Panasonic

Panasonic GH5S, Raja Baru Kamera Mirrorless Low Light?

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Meski belum diluncurkan resmi di pasaran global, kamera mirorrless Panasonic GH5s berhasil mencuri perhatian saat Panasonic memperkenalkannya belum lama ini. Ya, GH5s sukses mencuri perhatian karena dihadirkan dengan beberapa spesifikasi yang jauh lebih dari generasi sebelumnya, GH5. Diketahui kamera mirroless terbaru Panasonic ini hadir dengan sekumpulan fitur spesifik video.Ya,  perangkat ini kini bisa merekam secara internal di Cinema 4K (4096×2160) pada 60p dalam 4: 2: 0 8-bit atau 30p dalam 4: 2: 2 10-bit, menjadikannya satu-satunya kamera mirrorless untuk melakukannya. Muncul pra-instal dengan HDR Hybrid Log Gamma dan Panasonic V-LogL, kode waktu masuk dan keluar sinkron, monitor waveform, cakupan vektor, dan pola zebra yang dapat diprogram. Untuk stills, kamera ini mendukung file RAW 14-bit, sedangkan spesifikasi lainnya kurang lebih sama dengan GH5.

Panasonic GH5S memiliki sensor 12.5MP baru dengan resolusi 10,2MP hingga memungkinkan kamera ini untuk mempertahankan bidang pandang diagonalnya saat beralih antara rasio aspek, seperti 4: 3, 17: 9, 16: 9 dan 3: 2. Lebih penting lagi, sensor baru dioptimalkan untuk sensitivitas cahaya rendah, sedikit mirip dengan Sony A7S II, dan sekarang mendukung pengambilan gambar hingga ISO 51.200 tanpa ISO yang diperluas. Autofocus juga bekerja di -5EV luminance. Dengan kata lain,  Panasonic GH5S memang terlihat sangat mirip dengan GH5 yang mendahuluinya, namun ada perubahan besar dalam pipa pencitraannya yang mampu menunjukkan keunggulan tersendiri , terutama untuk videografi dan fotografi Low Light, termasuk astrophotography. Langsung simak saja review singkat dari produk kamera terbaru Panasonic terbaru, berikut;

Spesifikasi Utama

Basic Specifications
Full model name: Panasonic Lumix DC-GH5S
Resolution: 10.20 Megapixels
Sensor size: 4/3
(17.3mm x 13.0mm)
Kit Lens: n/a
Viewfinder: EVF / LCD
Native ISO: 160 – 51,200
Extended ISO: 80 – 204,800
Shutter: 1/16000 – 60 seconds
Dimensions: 5.5 x 3.9 x 3.4 in.
(139 x 98 x 87 mm)
Weight: 23.3 oz (660 g)
includes batteries
Availability: 02/2018
Manufacturer: Panasonic

Desain

Dengan setengah resolusi GH5, desain Panasonic GH5S ini hampir mirip. Namun tetap dikemas dalam piksel cukup banyak untuk video berkualitas tinggi 4K. Dan piksel yang hampir dua kali lebih besar dari GH5, maka seri GH5S adalah spesialis dengan Low Light, suatu fitur tangguh dengan kemampuan menghasilkan hasil yang jauh lebih bersih.

Tetapi jika Anda mempertimbangkan GH5S sebagai alternatif, maka kekuatan shot yang stabil tetap unggul di seri GH5. Lalu apa benar Panasonic GH5S adalah “The New King Low Light”? Mari kita lihat video berikut ini;

Dengan seri GH5S terbarunya, Panasonic membuat perbaikan besar pada kamera yang sudah sangat bagus. Ya, Panasonic GH5 sudah menjadi salah satu kamera video terbaik yang bisa Anda beli, terutama jika Anda mempertimbangkan ukuran ringan dan biaya yang lebih terjangkau. Kemampuannya untuk menghasilkan video dengan kualitas sangat tinggi dalam berbagai format, disertakannya penangkapan 4Kp60 definisi tinggi ultra, peningkatan kinerja ISO dan keunggulan baterai yang terus berlanjut (yang merupakan ciri khas rangkaian GH akhir-akhir ini) dibuat untuk kamera video yang sangat bagus. Tetapi lalu Panasonic menghadirkan kamera turunannya dengan perfoma yang lebih baik dibanyak sisi.

Pada GH5S baru, Panasonic menambahkan beberapa hiasan merah ke kamera yang menjelaskan perbedaan yang sangat jelas. Tombol rekam juga dimodifikasi dengan ringan, dan sekarang benar-benar memiliki huruf “REC” yang tercetak pada tombol merah raksasa. Selain itu, seri baru ini sedikit memodifikasi beberapa menu cepat untuk menunjukkan banyaknya mode perekaman yang sedikit lebih efektif. Overall, ini sebenarnya lebih dari sekadar perubahan kecil, GH5S sebenarnya memiliki faktor penambahan berbeda dari GH5. Ya, Panasonic GH5S sebenarnya terasa lebih lebar daripada GH5 dengan lensa yang sama, pengaturan kamera yang sama, dan posisi yang sama namun tentu dengan beberapa perubahan yang jauh lebih baik.

