Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Apple Depak Qualcomm, Pinang MediaTek untuk iPhone

Perselisihan di dunia teknologi tak bisa dihindarkan, dan itulah yang terjadi antara Apple dan Qualcomm. Tampaknya keributan yang terjadi pada keduanya berimbas pada penghentian kerjasama keduanya. Hal ini dapat ditangkap dari kabar jika Apple akan menggandeng MediaTek, yang merupakan saingan Qualcomm.

Menggantikan sang raksasa chipset, MediaTek disebut akan menggelontorkan sebagian komponen modem untuk iPhone. Nah, sebagiannya lagi dikabarkan sudah diberikan ke Intel guna mengatasi ketergantungannya pada chip produksi Qualcomm.

Walau sangat mungkin terjadi, hal ini masih sebatas kabar burung, sehingga kebenarannya belum tentu dapat dipertanggungjawabkan. Jika Anda belum tahu, perseteruan ini berawal saat Apple pada awal tahun 2017 melayangkan gugatan pada pabrikan semiconductor terkemuka tersebut.

Gugatan Apple berisi tuduhan jika Qualcomm menetapkan biaya lisensi yang terlalu tinggi untuk teknologi yang Apple tanam di perangkat iPhone-nya. Nah, gugatan tersebut ditanggapinya dengan serangan balasan menuduh Apple selama ini melanggar hak paten produk-produknya dan mengancam akan memblokir penjualan iPhone di China.

Masalahnya memang tidak dengan Apple saja melainkan sebelumnya, pihak pabrikan Snapdragon ini sedang diselidiki atas dugaan melakukan gerakan anti-kompetisi, di beberapa negara pusat pabrikan perangkat mobile termasuk Taiwan, China dan Korea Selatan. Qualcomm sendiri telah menjadi pilihan utama sebagai penyedia chip, karena memang selama ini pihaknya menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan canggih.

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Baik iPad Air maupun iPad Pro akan menghadirkan peningkatan pada spesifikasi hardware dan peningkatan lainnya. Mengutip laporan Gurman via The Verge, selain...

Apple

Unbox.id – Rumor mengenai iPad Air semakin menyebar seiring semakin dekatnya tanggal rilisnya. Baru-baru ini beredar informasi bahwa iPad Air akan berukuran lebih besar...

Hardware

Jakarta, Unbox.id — Jajaran produk tablet milik Apple, yaitu iPad, iPad mini, Air, dan Pro merupakan jenis terbaik di kelasnya. Produsen telah membekalinya dengan...

Tech Industry

Unbox.id – Apple baru saja mengakuisisi startup Perancis, Datakalab, yang berspesialisasi dalam kompresi AI dan teknologi visi komputer. Perusahaan tersebut, yang baru-baru ini diakuisisi...