Handphone & Tablet

Review Xiaomi Mi 8 SE, Perangkat Smartphone yang Obyektif Untuk Semua Kalangan

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Sebelumnya, Xiaomi telah memperkenalkan trio smartphone yang semuanya ditujukan untuk segmen pasar yang berbeda pada hari penyambutan hari ULTAH perusahaan yang ke-8 beberapa waktu yang lalu. Perangkkat generasi Mi 8 ini secara umum dapat diklasifikasikan sebagai flagship utama dan Mi 8 Explorer Edition, sebuah perangkat terbaru dan terbaik dari produsen asal China tersebut, baik dari sisi hardware, software maupun harga untuk banyak kalangan. Intinya, bila membahas tentang harga yang dibandingkan kebutuhkan smartphone yang paling dibutuhkan bisa jadi smartphone Xiaomi ini menjadi perangkat yang direkomendasikan. Kenapa demikian? Mari kita simak sedikit ulasan review Xiaomi Mi 8 SE berikut ini;

Spesifikasi

Perangkat smartphone Xiaomi Mi 8 SE ini dinilai mungkin bisa berubah menjadi solusi yang masuk akal untuk pengguna gadget dari kalangan ekonomi menengah atas. Smartphone ini memiliki bentuk premium dimana bingkai sampingnya terbuat aluminium dan kaca pada bagian body belakangnya. Ini juga menjadikannya sebagai smartphone kelas menengah ke atas yang layak diperhitungkan di tahun ini.  Namun sayangnya, smartphone ini tidak mendukung pengisian nirkabel hingga bisa menjadi pertimbangan tersendiri bagi beberapa orang yang meminatinya.

Menurut review Xiaomi Mi 8 SE ini memiliki konstruksi yang relatif lebih rapuh dibandingkan dengan aluminium unibody standar tanpa memanfaatkan pengisian kabel bebas. Meski begitu, masih terasa enak di tangan meskipun pegangannya sedikit tidak nyaman karena desainnya yang datar.

Hal lain yang kami perhatikan langsung adalah takik atau nocth, yang keberadaannya dirusak oleh sisi yang agak tebal dan bezel atas bodynya. Sepertinya Xiaomi hanya mengikuti tren saja ketimbang memikirkan tentang bagaimanadesain body yang bisa menghemat ruang hingga bezel tipis bisa nampak elegan dan menawan. Dan kami juga tidak melihat adanya teknologi pengenal wajah yang kami lihat di Mi 8 standar dan Mi 8 Explorer hingga membuat kami mempertanyakan kehadiran takik yang kami pikir hanya sekedar mengikuti tren yang ada  saat ini.

Meskipun begitu, kekuatan smartphone Xiaomi Mi 8 SE ternyata bukanlah pada tampilannya, namun tetapi perangkat keras dan kinerja dalemannya. Uji patokan awal pada chipset Snapdragon 710 menunjukkan kinerja CPU hampir sama dengan SoC Qualcomm tahun lalu, Snapdragon 835. Hanya GPU yang kurang, tetapi kami mengharapkan peningkatan efisiensi energi dan disitulah SD 710 pada smartphone ini menunjukkan keunggulannya.

CPU smartphone ini dipasangkan dengan 4 atau 6GB RAM dan 64GB untuk penyimpanan internalnya, sementara layar, meskipun lebih kecil dari Mi 8, namun masih menggunakan Super AMOLED, jadi tidak ada downgrade di sini. Layarnya menawarkan 5,88 inci diagonal, tinggi rasio aspek 18,7: 9 dan ketajaman resolusi 1080 x 2244 piksel.

Di sisi kamera, kami menemukan pengaturan kamera ganda yang terdiri dari sensor utama 12MP (f / 1.9) yang digabungkan dengan kamera 5MP untuk penginderaan mendalam. Kamera 20MP berada di takik dengan pembukaan f / 2.0 sehingga kami mengharapkan beberapa bidikan selfie yang tajam. Namun, kami akan lebih tertarik untuk melihat bagaimana kinerjanya dibandingkan dengan pengaturan kamera yang ditemukan pada versi Mi 8 sebagai lembar spesifikasi yang menunjukkan downgrade yang signifikan. Sistemnya didukung oleh baterai 3.120 mAh dan saat ini menjalankan Android 8.1 Oreo dengan MIUI 9.5 di bagian atasnya yang mungkin akan segera update ke MIUI 10.

Review Bentuk Video

Ini merupakan spesifikasi yang menunjukkan proposisi nilai yang bagus, terutama bila mengingat harganya yang cukup terjangkau. Berikut reviewnya dalam bentuk video;

Demikian review Xiaomi Mi 8 SE yang kami ambil dari beberapa sumber. Semoga bermanfaat!

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top