Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Haven, Aplikasi Pemantauan Baru Yang Bisa Mendeteksi Bahaya Disekitar Anda

Programmer Edward Snowden bersama dengan insinyur keamanan, Micah Lee baru-baru ini telah merilis sebuah aplikasi Android yang juga menjalin kemitraan dengan The Guardian Project. Aplikasi yang mereka rilis ini ditujukan untuk warga negara yang memiliki atau memiliki harta bernilai dan ingin memantau lingkungan sekitar untuk memperingatkan mereka tentang ada penyusup. Adalah Haven nama aplikasi yang dimaksud.

Diketahui aplikasi ini menggunakan sensor pada perangkat Android Anda untuk melacak berbagai metrik. Menggunakan accelerometer untuk melacak pergerakan perangkat dan getaran di sekitarnya, kamera untuk melacak pergerakan objek yang ada, mikrofon untuk melacak suara di lingkungan, sensor cahaya sekitar untuk melacak perubahan pada lampu dan daya untuk memeriksa apakah telepon dicabut atau adanya pemadaman listrik. Cara ini tentunya sangat berguna bagi Anda bila secara idealnya bisa memasang aplikasi ini di telepon burner dengan kartu SIM. Aplikasi ini kemudian dikonfigurasi untuk mencatat semua informasi dan mengirimkan pemberitahuan ke sebuah nomor, idealnya nomor pribadi Anda, melalui saluran aman seperti Sinyal atau Tor dengan enkripsi end-to-end.

Namun bila aplikasi ini mengambil data dari sensor, seperti seseorang yang memasuki ruangan atau mengakses barang Anda (misalnya, laptop) maka segera akan mengirim pemberitahuan ke nomor utama Anda. Atau aplikasi ini juga bisa dipasang di telepon utama Anda dan minta notifikasi dikirim ke nomor yang terpercaya, mengingatkan mereka jika Anda berada dalam bahaya fisik. Berikut pengenalan aplikasi Haven:

Memang perlu diakui bahwa sebuah aplikasi seperti ini yang menggunakan sensor untuk melacak segala sesuatu tentang lingkungan ini, mungkin tidak terdengar kurang menakutkan daripada ancaman yang diklaimnya akan melindungi Anda dari bahaya. Tapi bagi mereka yang paranoid, aplikasi ini tentunya sangat berguna, terlebih mengingat aplikasi ini merupakan open source, jadi siapapun bisa melihat kode sumber yang mendasari dan para pengembang telah mengundang orang untuk berkontribusi.Bahkan Anda juga dapat mengkompilasi aplikasi ini sendiri menggunakan Android Studio dan Gradle. Semua library dan dependensi pihak ketiga yang diperlukan bahkan sudah disediakan di halaman GitHub mereka.

Sementara aplikasi Haven untuk saat ini sudah ada dalam versi beta dan tersedia untuk diunduh secara gratis di Android Play Store. So, tunggu apa lagi? Bagi yang tertarik, segera unduh dan coba aplikasi ini, guys!

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Microsoft telah mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri dukungan untuk Subsistem Windows untuk Android (WSA), komponen inti di balik Amazon Appstore dan aplikasi...

Tech Industry

Unbox.id – Platform pengembangan perangkat lunak cloud Microsoft, GitHub, menghadapi serangan siber berskala besar yang dapat membahayakan jutaan pengguna. Peneliti keamanan Apiiro telah mengidentifikasi...

Apps & Games

Unbox.id – Apakah Anda mencari aplikasi yang memungkinkan Anda membuat stop motion atau animasi? Dengan menggunakan aplikasi stop motion terbaik anda dapat membuat animasi...

Social Media

Unbox.id – Baterai adalah salah satu perangkat keras smartphone yang paling diminati pengguna. Oleh karena itu, banyak pengguna mengadopsi berbagai metode untuk mengurangi konsumsi...