Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Bersihkan Cache di Komputermu dengan Cara Ini

Aplikasi menyimpan  data sementara atau cache untuk mempercepat proses kerjanya. Sebagai efeknya, beberapa bagian dari memori harus terpotong untuk menyimpan data-data sampah tersebut.

Memiliki memori yang terbatas adalah masalah bagi pengguna perangkat, baik itu komputer maupun ponsel. Masalah pun bertambah, saat kapasitas ruang penyimpanan semakin menipis, penuh dengan data-data yang semuanya hampir sangat penting, karena harus digunakan dikemudian hari, seperti foto, dokumen, musik, atau video.

Sebagai alternatifnya, pengguna harus sering membersihkan data cache, yang menurut saya data ini pun data yang sangat penting meskipun tidak berdampak secara langsung bagi pengguna. Sebagai konsekwensinya, seseorang harus sedikit bersabar untuk menjalankan aplikasi karena aplikasi harus membuat data baru untuk menjalankan setiap proses komputasinya.

Cache, yang notabene adalah data sementara yang dapat diakses kembali oleh aplikasi saat menjalankan proses yang sama, dapat sangat berguna bagi sebagian orang saat menjalankan sebuah aplikasi. Contoh yang paling kentara adalah aplikasi cache yang digunakan pada browser yang sering kita gunakan.

Saat browser mengunjungi laman situs untuk pertama kali, browser akan menyimpan data-data dari laman tersebut. Dan pada saat situs tersebut mengunjungi situs yang sama untuk kedua kali, browser akan cenderung memilih menggunakan data yang telah disimpan sebelumnya dari pada mengunduh ulang data-datanya.

Namun, sebagai gantinya, beberapa persen kapasitas memori internal akan terisi dengan data-data sampah tersebut. Bagi pengguna dengan perangkat bermemori terbatas, ini akan membuat memori ponsel penuh, dan merelakan untuk menghapusnya. Tapi jika memiliki perangkat dengan memori yang cukup lega, saya sih lebih menyarankan untuk tidak menghapus data-data cache ini.

Cara Menghapus Cache di Laptop Windows 10 tanpa Menginstal Aplikasi

Secara default,  sistem operasi Windows 10 memiliki pengaturan yang dapat digunakan untuk menghapus data-data sementara seperti yang disebutkan di atas. berikut ini cara menghapus cache tanpa menggunakan aplikasi tambahan di Windows 10:

 

  1. Buka Setting (Anda dapat membuka Setting dengan menekan tombolWindows kemudian memilih ikon gigi/ikon yang biasa digunakan untuk ikon pengaturan, atau dengan menekan tombol Windows bersamaan dengan menekan tombol I di keyboard).
  2. Pilih menu System, kemudian pilih menu Storage, dan pilih partisi This PC (C).
  3. Cari dan klik pada Temporary Files, centang Temporary Files untuk menghapus cache, namun jika ingin mengosongkan folder Download maka Anda dapat mencentang Download Folder, dan jika ingin mengosongkan Recycle Bin maka Anda dapat mencentang juga Empty Recycle Bin.
  4. Klik Remove Files.

Cara-cara di atas merupakan mudah menghapus cache tanpa menggunakan aplikasi tambahan di Windows 10.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hardware

Jakarta, Unbox.id — AOOSTAR belum lama ini telah meluncurkan perangkat komputer personal (PC) andalan baru di Tiongkok. Perangkat komputasi dengan fitur canggih tersebut memiliki...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Asus semakin memperluas kehadirannya di India dengan investasi baru dan peluncuran produk. Menyusul pengumuman turnamen e-sports ROG All-Women Valorant baru-baru ini,...

Unboxing

Jakarta, Unbox.id – Geekom, merek mini PC yang sudah terkenal memproduksi model berperforma tinggi, kembali menciptakan alternatif lain untuk PC desktop biasa.  Secara khusus,...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Salah satu produsen komputer dengan brand Minisforum, saat ini kabarnya telah memperluas Seri Neptune dengan merilis produk terbarunya. Produk baru tersebut...