Operator

Cara Cek Sinyal Seluler Smartphone Android

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Selain baterai, spesifikasi performa, dan durabilitas, salah satu hal penting dalam sebuah smartphone adalah koneksi data, entah itu Wi-Fi maupun jaringan sinyal seluler. Tanpa koneksi internet, sesungguhnya perangkat kita ini bagaikan tubuh tanpa kaki, alias tidak dapat kemana-mana mendapat informasi.

Nah, kadang penerimaan sinyal seluler tidak selalu bagus sepanjang waktu, adakalanya di waktu tertentu dan lokasi tertentu kondisinya menguat atau sedihnya malah melemah. Namun tenang, ada cara yang mudah dan sederhana untuk mengetahui kekuatan seluler perangkat Anda.

Sebelum kita lanjut, ada baiknya kita tahu bagaimana sinyal ini diukur. Istilah yang banyak digunakan dalam mengukur satuannya adalah rasio daya dalam desibel (dB) dari kekuatan terukur yang diacu ke satu miliwatt (mW) , yang lebih sering disebut dBm.

Perlu dingat bahwa angka yang lebih rendah lebih baik, artinya kekuatan -80db berkali-kali lebih kuat dari pada pembacaan -95, misalnya. Sedangkan sinyal seluler yang terbaik yang bisa Anda dapatkan adalah sekitar -50dBm, sedangkan bacaan di -120dBm berarti telepon Anda akan segera hilang koneksi selulernya. Berikut adalah cara memeriksa kekuatan sinyal Anda dengan mudah.

1. Pertama, buka menu Settings dan buka ke menu terakhir di bawah, About Phone.

2. Lalu cari menu Network atau Status, di mana informasi teknis dari perangkat kita tersedia di situ.

3. Jika perangkat Anda mendukung dual SIM, pilih satu kartu SIM yang ingin diketahui.

4. Nah, Informasinya akan tertera di sini. Beberapa device mungkin akan membaca satuan unit dengan satuan ASU atau Arbitrary Strength Unit.

 

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top