Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sony

Review RX10 IV, Kamera Compact Sport Andalan Sony

Setelah sukses merilis seri RX10 yang banyak menuai pujian, Sony menghadirkan seri RX10 yang keempat dengan spesifikasi desain dan perfoma yang mumpuni di kelas kamera compact. Ya, kamera Sony RX10 IV telah suksesa mengembangkkan perbaikan dari seri sebelumnya sehingga ia kini menjadi kamera saku untuk memotret dan merekam acara atau event olahraga yang bisaa diandalkan. Langsung simak saja review kamera besutan Sony untuk seri RX10 yang baru ini dibawah ini:

Spesifikasi Utama

Basic Specifications
Full model name: Sony Cyber-shot DSC-RX10 IV
Resolution: 20.10 Megapixels
Sensor size: 1 inch
(13.2mm x 8.8mm)
Lens: 25.00x zoom
(24-600mm eq.)
Viewfinder: EVF / LCD
Native ISO: 100 – 12,800
Extended ISO: 64 – 25,600
Shutter: 1/32000 – 30 seconds
Max Aperture: 2.4
Dimensions: 5.2 x 3.7 x 5.0 in.
(133 x 94 x 127 mm)
Weight: 38.6 oz (1,095 g)
includes batteries
Availability: 10/2017
Manufacturer: Sony

Desain

Sony dinilai sukses menghadirkan sebuah kamera ringkas paket SLR yang jauh lebih serba guna dalam bentuk seri RX10 IV ini. Seri Sony RX10 mungkin jauh lebih besar daripada seri RX100 yang memang berukuran kecil, namun seri RX10 IV ini dengan bentuk ukuran yang serupa dengan DSLR dengan lensa kit zoom pendek yang lebih baik dan ringkas telah menghasilkan kualitas gambar yang bagus dalam paket yang sangat serbaguna untuk acara-acara yang penuh aksi, terutama olahraga.

Desain seluruh bodi tetap dipertahankan hampir tidak berubah, seperti lensa setara 24-600mm, f/ 2.4-4.0 yang memberi kesan bahwa kamera Sony RX10 IV ini terlihat DSLR hingga keunggulan Sony dalam kemasan yang memungkinkan jangkauan zoom jauh lebih jauh daripada yang Anda harapkan dapat ditemukan di kamera SLR dengan lensa berukuran serupa. Ya, lensa kamera Sony seri ini  mencakup teknologi stabilisasi gambar Optical SteadyShot dari Sony, yang memiliki kekuatan korektif 4,5-stop, suatu keharusan saat memotret ke ujung telephoto dari jangkauannya yang kuat, terutama pada kondisi cahaya rendah.

Di bagian luar bodi kamera, jika Anda mengabaikan perubahan nomor model, hanya ada dua perbedaan signifikan yang dapat ditemukan. Keduanya mengisyaratkan pada area yang merupakan kunci sebuah kamera, yakni Autofocus. Di sisi bodi di dasar laras lensa adalah switch limiter rentang fokus baru, memungkinkan Anda beralih di antara rentang fokus penuh atau membatasi Sony RX10 IV untuk fokus pada jarak yang lebih besar dari 10 kaki (3m). Dengan kata lain, Sony RX10 IV ini memiliki makro fungsi yang cukup baik, seperti pengaturan zoom panjang yang lebih mudah.

Sementara Anda dapat menangkap gambar yang sangat baik dari 24 sampai 600mm dengan kamera dari hampir semua produsen, namun kamera Sony RX10 IV ini dapat memotret gambar tajam di seluruh rentang kamera tunggal, apalagi bodi kamera yang nyaman dipegang dan beratnya hanya 2,4 kilogram (1.095 g) yang dimuat dan siap digunakan kapan saja. Ini adalah suatu hal spesial dari kamera Sony ini. Plus, layar tiga inci baru, yang masihmemiliki fungsi miring yang handal dan ditambah lagi dengan fungsi Touch Pad AF dan Touch Focus. Jendela bidik 2 x15 OLED Android berukuran 2.35 juta juga terlihat sangat bagus dan bagus untuk digunakan berkat ukurannya yang cukup besar bagi sejenis kamera compact.

