Komparasi

Ini Dia Aplikasi Antivirus dan Security Terbaik Untuk Android

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Play Store masih belum juga menjadi tempat yang paling aman untuk aplikasi hingga kini. Penelusuran Google yang cepat untuk “Software Play Store” akan memberi Anda beberapa aplikasi berbahaya yang menyelinap ke aplikasi resmi Android. Google pun menyadari masalahnya dan mereka ingin memperbaikinya, namun program Play Protect baru mereka tidak memiliki rekam jejak yang bagus, jadi Anda mungkin ingin mencari program aplikasi lainnya. Sekarang ini banyak aplikasi pihak ketiga memberikan perlindungan antivirus lebih banyak. Selain memiliki tingkat deteksi virus yang jauh lebih baik daripada solusi antivirus built-in Android, aplikasi ini bertindak lebih sebagai suite security atau keamanan yang menyediakan semua fungsi Play Protect dan masih  banyak fungsi proteksi lainnya lagi. Dengan menawarkan begitu banyak fitur, aplikasi antivirus kini menjadi perhatian yang berguna, terutama bagi para pengguna perangkat Android. Berikut ini daftar aplikasi Antivirus dan Security terbaik untuk Android;

Norton

Aplikasi Norton Security and Antivirus ini memberikan perlindungan lengkap untuk perangkat mobile Android Anda karena dirancang sistem proteksi yang sangat baik. Tampilan menunya ditata rapi membuat navigasi mudah untuk semua orang (termasuk kakek-nenek Anda mungkin). Namun, fitur terbaiknya adalah App Advisor untuk Google Play. Norton merupakan satu-satunya aplikasi di daftar ini yang menawarkan perlindungan VPN untuk privasi dan keamanan saat menggunakan Wi-Fi. Namun pengguna perlu memasang plugin untuk menambahkan fitur yang harganya USD 4,99 per bulan untuk satu perangkat ini. Saat Anda menggabungkan VPN Norton dengan sistem security Wi-Fi dan proteksi Web, Anda dapat yakin bahwa Anda akan menjelajah web dengan aman. Norton bahkan menyertakan perlindungan terhadap tautan berbahaya dengan fitur Link Guardnya, yang akan memindai tautan sebelum Anda membukanya, mendeteksi potensi resiko, dan bahkan bisa mengingatkan Anda sebelumnya. Dan Norton juga memiliki semua tambahan yang Anda inginkan dari sebuah suite security atau keamanan. Selain adanya pengelola kata sandi, Norton bahkan mencakup kemampuan untuk memindai aplikasi sebelum pemasangannya.

Adapun biaya berlangganan standar USD 14,99 setahun, aplikasi Norton memang menawarkan banyak hal bagi mereka yang menggunakan perangkat lunak mereka di desktop mereka. Untuk USD 39,99 setahun, pengguna dapat mencakup hingga lima perangkat (termasuk PC, Mac, Android, dan iOS). Dan Anda pun dapat memilih untuk tidak membayar, namun Anda hanya memiliki akses ke pemindai antivirus saja. Karena itulah, aplikasi ini masuk aplikasi Antivirus dan Security terbaik untuk Android ini.

Sophos

Sophos Mobile Security merupakan satu-satunya aplikasi antivirus dan security gratis di daftar terbaik ini. Namun, meski diberi label harga gratis, Sophos berhasil menggabungkan fitur lebih dari satu aplikasi. Ya, aplikasi ini menawarkan perlindungan antivirus real-time dengan kemampuan menjadwalkan pemindaian otomatis. Sementara Sophos tidak mengizinkan pengguna untuk memindai aplikasi sebelumnya, tingkat deteksi 100% akan mengisolasi malware dan mengingatkan Anda sebelum terjadi kerusakan besar pada perangkat Anda.

Sophos juga dapat menawarkan perlindungan tambahan ke aplikasi lain dengan mewajibkan kode akses (atau sidik jari) untuk mengakses kubah aplikasi Anda. Anda juga dapat mengontrol masa tenggang sebelum otentikasi diperlukan. Ini adalah fitur keamanan gratis yang hebat. Yang membuat Sophos unik adalah fitur tambahan yang dikenal sebagai “alat keamanan”, karena menawarkan authenticator untuk memberikan autentikasi multi faktor, alternatif yang aman untuk menggunakan SMS. Ada pengelola kata sandi untuk mengamankan dan mengelola semua kata sandi Anda untuk berbagai akun Anda. Bahkan ada pemindai kode QR yang aman untuk beberapa kali ketika Anda memerlukannya. Ini sebabnya Sophos masuk dalam aplikasi antivirus dan security terbaik untuk Android di sini.

Trend Micro

Trend Micro Mobile Security & Antivirus adalah sebuah aplikasi sistem keamanan yang hebat. Ini agak mahal karena Anda dikenakan biaya USD 29,99 pertahunnya dalam memakai aplikasi ini. Namun harga tersebut cukup layak karena Trend Micro menyediakan fitur pemindaian pra-instalasi seperti layaknya Norton. Dikombinasikan dengan pemindaian real-time, pemindaian terjadwal, dan tingkat deteksi 100%, Trend Micro menawarkan perlindungan antivirus yang lengkap. Mirip dengan aplikasi lain dalam list ini, aplikasi  ini juga menawarkan Perlindungan Web dan Wi-Fi. Namun, uniknya, adanya fungsi yang melindungi Anda saat menggunakan aplikasi messenger populer seperti Line, WhatsApp, dan Facebook Messenger. Bahkan Trend Micro dapat memberi Anda peringatan jika Anda menerima tautan berbahaya dalam sebuah pesan.

