Tech News

Daftar Smartphone Terlaris Q1 2018

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Empat bulan pertama tahun 2018 atau Q1 2018 ini memang banyak menghadirkan beberapa smartphone kelas tinggi dari beberapa produsen gadget terkenal, yang diantaranya adalah Samsung Galaxy S9. Ya, kita sudah mengetahui bahwa smartphone High End terbaru besutan Samsung tersebut belakangan ini memang teruji dengan baik dan masih berada dalam ekspektasi para pencinta gadget dunia, baik harga maupun kinerjanya. Dan pesaing terbesarnya adalah smartphone besutan Apple, yakni iPhone X dan iPhone 8. Ya, ketiganya sukses mengisi daftar 6 smartphone terlaris sepanjanng kuartal pertama (Q1) tahun 2018 ini.

Pada mulanya Apple memang banyak dikritik karena telah merilis smartphone paling mahal yang pernah ada, yaitu iPhone X. Namun kritikan pedas tersebut, rupanya tak membuat penjualan smartphone tersebut menjadi turun. Yang terjadi malah kebalikannnya, yakni iPhone X justru sukses meraih posisi nomor satu untuk smartphone terlaris Q1 2018. Dibawahnya ada  iPhone 8 dan kembarannya, iPhone 8 Plus. Berikut ini tabel grafiknya;

Menurut Strategy Analytics, Apple telah tercatat sukses menjual 16 juta unit selama periode Q1 2018 ini, sementara iPhone 8 dan 8 Plus yang berharga lebih murah mengisi pos dua dan tiga dalam daftar smartphone terlaris Q1 2018 ini dengan melakukan kiriman sebanyak 12,5 dan 8,3 juta unit di dunia. Dan lagi-lagi produk Apple yang mengisi posisi 4 dengan produk iPhone 7-nya. Ya, telah tercatat bahwa  iPhone 7 terjual sebanyak 5,6 juta unit berdasarkan survei yang dilakukan oleh lembaga Strategy Analytics.

Dua pos tersisa lainnya ditempati oleh smartphone Xiaomi Redmi 5A dan Samsung Galaxy S9 +. Namun, kedua hasil tersebut tampaknya tidak terlalu mengejutkan banyak kalangan karena Xiaomi Redmi 5A diketahui merupakan smartphone kelas menengah keatas dengan harga yang sangat terjangkau. Sedangkan smartphone Samsung Galaxy S9 + dirilis menjelang akhir Q1 2018 ini, sehingga jumlah unit yang masih relatif kecil dalam  pengiriman/penjualannya.

Namun, bila tren ini terus berlanjut, Strategy Analytics memprediksi bahwa Samsung Galaxy S9 + akan mampu mengambil mahkota dari iPhone X pada kuartal berikutnya (Q2 dan Q3) daam daftar smartphone terlaris 2018 karena penjualan iPhone X diperkirakan akan menurun nantinya. Ini disebabkan karena harganya yang masih dinilai sangat tinggi dikantong berbagai kalangan, terutama kelas menengah. Apakah prediksi tersebut akan benar adanya nanti? Untuk mengetahuinya, kita lihat saja nanti, guys!

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top