Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Perbandingan Rasio Layar dan Body Samsung Galaxy S9 vs Galaxy S8, Mana Yang Lebih Selaras?

Samsung memang telah lama dikabarkan akan segera meluncurkan smartphone terbarunya dari generasi S, yakni S9. Sebelumnya, Samsung telah menghadirkan generasi pendahulunya Galaxy S8 yang tentu saja dibekali dengan beberapa spesifikasi yang membuatnya ada dalam daftar smartphone kelas atas. Namun belakangan ini bagian belakangan bodi smartphone Samsung Galaxy S8 menuai banyak kritik, meskipun bagian layar atau depan smartphone tersebut menuai pujian juga. Jadi, kritikan terhadap generasi sebelumnya bisa dijadikan patokan untuk smartphone generasi berikutnya nanti. Dengan kata lain, untuk generasi S9 Samsung sepertinya sudah fokus memperbaiki pemasangan di bagian belakang ponsel sebagai bukti atas perhatian mereka terhadap para konsumen atau pelanggannya. Jadi kita bisa membandingkan dahulu terkait rasio layar dan body Samsung Galaxy S9 vs Galaxy S8, manakah yang lebih selaras di sini?

Telah kita kita ketahui beberapa bocoran tentang smartphone Samsung Galaxy S9 dari pihak Samsung meskipun belum secara resmi diluncurkan, dimana salah satunya adalah rasio layarnya. Hal ini tentu saja membuat kami tergelitik untuk membandingkannya dengan generasi sebelumnya, S8. Manakah yang lebih selaras dengan bodynya?

Dari skema CAD yang telah diteliti, baik Samsung Galaxy S9 vs Galaxy S8 secara ratio nampak menunjukkan bahwa hampir tidak ada perubahan sehingga kami bertanya-tanya apakah rasio layar terhadap tubuh (StB) akan berubah sama sekali. Dan ini mungkin bukan metrik yang paling penting, tapi ini adalah titik kebanggaan bagi banyak orang (pembuat dan pengguna) sehingga kami memutuskan untuk menyelidiki lebih dalam dan masih berdasarkan bocoran yang ada. Pada testing penelitian tersebut, kami meletakkan gambar bocoran terbaru dari duo Samsung Galaxy S9 dan menempatkan mereka berdampingan dengan smartphone pendahulunya, Galaxy S8 untuk beberapa analisis.

Lalu apa yang terjadi dalam analisi rasio layar Samsung Galaxy S9 vs Galaxy S8?asilnya cukup mencengangkan karena apa yang kami temukan adalah bahwa rasio StB pada Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 + akan sedikit lebih menurun/buruk  sekitar satu persentase poin. Namun ini belum resmi secara historis, karena Samsung Galaxy S9 dan 9+ belum dihadirkan secara resmi. Ini masih berdasarkan gambaran spesifikasi dari pihak Samsung dan pihak terkait lainnya. Ini secara historis tidak akurat saat menggambarkan dimensi layar sebenarnya, jadi jumlahnya mungkin lebih tinggi daripada real atau kenyataannya. Itu akan berlaku untuk kedua generasi, jadi pengamatan tentang perbedaannya tetaplah harus benar.

Maka kita melihat rasio layar dan bodi yang sama pada dasarnya. Perbedaan persentase poin sangat sulit dikenali meskipun Anda memegang keduanya berdampingan. Di penelitian ini, kami mencoba melapisi kedua layar. Sudut bulat tampak identik, meski kami melihat layar S9 (keduanya) yang sedikit lebih tinggi. Hal ini juga terlihat pada skematik program CAD, namun bedanya bersifat akademis. Menurut pengukuran yang bocor, smartphone Samsung Galaxy S9 akan sedikit lebih pendek dan sebagian kecil lainnya memiliki milimeter lebih lebar dan lebih tebal.

Kami ingin menyebutkan satu kemungkinan kalau Samsung bisa saja mengubah lengkungan sisi duo Galaxy S9. Itu bisa membuang pengukuran StB kami sedikit dan memperhitungkan perbedaannya. Samsung sudah melakukannya dengan kurva yang lebih lembut di Note8 dibandingkan dengan S8 sehingga S9 bisa mengikuti saudara tirinya dibandingkan saudara jenisnya. Jadi manakah yang selaras rasio layar dan bodynya antara Samsung Galaxy S9 vs Galaxy S8? Jawabannya adalah duo S9. Memang StB yang lebih besar (dan bezel tipis) adalah titik kebanggaan tersendiri bagi beberapa orang, meski bezel tipis tersebut bisa membahayakan ergonomi desain secara keseluruhan body dari sebuah smartphone. So, bagaimana menurutmu?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Baru-baru ini, spesifikasi dari HP layar lipat Samsung Galaxy Z Flip 6 bocor di situs benchmark Geekbench. Menurut situs tersebut, sebagaimana dikutip...

Apple

Unbox.id – Baru-baru ini, sebuah penelitian menguji kecepatan 5G pada ponsel Galaxy S24 dan iPhone 15 untuk mengetahui ponsel mana yang memiliki kemampuan 5G...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Bocoran informasi mengenai Samsung Galaxy C55 5G telah terungkap di laman Konsol Google Play. Kehadiran smartphone ini juga akan menjadi langkah langsung...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Amerika Serikat (AS) di bawah Joe Biden akan memberikan subsidi hingga $6,4 miliar atau sekitar Rs 103,5 triliun kepada Samsung. Menurut...