Tech Industry

Konosuke Matsushita, Pendiri Panasonic Yang Ulet dan Pantang Menyerah

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Anda sudah mengetahui seorang yang bernama Konosuke Matsushita? Bagi yang belum mengetahuinya, mungkin artikel ini akan sangat membantu mengetahui sedikit tentang seseorang yang dikenal ulet yang merupakan sang pendiri perusahaan elektronik asal Jepang yang cukup terkenal, yakni Panasonic. Lekas simak saja biografi singkatnya, yuk!

Masa Muda Konosuke Matsushita

Konosuke Matsushita lahir di desa Wasa, Jepang, pada tanggal 27 Nopember 1894. Dia berasal dari keluarga yang sederhana dan tumbuh menjadi anak yang cenderung tertutup dan sakit-sakitan karena keadaan keluarga yang kurang begitu harmonis  dan berada dalam didikan ayahnya yang pemabuk dan senang bermain judi. Yang membuatnya bekerja keras di toko sepeda saat berumur sembilan tahun. Ia bekerja untuk membantu ekonomi keluarganya yang serba kekurangan karena sang ayah yang kurang bertanggung jawab. Dan perlu Anda ketahui bahwa Konosuke Matsushita di masa kecilnya kurang beruntung dan bahkan termasuk anak yang terlihat biasa saja,  lho! Wah, ini akan semakin kalian tertantang dan ulet dalam membuktikan diri, bukan?

Ya, keadaan keluarga Konosuke Matsushita yang berasal dari kelas bawah dan kurang harmonis, tidak menjadikan kisah hidup Konosuke Matsushita ini menjadi anak yang mudah putus asa dan tidak berprestasi. Ia justru menjadi menjadi seorang pekerja  keras dan mempunyai kemauan keras serta mau mengambil resiko dalam hidupnya. Dengan prinsipnya ini, ia keluar dari pekerjaanya di toko sepeda dan beralih bekerja di perusahaan utilitas listrik, Osaka Light. Di perusahaan Osaka Light inilah, biografi Konosuke Matsushita mulai terlihat prestasinya. Selama bekerja di Osaka Light, ia berhasil menemukan sebuah inovasi dalam soket lampu dan menunjukkan pada atasannya . Soket lampu yang ditenukan Konosuke Matsushita ini berjenis baru dan memiliki kinerja yang lebih baik dari yang telah ada pada saat itu. Inovasi soket lampu tersebut tersebut telah membuat bosnya terkesan pada kreatifitas dan kerja keras Konosuke Matsushita.

Awal Panasonic Mulai Bangkit

Kisah seorang Konosuke Matsushita ini mulai menarik ketika Konosuke Matsushita membuka usaha sendiri. Meskipun tidak memiliki modal dan tidak berpengalaman dalam bisnis secara nyata, Konosuke Matsushita yang memiliki daya kreatifitas dan keinginan yang kuat dalam membangun usaha yang memproduksi inovasi perangkat soket lampu temuannya sendiri. Usaha ini dibantu oleh sang istri dan tiga asistennya. Mereka memang tidak berpendidikan tinggi dan dan tidak memiliki pengalaman dalam membuat steker listrik. Tetapi mereka tetap memiliki keinginan kuat dan bekerja keras  untuk dapat memproduksi sendiri perangkat tersebut dalam sebuah rumah petak dua ruang kamar. Beberapa bulan kemudian usaha mereka tidak sia-sia karena berhasil menyelesaikan beberapa sample atau contoh produk baru inovasi mereka sendiri. Dan mulai saat itulah perusahaan Panasonic berdiri.

Kesuksesan Panasonic

Konosuke Matsushita melewati masa sulitnya itu mulai memasarkan produk barunya itu dan hal itu memang tidak  semulus yang dikira. Dalam memperkenalkan dan memasarkan produk steker listriknya banyak mengalami halangan dan memerlukan proses secara bertahap hingga akhirnya produk tersebut mulai banyak dibeli dan digunakan karena terbukti lebih baik dalam kualitas dan hampir 50% lebih rendah dalam harga. Perusahaannya terus membuat dan memproduksi produk baru pada setiap bulannya di tahun 1922. Lalu Konosuke Matsushita di tahun-tahun berikutnya cukup terbilang sukses karena ia banyak belajar dan mempraktekkan strategi bisnis untuk terus memajukan perusahaannya. Terlebih kesuksesannya dalam inovasi produk barunya yang berlabel bullet-lamp di masa itu karena produk tersebut akhirnya menjadi standar lampu untuk seluruh industri di Jepang saat itu dan banyak dibeli oleh masyarakat Jepang yang beralih dari lampu minyak tradisional untuk digunakan di rumah mereka. Kesuksesan bullet lamp tersebut, diikuti produk inovatif lainya yaitu pemanas ruangan elektrik, meja pemanas elektrik, tipe baru termostat dan lain sebagainya.  Bahkan produk pertama radio Matsushita, 3 model tabung vakum dirilis pada tahun 1931 dan hal ini membuat Panasonic memenangkan hadiah pertama dalam Tokyo Broadcasting Station radio contest.

Tetapi perusahaan Panasonic tersebut tidak selalu sukses, karena perusahaan tersebut pernah mengalami masa-masa yang berat ketika  masa perang dunia ke dua dan beberapa tahun berikutnya salah satunya masalah Matsushita Electric yang diberi sanksi dengan pembatasan produksi perusahaanya.

Masa-masa sulit tersebut, tidak menjadikan semagat kerja Konosuke Matsushita tidak berhenti begitu saja karena ia tetap memiliki semangat yang tinggi untuk membangkitkan kembali perusahaannya. Ia terus menyemangati karyawan untuk tetap bertahan bersamanya. Dan akhirnya perusahaannya kembali bangkit dan terus berkembang hingga tahun pada tahun Konosuke Matsushita pun telah mendirikan Matsushita Electric Corporation of America di samping memiliki tiga perusahaan lainnya yang masih berbasis elektronik. Dan salah satu perusahaannya yang bernama Matsushita Electric Corporation of America ini berhasil membuat televisi berwarna yang pertama di tahun 1960, dan produk-produk elektroniknya, termasuk gadget terus menyebar ke seluruh dunia sehingga brand terkenal yaitu “Nasional” dan “Panasonic”.

Dan sang pendiri Panasonic, Konosuke Matsushita pun wafat pada usia 94 tahun, di Tokyo, 27 April 1989. Dan meninggalkan salah satu kerajaan manufaktur terbesar di negara Jepang dan meninggalkan banyak hikmah dalam perjuangannya dalam membangun perusahaan elektroniknya.

Demikianlah biografi singkat dari kehidupan Konosuke Matsushita yang dapat kami informasikan secara ringkas dalam  artikel ini. Semoga bermanfaat sebagai inspirasi dan motivasi langkah kita untuk terus bekerja agar bisa mencapai kesuksesan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments

Popular

To Top