Selain itu juga, Trend Micro ini menawarkan evaluasi terhadap pengaturan privasi akun Facebook Anda, dan juga ada fitur perlindungan Anti-Pencurian, termasuk kemampuan untuk mengambil foto rahasia dengan kamera yang menghadap ke depan setelah sejumlah upaya otentikasi yang salah (minimal adalah tiga usaha). Foto akan dikirim melalui email ke akun Anda, yang kemudian dapat Anda berikan ke petugas penegak hukum setempat untuk membantu mengambil perangkat Anda. Namun, sayangnya pengguna tidak dapat mengeluarkan perintah dari jarak jauh melalui SMS untuk aplikasi antivirus dan security ini.

BitDefender

Aplikasi BitDefender Mobile Security & Antivirus mungkin bisa dinilai memiliki desain terbersih dari semua aplikasi dalam daftar aplikasi antivirus dan securiity terbaik di sini. Navigasi terjadi dengan menggunakan menu hamburger, fitur dijelaskan dengan baik, dan kinerjanya cepat juga begitu lancar. BitDefender juga merupakan paket keamanan termurah kedua dalam list ini, dengan biaya berlangganan tahunan hanya USD 14,95 saja.

Secara keseluruhan, BitDefender dan Trend Micro sangat mirip fitur dan kinerjanya, meskipun Trend Micro mendapat sedikit lebih unggul berkat pemindaian pra-instalnya. Dengan fitur ini, Trend Micro memiliki setiap fitur yang ditawarkan oleh Google Play Protect dan dapat sepenuhnya menggantikan aplikasi. Sedangkan aplikasi BitDefender, masih harus bergantung pada Play Protect untuk perlindungan itu. Namun, BitDefender memang memiliki beberapa hal yang terjadi untuk mereka yang tidak keberatan kehilangan pemindaian pra-instalasi. Tidak seperti Trend Micro, BitDefender memungkinkan remote control lewat SMS. Fitur ini sangat berguna karena pengguna biasanya dapat mengeluarkan pesan teks lebih cepat daripada menggunakan browser. Waktu tambahan itu bisa memastikan perangkat Anda terkunci dan data Anda terlindungi jika Anda kehilangan perangkat telepon Anda.

Aplikasi BitDefender juga memiliki penasihat privasi yang bagus karena kemampuannya menjelaskan secara rinci semua risiko privasi yang terkait dengan aplikasi yang terpasang pada perangkat Anda. Meskipun beberapa risiko tidak perlu ditandai (seperti kemampuan browser untuk menulis dan membaca riwayat penjelajahan Anda), hal ini mempermudah pengguna mengontrol izin yang diberikannya ke aplikasi. Jika Anda tidak keberatan kehilangan kemampuan untuk memindai aplikasi sebelumnya, ada kasus yang harus dilakukan untuk memilih BitDefender di atas Trend Micro. Ini sekitar setengah harga, memiliki desain yang lebih baik, dan memungkinkan pengguna mengendalikan ponsel pintar mereka dari jarak jauh dengan pesan teks. Namun, karena betapa pentingnya pemindaian pra-instalasi terhadap keamanan smartphone, maka itu aplikasi Trend Micro lebih unggul dari BitDefender.

Kesimpulan

Masing-masing aplikasi antivirus dan security terbaik diatas, telah menawarkan lebih dari sekedar fungsi Google Play Protect biasa. Mereka semua memberikan perlindungan anti-pencurian, pemindai virus paket (dengan dua termasuk kemampuan untuk memindai aplikasi sebelum pemasangan), dan yang terpenting, semuanya menawarkan tingkat deteksi 100% dibandingkan Play Protect yang hanya sebesar 44,5% dan 66,3%. Jadi, Play Protect memang memiliki kemudahan dalam built-in, namun  ketidakmampuannya untuk mendeteksi perangkat lunak perusak terlalu beresiko untuk perangkat mobile Android Anda. Dengan kombinasi kemudahan penggunaan, daftar fitur yang ekstensif, dan kemampuan untuk memindai aplikasi sebelumnya, Norton Security and Antivirus adalah pilihan nomor satu yang masuk list aplikasi antivirus dan security terbaik untuk Android ini.

Bagi pengguna Android yang tidak ingin membayar USD 14,99 setahun, aplikasi Sophos Mobile Security menawarkan semua yang Norton lakukan, namun tanpa kemampuan untuk memindai aplikasi sebelum pemasangan. Sophos juga bisa bebas iklan dan mencakup beberapa fitur yang tidak ditemukan di aplikasi lain dalam list ini. So, aplikasi antivirus dan security terbaik mana yang akan dipilih untuk perangkat Android Anda?

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments

Popular

To Top