Connect with us

Hi, what are you looking for?

Operator

Cara Cek Sinyal Seluler Smartphone Android

cara cek sinyal seluler

Last updated on 23 Februari, 2022

Unbox.id Selain baterai, spesifikasi performa, dan durabilitas, salah satu hal penting dalam sebuah smartphone adalah koneksi data, entah itu Wi-Fi maupun jaringan sinyal seluler.

Tanpa koneksi internet, sesungguhnya perangkat kita ini bagaikan tubuh tanpa kaki, alias tidak dapat kemana-mana mendapat informasi.

Nah, kadang penerimaan sinyal seluler tidak selalu bagus sepanjang waktu, adakalanya di waktu tertentu dan lokasi tertentu kondisinya menguat atau sedihnya malah melemah. Namun tenang, ada cara yang mudah dan sederhana untuk mengetahui kekuatan seluler perangkat Anda.

Baca juga: Tips Menghemat Kuota Internet

Sebelum kita lanjut, ada baiknya kita tahu bagaimana sinyal ini diukur. Istilah yang banyak digunakan dalam mengukur satuannya adalah rasio daya dalam desibel (dB) dari kekuatan terukur yang diacu ke satu miliwatt (mW) , yang lebih sering disebut dBm.

Perlu dingat bahwa angka yang lebih rendah lebih baik, artinya kekuatan -80db berkali-kali lebih kuat dari pada pembacaan -95, misalnya.

Sedangkan sinyal seluler yang terbaik yang bisa Anda dapatkan adalah sekitar -50dBm, sedangkan bacaan di -120dBm berarti telepon Anda akan segera hilang koneksi selulernya.

Baca juga: Aplikasi Pemantau Internet Terbaik

Berikut adalah cara memeriksa kekuatan sinyal Anda dengan mudah.

1. Pertama, buka menu Settings dan buka ke menu terakhir di bawah, About Phone.

2. Lalu cari menu Network atau Status, di mana informasi teknis dari perangkat kita tersedia di situ.

3. Jika perangkat Anda mendukung dual SIM, pilih satu kartu SIM yang ingin diketahui.

4. Nah, Informasinya akan tertera di sini. Beberapa device mungkin akan membaca satuan unit dengan satuan ASU atau Arbitrary Strength Unit.

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga