di kalangan gamer. Statistik yang diterbitkan oleh platform streaming online Valve mengungkapkan bahwa Windows 10 versi 64-bit telah menyumbang 60,62% dari pangsa pasar di Steam pada bulan Agustus, mendapat peningkatan sebesar 6,62% dari bulan sebelumnya. Sistem operasi Windows Microsoft menguasai pangsa pasar gabungan mencapai angka 96,44 %. Angka-angka statistik dari Valve menunjukkan bahwa Windows 10 dua kali lebih populer daripada pesaing terdekatnya, Windows 7, yang memperoleh pangsa pasar gabungan sebesar  30,93 % untuk versi 32-dan 64-bit.

Yang lainnya hanya 2,87 % dari Steam yang menggunakan MacOS dan 0,59 % menggunakan Linux. Peningkatan adopsi Windows 10 di antara para gamer didorong oleh peningkatan ke sistem yang lebih baru dengan spesifikasi hardware yang lebih baik. GPU Nvidia GeForce GTX 1060, misalnya, adalah kartu grafis paling populer di antara para gamer, dan kartu grafis ini telah menguasai pangsa pasar sebesar 13,31 %. Ini merupakan peningkatan 0,81 % dari tahun sebelumnya. Konfigurasi hardware populer lainnya termasuk primary display 1080p, prosesor quad-core, dan sistem dengan RAM 8GB atau lebih tinggi.

ComputerWorld melaporkan, para analisis memperkirakan bahwa Windows 10 akan menggantikan Windows 7 sebagai sistem operasi paling populer di dunia pada awal Oktober.  igrasi ke Windows 10 lebih lambat bagi kalangan non-gamer – Statistik dibulan Agustus lalu yang diterbitkan oleh Net Applications mengungkapkan bahwa Windows 10 yang diinstal dari semua komputer pribadi sebesar  37,8 %. Sebaliknya, Windows 7 menguasai pangsa pasar sebesar 40,3 % bagi semua PC dan 45,9 persen pangsa pasar dibandingkan dengan sistem berbasis Windows lainnya. Jika digabungkan, Windows menyumbang 88,1 persen pangsa pasar sistem operasi, sementara MacOS memiliki pangsa pasar 9,17 persen.

Meskipun adopsi untuk Windows 10 telah berkembang di kalangan gamer dan non-gamer, didunia bisnis dan berbagai perusahaan masih menempel pada Windows 7. Microsoft juga menyatakan untuk menghentikan dukungan untuk Windows 7 pada awal tahun 2020, dan adopsi Windows 10 kemungkinan akan semakin cepat ketika tanggal tersebut semakin dekat.

Ketika Microsoft memulai debut untuk Windows 10, Microsoft memiliki aspirasi yang tinggi. Perusahaan ini memiliki target satu miliar penginstall Windows 10 dalam tiga tahun pertama. Microsoft mengumumkan awal musim panas ini dengan agak sedikit meleset dengan target tersebut, Microsoft mengungkapkan bahwa sistem operasi Windows 10 telah diinstal pada lebih dari 700 juta sistem. Jumlah ini termasuk berbagai perangkat lain, termasuk konvertibel, laptop, desktop, konsol game Xbox, Hololens, dan bahkan platform Windows 10 Mobile yang digunakan pada smartphone Lumia.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Jakarta, Unbox.id – TikTok baru-baru ini telah resmi merilis aplikasi baru untuk headset Vision Pro Apple. Versi aplikasi untuk perangkat AR tersebut membawa platform...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Valve baru-baru ini meluncurkan pembaruan signifikan mengenai pengelolaan konten berbasis AI di Steam. Kebijakan tersebut terjadi di tengah-tengah perdebatan sengit seputar...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang sangat populer, di samping Facebook, X (Twitter) dan Tiktok. Platform tersebut memiliki jutaan...

Software

Unbox.id – Microsoft berencana untuk menawarkan pembaruan keamanan yang diperluas kepada pelanggan komersial Windows 10 ketika sistem operasi mencapai akhir masa pakainya pada akhir...