Tech News

Google Chrome Telah Berusia 10 Tahun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Unbox.id – Google pertama kali merilis browser Chrome 10 tahun yang lalu. Dipasarkan sebagai “browser yang fresh”, Chrome memulai debutnya dengan komik web dari Google yang menandai perjalanan Chrome sebagai web browser pertama Google. Chrome awalnya diluncurkan sebagai aplikasi beta untuk Windows saja sebelum dibuat untuk Linux dan macOS setahun kemudian pada tahun 2009. Chrome memulai debutnya pada saat pengembang dan pengguna internet semakin frustrasi dengan Internet Explorer, dan Firefox telah mendapat momentum.

Google menggunakan komponen dari mesin rendering Apple WebKit dan Mozilla Firefox untuk Chrome, dan itu membuat semua kode sumber Chrome tersedia sebagai proyek Chromium-nya. Chrome fokus pada standar web dan HTML5, dan bahkan melewati uji Acid1 dan Acid2 pada saat peluncurannya. Ini merupakan langkah signifikan ketika Microsoft berjuang untuk mematuhi standar web dengan browser Internet Explorer-nya.

Bagian penting lain dari rilis pertama Chrome adalah ide “sandboxing” sehingga jika salah satu dari tab browser mengalami crash tidak akan memengaruhi yang lain. Ini membantu meningkatkan kecepatan dan stabilitas Chrome secara umum, di samping mesin JavaScript V8 milik Google yang terus ditingkatkan oleh Google untuk terus mencoba dan mendorong web lebih maju.

Setelah satu dekade Chrome, browser ini sekarang mendominasi sebagai alat yang digunakan kebanyakan orang untuk menjelajah web. Chrome telah mengamankan lebih dari 60 persen pasar browser, dan para pengembang Google Chrome terus memperbaikinya dengan fitur-fitur baru dan mendorong standar web terbaru. Chrome telah berubah menjadi lebih dari sekadar browser web, dan sekarang merambah ke platform Windows, macOS, Linux, Android, dan bahkan iOS.

Sekarang Chrome berfokus mengembangkan Chrome OS, sistem operasi ringan dari Google untuk laptop dan sekarang untuk tablet. Meskipun belum sepenuhnya siap untuk tablet, Google telah menghadirkan aplikasi Android ke Chrome OS untuk menjadikan Chromebook dan tabletnya lebih bermanfaat. Bahkan aplikasi Linux yang lengkap hadir di Chrome OS dalam waktu dekat, dan Chrome membantu mendorong aplikasi web progresif untuk membuat aplikasi web jauh lebih baik.

Masa depan Chrome kini terlihat lebih seperti platform daripada awal mulanya hanya sebagai browser web. Ada kekhawatiran bahwa Chrome berubah menjadi Internet Explorer 6 baru karena dominasinya pada kalangan pengembang web. Teknisi Google terus mengarahkan standar web terbaru untuk Chrome, pembuat browser lain terpaksa harus mengejar ketinggalan atau ketinggalan dengan iterasi cepat Google. Nah, jika sebuah browser berubah menjadi platform hanya dalam satu dekade, bagaimana untuk 10 tahun ke depan?

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top