Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Vulkan API 1.1 Menuju Android P

Sistem Android P bakal kedatangan kekuatan tambahan di sisi tampilan grafis untuk layar. Yap Vulkan API 1.1 sedang menuju kepada Android P. Sebelumnya, Vulkan yang merupakan sebuah  proyek API grafis Open Source yang sudah diakui akan kinerjanya. Project API ini secara luas dianggap sebagai penerus inspirasi multi-threaded untuk OpenGL yang telah memainkan bagian yang penting dalam dunia game Android selama beberapa tahun terakhir ini. Dan ini telah resmi menjadi bagian dari inti Android sejak Android 7.0 Nougat, yang menunjukkan tingkat powering lebih banyak dan lebih maju untuk mesin grafis.

Baru-baru ini, Grup Khronos, yang bertanggung jawab atas proejct API Vulkan ini telah merilis spesifikasi baru yakni versi 1.1 untuk API dan dengan masih menyesuaikan beberapa kode sumber Android P. Dan orang-orang di XDA telah mengonfirmasi bahwa ini akan menjadi bagian dari inti sistem Android P. Diasarkan hal itu, ini nampaknya AOSP yang melakukan integrasi Vulkan API 1.1 telah digabungkan ini. Dengan kata lain, pengembang dapat berharap untuk melihat kode sumber induk di preview pengembang kedua untuk sistem Android P nantinya.

Ya, memang sudah banyak pemain utama di pasar GPU yang telah mengkonfirmasi dukungan mereka terhadap set instruksi yang direvisi juga. Bahkan, banyak GPU mobile terkini, seperti ARM, IDE, dan Samsung Electronics sudah memenuhi standar untuk sistem grafis API tersebut. Yang berarti bahwa pembaruan driver perangkat harus cukup untuk memungkinkan dukungan pada mereka, begitu Android P meluncur. Semoga, kita bisa segera mendapatkan daftar lengkap perangkat keras yang memenuhi syarat tersebut.

Pengguna akhir memang tidak dapat melihat secara realistis atas peningkatan kinerja utama dari Vulkan API versi 1.1 pada awalnya, namun nantinya bakal akan merasakan peningkatan tersebut saat memainkan game atau video. Hal itulah yang telah dirasakan oleh pengembang akan manfaat API terbaru ini dan akhirnya akan segera ditransfer ke pengguna dalam bentuk peningkatan pengalaman tampilan grafisnya.

Selain mengaktifkan tool yang lebih baik dan lebih ramah, beberapa tool tambahan yang lebih penting dari versi Vulkan API 1.1 ini, termasuk operasi subkelompok, integrasi ekstensi, dan SPIR-V 1.3. Pada intinya, ini adalah cara yang lebih efisien untuk menggunakan sistem GPU secara paralel.

Api grafis Vulkan ini juga bisa meningkatkan performa video VR dan 360 derajat seluler secara nyata. Pembuat konten juga bersemangat dengan DRM baru dan mekanisme perlindungan kontennya, yang dapat menggerakkan hal-hal seperti sinema VR misalnya.

Vulkan API 1.1 memiliki banyak implikasi untuk pengguna Windows dan Linux di PC juga. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang itu di situs resmi Vulkan Project atau Android P.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motorola

Setelah Sony, HTC, dan Esensial, kini produsen Motorola memberikan pengumuman tentang perangkat mana saja dari produknya yang bakal segera mendapatkan OS Android versi 9.0...

Tech News

Last updated on 15 Agustus, 2018 Sepertinya versi full OS Android P aka versi 9.0 Pie kemungkinan besar bakal dirilis di akhir bulan Agustus...

Software

Last updated on 9 Agustus, 2018 Seperti biasa, Google melakukan beberapa pengujian terhadap produknya, termasuk sistem operasi Android P. Sebagaimana yang telah kita ketahui...

Software

Walau banyak aplikasi di Google Play Store yang terus ter-update, banyak juga dari aplikasi tersebut yang sudah lama sekali tidak diperbarui semenjak rilis. Mungkin...