58mm-equivalent, 1/500 sec. @ f/4.0, ISO 100

Perfoma

Seperti pendahulunya, Sony RX10 IV memungkinkan Anda mengendalikan zoom melalui sakelar di bawah pelepas rana atau dengan memutar salah satu dari tiga cincin pada lensa (agar mereka fokus, zoom dan cincin aperture). Dalam kedua kasus tersebut, RX10 IV agak lamban untuk memperbesar dari 24 menjadi 600mm, meski memang merasa lebih baik menggunakan cincin zoom. Sementara kamera yang satu dibangun untuk kecepatan, zooming bukanlah area dimana RX10 IV terasa cepat.

Cincin aperture adalah sentuhan yang bagus, memungkinkan kontrol pengguna yang mudah atas f-stop. Cincin ini memiliki banyak daya tahan, yang bagus untuk melakukan penyesuaian yang tepat, namun tidak terlalu bagus untuk melakukan penyesuaian besar dengan cepat. Anda dapat menyesuaikan cincin aperture yang akan diklik juga, yang sangat cocok untuk membuat penyesuaian aperture yang tenang dan sangat berguna bagi videografer.

Sony RX10 IV ini juga berbasis di sekitar sensor gambar megapiksel 20,1 yang sama persis seperti pada Sony RX100 V dan juga masih menghasilkan ukuran gambar maksimum 5.472 x 3.648 piksel, namun masih memiliki potensi kinerja yang lebih baik untuk memotret dan merekam berbagai aksi di acara olahraga khususnya berkat kinerja dan ketentuan sensor Sony Exmor RS yang baru untuk AF on-chip yang dibekalinya. Selain itu, sensor gambar Sony RX10 IV menggunakan desain bertumpuk yang menggabungkan memori DRAM tertanam untuk memungkinkan pengambilan resolusi full yang sangat cepat.

220mm-equivalent, 1/250 sec. @ f/4.0, ISO 320

Dan berbicara soal kinerja pelacakan, kamera Sony RX10 IV masih dibekali sistem Cyber-shot AF pelacakan kepadatan tinggi yang sama seperti Sony A6300 dan A6500, sedangkan algoritma autofocusnya setara dengan Sony A9. Hasilnya. pelacakan sangat cepat dan sangat mumpuni karena menggunakan informasi tidak hanya dari titik autofocus yang dipilih pengguna, tapi juga dari banyak hal yang ada disekitarnya.

Sony juga telah mengupgrade algoritma Eye AF untuk seri RX10 IV ini, sehingga mampu lebih baik menangani tugas memusatkan perhatian pada wajah yang bergerak, atau yang hanya memiliki tampilan seperempat ke satu sisi kamera, bukan sebuah full face pada lensanya. Dan kerja fokus ini bisa dengan langsung menyentuh subjek saat menggunakan tampilan langsung di LCD utama, atau menggunakan panel LCD sebagai panel sentuh melalui jendela bidik elektronik. Ada juga fungsi AF-On baru, dan walaupun tidak memiliki tombol khusus sendiri, Anda dapat menetapkannya ke salah satu tombol fungsi yang dapat dikonfigurasi pengguna sendiri, jika ini berguna untuk materi pelajaran pilihan Anda. Dan Anda juga bisa mendaftarkan titik fokus atau area untuk recall cepat dari tombol fungsi, yang akan terbukti sangat berguna jika Anda memotret subjek yang agak dapat diprediksi yang mengharuskan Anda sering ingin mengubah dan kemudian mengembalikan titik fokus – misalnya saat memotret dan merekam pertandingan tenis.