Kinerja

Karena baru diumumkan, kami belum berani membahas secaara meluas dengan sisi kinerja keseluruhan dari Panasonic G5S ini. Menurut lab IR yang tela diberi kesempatan untk menguji lapangan dari kamera terbaru besutan Panasonic ini, kamera ini dibekali dengan sensor Micro Four Thirds yang bisa saja melakukan sensor full-frame dalam performa ISO yang tinggi. Panasonic telah mengalihkan sebagian besar logika memilih kamera video full-frame, seperti Sony A7S II atau Canon 1DX Mark II yang jauh lebih mahal harganya. Panasonic menurunkan resolusi menjadi hanya 10,2 megapiksel dengan apa yang mereka sebut Sensor MOS Digital mereka dengan Dual Native ISO Technology, dipasangkan dengan prosesor gambar Venus Engine 10. Hasilnya adalah imager digital yang dapat “dengan setia mereproduksi bahkan bagian gelap dari gambar,” dengan rentang ISO baru 80 sampai 204.800. Ini secara dramatis lebih besar dari seri GH5, yang melihat kisaran ISO-nya berhenti di 12.800. Ini semua untuk mencapai sensitivitas yang jauh lebih baik.

Dan masalahnya, GH5 bahkan tidak buruk di 12.800. Rekaman yang dihasilkan pada ISO maks-nya dan masih dapat diterima dan digunakan sepenuhnya. Dengan kata lain, Panasonic GH5S hanya mengambil apa yang baik dan bahkan membuatnya lebih baik lagi. Berdampingan dengan ISO 12,800, GH5 dan GH5S menghasilkan video yang sangat bagus. Anda bisa lihat di atas bahwa pada 4Kp60, kedua klip sangat bersih dan terlihat cukup bagus. Tapi GH5S hanya terlihat lebih baik.

Yang lebih mengesankan lagi adalah bagaimana kinerja hasil Panasonic GH5S dibandingkan kamera full-frame, seperti Canon Mark II 1DX. Sekarang, II 1DX tidak dikenal sebagai kamera dengan cahaya rendah dengan cara apapun, namun salah satu titik penjualan utama sensor full-frame adalah kinerja cahaya rendah yang lebih baik daripada sensor yang lebih kecil.

Sebenarnya, video dari GH5 sebenarnya terlihat lebih baik daripada 1DX II, namun GH5S rupanya telah berada pada tingkat yang lain. Bahkan kinerja bersih di 12.800 oleh kamera Panasonic GH5S sudah sangat mengesankan, dengan 4 pengaturan ISO kelas atas yang lebih tinggi (dan menambahkan ISO 80 pada tingkat rendah). Dan kamera Panasonic terbaru ini mampu memberikan hasil cukup bagus, baik di ISO 25.600, 51.200, dan dua ISO yang diperluas dengan 102.400 dan 204.800. Namun tim IR tidak akan merekomendasikan penggunaan ISO yang tinggi kepada kamera Panasonic GH5S ini, kecuali yang Anda pedulikan adalah menangkap pemandangan, tidak menangkap pemandangan dengan detail baik. Kadang lebih baik untuk memiliki beberapa cuplikan daripada tidak ada rekaman, dan dalam kasus-kasus itu Anda dapat mengandalkan GH5S ini untuk melihat cukup banyak dalam kegelapan. Itulah sebabnya, banyak yang sudah menyebut Panasonic GH5S ini sebagai raja baru untuk kamera mirrorless Low Light, disamping kamera Canon Mark II 1DX dan Sony A7S II.

Selain itu, Panasonic GH5S ini dinilai kamera pertama di kelasnya yang bisa merekam Cinema 4K (4096×2160) pada 60p. Sementara GH5 sudah bisa melakukannya di UHD, GH5S menambahkan piksel tambahan di Cinema 4K. Selain itu, Panasonic juga menambahkan C4Kp30 di 8 dan 10 bit, yang baru bila dibandingkan dengan GH5.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, tentu saja ada sisi yang harus dikorbankan, yakni sisi keunggulan ISO. Ya,mereka mengurangi total output foto megapiksel sensor menjadi 10.2MP. Pengurangan ini juga berarti bahwa Panasonic GH5S tidak dapat melakukan foto 6K yang biasanya sangat dipuji untuk Panasonic seri sebelumnya. Selain itu, Panasonic menghapus stabilisasi gambar dalam tubuh di GH5S, yang berarti jika Anda menginginkan stabilisasi, Anda harus bergantung pada lensa secara terpisah.  Namun, bila Anda sudah menjadi penggemar Panasonic, maka Anda akan sangat menyukai kamera seri GH5S ini.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments

Popular

To Top