HP

Review HP 14-BW017AU, Penantang di Kelas Entry level

Review HP 14-BW017AU
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Kali ini dapur pengujian tim Unbox.id kedatangan salah satu laptop besutan Hewlett-Packard atau lebih dikenal dengan sebutan HP. Lengkapnya adalah seri HP 14-BW017AU. Lantas apa yang ditawarkan oleh HP dengan laptop kelas entry level-nya ini? Simak ulasan kami berikut ini.

DESAIN

Kesan pertama tentu menjadi hal yang penting. Kesan pertama kami saat melihat laptop ini cukup terkesan. Dengan tekstur sedikit kasar berwarna abu-abu dibagian luar, tentu membuat noda tidak mudah tertinggal diatasnya. Berbeda dengan laptop entry level di pasar kebanyakan.

Namun tak demikian saat digenggam. Entah kenapa kesan ringkih begitu terasa. Walaupun build quality terbilang sangat baik.

Review HP 14-BW017AU

Melirik kebagian dalam pun cukup unik. Laptop ini memiliki aksen bergelombang dengan kolaborasi hitam dan abu-abu. Entah apa fungsinya atau sekedar menambah nilai estetika semata. Detail aksen ini dapat dibilang cukup menarik.

Memiliki layar seluas 14 inci tentu membuat ukuran laptop ini tidak bisa dibilang kecil. Dengan bobot mencapai 1,9 kg tentu laptop ini sedikit kurang ramah saat diajak mobilitas. Meski tak begitu memberatkan juga.

Review HP 14-BW017AU

Beralih ke sektor keyboard. Tuts keyboard milik HP 14-BW017AU ini cukup empuk dan nyaman untuk digunakan mengetik. Untungnya HP tak menyertakan numeric keyboard yang menurut kami kurang begitu efektif jika disematkan pada sebuah laptop. Tapi ini merupakan selera pribadi sih.

Laptop ini telah dijejali dengan jajaran port yang terbilang cukup lengkap. Mulai dari port HDMI, USB 2.0, port VGA, RJ-45, card reader, jack audio 3,5 mm, port USB 3.1, hingga DVD Rom. Semuanya tersaji lengkap, tinggal plug and play.

Review HP 14

PERFORMA

Laptop HP 14-BW0174U ini dipersenjatai dengan prosesor dual-core AMD A9-9420 berkecepatan 3.0 GHz yang dipadu padankan dengan GPU Radeon R5. Kinerjanya juga turut ditopang dengan keberadaan RAM 4 GB serta media penyimpanan seluas 500 GB HDD. Itu baru performa diatas kertas, bagaimana performa aslinya?

Untuk beragam tugas-tugas ringan seperti pengetikan atau menikmati beragam konten multimedia tentu dengan mudah dilibasnya. Tapi entah mengapa sektor audio menjadi masalah di unit yang kami uji kali ini.

Awal digunakan semua terasa normal. Namun saat laptop terus dipacu dalam rentang waktu yang cukup lama entah mengapa semburan suara menjadi pecah dan cukup mengganggu. Padahal volume hanya di set sekitar 50%. Kemungkinan besar terdapat sedikit permasalahan pada unit yang kami uji ini.

Nah ketika digunakan untuk bermain game, entah mengapa HP 14-BW0174U ini tak mampu memuaskan kami. Karena keterbatasan waktu, kami hanya sempat mencoba laptop ini dengan bermain game PES 2017. Hasilnya lag begitu terasa dan dapat cukup mengganggu pengalaman bermain, meski dalam tahap yang masih bisa dimainkan.

Sayangnya kami tak sempat mencoba game yang lebih ringan lain untuk mencoba performanya sejauh mana dapat digunakan untuk gaming secara lancar. Berikut hasil benchmark yang kami lakukan dengan menggunakan aplikasi PC Mark 10.

Review HP 14-BW017AU

 

KESIMPULAN

HP 14-BW0174U ini sepertinya memang cocok bagi mereka yang membutuhkan laptop dengan harga yang cukup terjangkau. Laptop ini dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau. Meski tak bisa diajak berpacu memainkan game-game berat. Ya kalau memang mencari laptop untuk gaming tentu Anda mesti menghabiskan budget lebih besar lagi bukan?!

Jadi bagi Anda yang membutuhkan laptop untuk mengerjakan tugas ringan sehari-hari seperti mengetik, mendengarkan musik, menonton video, atau berselancar di dunia maya, laptop satu ini dapat Anda jadikan andalan.

 

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top