Bahkan Anda sekarang bisa melangkah lebih jauh lagi dalam mengeksplorisasi fitur lainnya seperti mode eksposur dan drive, rasio shutter speed, sensitivitas atau pencahayaan dengan satu tombol tekannya. Dengan kata lain, kamera Sony RX10 IV menawarkan begitu banyak performa yang mungkin bisa membuat penggunanya langsung jatuh cinta. Terlebih kinerja prosesor Bionz X yang handal sama seperti kamera mirrorless unggulan milik Samsung, A9.

144mm-equivalent, 1/160 sec. @ f/4.0, ISO 100

Ya, Sony, RX10 IV membuka tangkapan 24 fps yang bahkan bisa lebih baik dan juga dengan sebuah Kedalaman buffer JPEG yang di pabrikan-rated pada 249 frame, cukup untuk 10 detik penuh tembakan burst terus menerus pada tingkat maksimum. Dengan kinerja yang bagus ini, sayangnya kecepatan menulis kartu flash masih kalah atau kurang dihandalkan dikelasnya.

Versi Sony RX10 II dan III yang sebelumnya menggunakan teknologi LCD WhiteMagic Sony untuk tampilan yang lebih terang, namun Sony RX10 IV tampaknya telah kembali ke teknologi panel LCD standar, yang kemungkinan besar untuk bisa menghemat biaya.

Sony RX10 III sebelumnya sudah menjadi kamera film yang cukup mumpuni dengan sendirinya, terutama dengan standar kamera fixed-lensnya. Namun rupanya kamera Sony RX10 IV terlihat lebih mengesankan dalam hal ini, yakni mempertahankan kemampuan pendahulunya untuk merekam video definisi tinggi 4K atau high-def 1080p dalam format XAVC S atau AVCHD menggunakan lebar sensor penuh tanpa garis-skipping, dan dengan sensitivitas maksimum ISO 12,800 dan kini memiliki kemampuan perekaman proxy , memotret klip UHD 4K dan klip HD (720p) simultan yang dapat digunakan di tempat untuk mengedit lebih cepat editor pilihan non linier, sebelum mengganti banyak Rekaman 4K yang lebih tinggi untuk hasil yang lebih berkualitas pada waktu render. Bahkan ada  juga pilihan kurva gamma S-Log2 atau S-Log3 yang sesuai dengan alur kerja pasca produksi rekaman video pengguna.

(Birds in Slow Motion. Sony RX10 IV slow motion 250 fps)

Selain itu, terdapat peningkatan konektivitas nirkabel dengan dukungan baterai aksesori yang sama pada kamera Sony RX10 IV ini, Ya, Anda bisa melakukan upgrade dari model seri RX10 sebelumnya, seperti menggunakan paket baterai isi ulang NP-FW50 yang sama yang sudah Anda miliki. Dan hal yang sama berlaku untuk aksesoris Multi Interface Shoe-compatible, kabel micro HDMI dan micro USB. Anda juga bisa menggunakan mikrofon dan headphone eksternal yang sama dengan RX10 II. Berbicara tentang baterai, kinerja daya tahannya hampir sama dengan pendahulunya. Sebagai info tambahan, kamera Sony ini dibanderol sekitar USD1.700 saat dirilis pada Oktober kemarin di pasaran Amerika Serikat. So, tertarikkah Anda dalam membeli kamera compact sport andalan Sony ini?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Kamera

Unbox.id – Sony Electronics telah bermitra dengan Associated Press (AP) untuk menguji teknologi autentikasi kamera guna membuktikan keaslian foto. Pengujian putaran kedua untuk teknologi...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Sony baru saja meluncurkan dua kamera barunya di Indonesia, Alpha 7C II dan Alpha 7CR, serta menambahkan kedua kamera tersebut ke dalam...

Hardware

Unbox.id – Sony Corporation adalah perusahaan teknologi global yang terkenal dengan berbagai produk inovatif mereka di berbagai sektor. Dari hiburan hingga elektronik konsumen, Sony...

Spesifikasi & Harga

Last updated on 30 Oktober, 2022 Unbox.id – Sebuah kamera yang mumpuni dan juga canggih pastinya bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk...