Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech News

Ini Ponsel Berkamera Pertama di Dunia, Unik

Kini kamera pada ponsel sudah sangat canggih bahkan kerap jadi faktor penentu pengguna dalam membeli sebuah smartphone. Tapi apakah Anda tahu siapa produsen pertama yang meluncurkan perangkat ponsel dengan bekal kamera? Apple kah? Samsung? atau nama lawas seperti Nokia? Apakah ponsel berkamera pertama di dunia?

Ponsel pertama dengan kamera built-in diproduksi oleh Samsung dan dirilis di Korea Selatan pada bulan Juni tahun 2000. SCH-V200 adalah ponsel clamshell menampilkan LCD TFT berukuran 1,5 inci, dan kamera digital built-in yang mampu mengambil 20 foto dengan resolusi 350.000 piksel, atau 0,35 megapiksel.

Tetapi Anda harus menghubungkannya ke komputer untuk mendapatkan foto yang telah Anda ambil. Jadi tidak seperti sistem kamera ponsel masa kini, kamera dan komponen telepon pada dasarnya adalah perangkat terpisah yang ditempatkan di tubuh yang sama.

Nah, di tahun yang sama ada argumen yang kuat meyakinkan bahwa ponsel kamera asli pertama adalah yang  diproduksi oleh Sharp dan dirilis di Jepang oleh J-Phone yang sekarang SoftBank Mobile pada November 2000. Ponsel ini bernama J-SH04 dan ia dapat mengambil foto dengan resolusi 110.000 piksel atau 0,11 megapiksel.

Walau secara kualias lebih baik tapi kenyataan bahwa J-SH04 memungkinkan Anda mengirim foto secara elektronik membuatnya bisa dibilang ponsel berkamera sesungguhnya. Bagaimana? Apakah Anda sempat melihat atau merasakan menggunakan ponsel-ponsel ini? Lalu apa ponsel berkamera pertama Anda?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga