Hardware

Charge Smartphone Semalaman? Ini Efeknya

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tubuh Anda perlu beristirahat, dan itu sudah pasti secara normal Anda tidur di malam hari untuk mengisi daya digunakan seharian esoknya. Lalu mengapa baterai ponsel cerdas Anda tidak dapat diperlakukan sama? Kita tahu sebagian dari Anda kerap charge smartphone alias mengisi daya smartphone sambil ditinggal tidur malam. Apa efeknya?

Untuk kembali ke kekuatan penuh ponsel pintar rata-rata membutuhkan waktu maksimal sekitar 2 jam saja. Nah jika Anda mengisi daya sepanjang malam, sesungguhnya software akan menghentikan proses pengisian baterai setelah baterai mencapai 100% alias penuh. Ini mencegah kerusakan yang bisa terjadi pada baterai dengan pengisian daya yang berlebihan. Tapi sayangnya, itu tidak mencegah baterai menghasilkan panas.

Jika Anda menyimpan telepon di bawah bantal atau selimut, atau bahkan di dalam kotak di malam hari saat charge smartphone, Anda bisa menghambat kemampuan baterai untuk mengisi daya hingga kapasitas penuh. Misalnya, jika baterai Anda mencapai suhu 104 derajat selama setahun, Anda hanya akan memulihkan 65% kapasitas baterai saat indicator menandakan 100%. Yang lebih menakjubkan lagi, jika baterai Anda berjalan pada suhu 140 derajat Fahrenheit hanya dalam waktu tiga bulan, sel akan kehilangan 40% dari kapasitasnya.

Data menunjukkan bahwa menjaga daya baterai Anda antara 40% dan 80% akan memungkinkannya memiliki daya hidup baterai yang maksimal, yang berarti mengisi daya secukupnya adalah tindakan yang biajk untuk dilakukan. Pengisian daya semalam tidak akan memungkinkan Anda untuk mengendalikan pengisian daya.

Namun jika Anda terpaksa sekali harus mengisi daya semalaman, pastikan ia tidak akan panas entah itu di ruang berpendingin atau melepas casing smartphone Anda.

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top