Canon

Siap Rilis, Ini Spesifikasi dan Harga Kamera Canon EOS R

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Jakarta, unbox.id – Seakan tak mau kalah dengan produsen kamera lainnya, terutama Nikon, Canon membuat gebrakan barunya yang akan segera menghadirkan kamera mirrorless full frame pertamanya. Ya, baru saja perusahaan tersebut memperkenalkan kamera terbarunya, Canon EOS R. Tidak hanya itu, pihak Canon juga merilis empat lensa dan beberapa adapter baru yang mendukung perfoma terbaik pada kinerjanya. Lalu bagaiman gambaran spesifikasi dan harga maupun ketersediaanya? Simak ulasannya berikut ini;

Spesifikasi Canon EOS R

Kamera Canon EOS R ini dibekali dengan sensor CMOS full-frame 30,3MP yang didukung oleh prosesor DIGIC 8. Prosesor yang juga dimiliki seri Canon M50 yang debut belum lama ini. Namun seri EOS R ini memiliki rentang ISO asli 100-40000 dan kecepatan rana maksimum 1 / 8000s. Dan fitur Canon Dual Pixel AF yang terkenalnya juga tersemat didalamnya, yang mana ia dipasangkan dengan 5.655 titik fokus yang mampu menutupi sensor 88% secara vertikal dan 100% secara horizontal.

Selain itu, kmaera Canon EOS R ini memiliki jendela bidik elektronik 3,69 juta serta layar sentuh 3,2 inci berjenis LCD yang juga dukungan dua panggilan kontrol tradisional tetapi tidak ada thumbstick untuk pemilihan AF cepat-nya. Sebagai gantinya, ada fitur touchpad yang dapat disesuaikan di sebelah kanan jendela bidik yang dapat diatur untuk mengontrol berbagai parameter (seperti titik AF atau kompensasi pencahayaan saat memotret atau merekam).

Disisi baterai, kamera Canon EOS R didukung oleh baterai LP-E6N yang sama yang juga ada pada seri DSLR 5D Mark IV miliknya, namun baterai di seri EOS R ini menjanjikan 370 bidikan untuk sekali pengisi baterainya.

Namun sayangnya, kamera terbaru Canon ini miliki sisi kurangnya, yakni tidak adanya slot kartu kedua, berbeda dengan kamera mirrorless Z6 dan Z7 baru Nikon meskipun mereka sama-sama tipe DSLR yang diperbarui. Hingga masih wajar bila kami menilai seri EOS R ini tidak memiliki penstabilan gambar, yang sebenarnya menempatkannya pada posisi yang kurang menguntungkan dibandingkan dengan Nikon Z6 dan Z7 dan juga kamera jajaran Sony A7.

Meskipun begitu, mungkin kualitas videolah yang menjadi unggulan kamera Canon EOS R ini karena menawarkan kualitas video 4K / 30fps hingga bitrate 480Mbps dan 1080p hingga 60fps pada 180Mpbs, bahkan juga ada penangkapan gerak lambat (slowmotion) 120fps pada resolusi 720p.

Lensa dan Adapter

Pihak Canon, tidak hanya menawarkan body kamera untuk seri EOS R, namun juga menawarkan  beberapa  macam lensa dan adapter yang bisa memaksimalkan kinerja yang sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, lensa RF baru yang berbagi diameter 54mm dari mount EF. Untuk lebih lengkapnya, simak video promonya berikut  ini;

 

Harga dan Ketersediaan

Lensa baru yang pertama Canon ini adalah Canon RF 28-70mm F2L USM, sebuah  lensa zoom terang terbesar Canon, lalu ada lensa Canon RF 24-105mm F4L IS USM terbaru, lensa Canon RF 35mm F1.8 Makro IS STM dan juga lensa Canon RF 50mm F1.2L USM. Yang paling mahal di antara mereka adalah lensa RF 28-70mm F2L USM, yang akan mulai dijual dengan harga sekitar USD$ 2.999 pada bulan Desember begitupun juga dengan model RF 24-105mm F4L IS USM yang dibanderol sekitar USD$ 1.099 dan model RF 50mm F1.2L USM seharga USD$ 2.299, sementara yang termurah – RF 35mm F1.8 Macro IS STM- seharga USD$ 499.

Bagi peminat kamera Canon EOS R ini akan dapat menyesuaikan lensa EF dan EF-S mereka yang ada melalui tiga adaptor yang tersedia, yakni EF-EOS standar (USD$ 99), EF-EOS R dengan cincin kontrolnya (USD$ 199,99) dan Drop-in Filter Mount EF-EOS R (US$ 299,99). Sementara kamrea terbaru Canon ini akan dijual pada bulan Oktober dengan harga USD$ 2.299 hanya untuk bodynya saja dan senilai USD$ 3,399 dengan lensa kit RF USF 24-105mm F4L IS.

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top