Komparasi

Adu Cepat Samsung Galaxy S9 Exynos vs Snapdragon, Juaranya?

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Seperti biasa, Samsung beberapa kali telah meluncurkan tidak hanya satu versi dari satu seri saja, termasuk untuk versi seri Galaxy S9. Ya, sebagaimana yang kita ketahui sebelumnya bahwa Samsung meluncurkan dua versi dari Galaxy S9, yakni yang berchipset milik Qualcomm, snapdragon 845 dengan yang berchipset milik Samsung  sendiri, Exynos 9810. Sebagian besar belahanan area dunia memiliki satu Samsung dengan chpiset Exynos 9810 sendiri, sedangkan untuk area negara Amerika Utara dan China, Samsung Galaxy S9 ini justru didukung oleh Snapdragon 845. Lalu bila diadukan sisi kecepatan Samsung Galaxy S9 Exynos vs Snapdragon ini, manakah yang lebih cepat?

Yap, banyak diantara kita yang mungkin penasaran dengan pertarungan adu kecepatan diantara dua versi Samsung Galaxy S9 ini. Kini kita telah memperoleh gambaran tentang pemenangnya bila kedua perangkat tersebut diadukan kecepatannya. Apakah dua perangkat sama dengan chipset ini bisa menunjukkan perbedaan akan kecepatan kinerjanya? Mari kita lihat bagaimana kedua hal ini akan berpengaruh dalam tes kecepatan kinerjanya dalam bentuk video berikut ini;

Cuplikan video adu cepat Samsung Galaxy S9 Exynos vs Snapdragon diatas terlihat dimulai dengan peluncuran serangkaian pilihan aplikasi, satu per satu. Kita lalu kita akan bisa melihat kecepatan loading dalam membuka satu demi satu aplikasi yang ada tersebut, terutama game dan sosial media.

Dari video tersebut kita diperlihatkan bahwa “Lap” pertama dimenangkan oleh Samsung Galaxy S9 versi Snapdragon, yang mengalahkan versi Exynos sekitar 11 detik lamanya. Hasilnya konsisten di puluhan lintasan per beberapa aplikasi.  Lalu pada “Lap” kedua, adu cepat ini masih dimenangkan oleh Galaxy S9 berchipset Snapdragon.

Hasil ini terbilang cukup menarik, karena pada pertarungan seri sebelumnya, yakni Galaxy S8 dengan dua chipset berbeda pernah dihadirkan pada tahun lalu. Hasilnya cukup dekat, hampir sama dengan yang terjadi pada seri S9 ini. Namun kita masih perlu mengingat bahwa pada beberapa tahun yang lalu smartphone varian Exynos pernah menunjukkan keunggulannya dari  varian Snapdragon, yakni menjadi pemenangnya secara keseluruhan. Lalu apa yang terjadi kini?

Sulit untuk mengatakan apakah ini lebih berkaitan dengan perbedaan perangkat keras lainnya antara dua chipset ini, atau jika ada software, seperti OS yang ikut memainkan bagian juga dalam pertarungan adu cepat antara Samsung Galaxy S9 Exynos vs Snapdragon ini. Jadi hal masih terbilang cukup rancu bila chipset Snapragon-lah yang kini layak menjadi juaranya. Namun kami hanya bisa mengharapkan Exynos SoC milik Samsung sendiri untuk bisa menerima lebih banyak optimisasi dalam pengembangan ke depannya, terutama bila diterapkan pada hardware miliknya sendiri , seperti layaknya chipset Bionic dengan iPhone yang sama-sama milik Apple.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments

Popular

To Top