Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Cara Meningkatkan Kualitas Kamera Smartphone Android

Last updated on 19 November, 2017

Kamera ponsel kini menjadi alat terpopuler di dalam dunia fotografi, tentu saja karena lebih mudah dalam membawanya. Ponsel pintar memang pas di saku kalian daripada membawa kamera DSLR yang jauh lebih besar dan agak ribet ketika membawanya. Fenomena ini telah membawa pengaruh besar pada beberapa aplikasi di ponsel, khususnya bagi ponsel Android. Akan tetapi, banyak orang yang masih belum mengetahui, cara meningkatkan kualitas kamera smartphone android. Sehingga kualitas yang didapat bisa seperti menggunakan kamera DSLR.

Mengetahui pengaturan kamera ponsel

Pertama, jangan terlalu bergantung pada fitur auto mode dari bawaan ponsel kalian. Kalian harus tau setting-an dari ponsel, untuk mencapai kualitas gambar terbaiknya. Meskipun tiap-tiap ponsel memiliki pengaturan yang berbeda, sebagian besar ponsel memiliki fitur-fitur umum pendukung kamera seperti meng kontrol fokus, exposure, white balance dan ISO.

Harus diperhatikan juga bahwa beberapa kamera mengunci exposure dan fokus secara bersamaan sehingga ini bisa memungkinkan kalian lebih fokus pada objek yang akan kalian ambil gambarnya. Selain itu kalian bisa juga menggunakan pengaturan yang ada di dalam ponsel, seperti white balance yang mana ada empat pengaturan yang bisa kamu pilih dan sesuaikan. Cara terbaik adalah mencocokkan atau menyesuaikan pengaturan-pengaturan kamera tersebut dengan lingkungan sekitar kamu agar pencahayaan pada objek yang akan kamu ambil menjadi lebih baik.

Sebagai contoh, pada pengaturan Cloudy dan Daylight lebih cocok untuk pengambilan gambar secara outdoor atau di luar ruangan, sedangkan untuk Fluorescent dan Incandescent lebih cocok digunakan ketika objek gambar berada di dalam ruangan. Itu cara pertama untuk meningkatkan kualitas kamera smartphone android.

Menaikkan Resolusi Pada Kamera

Cara Meningkatkan Kualitas Kamera Android yang kedua. Resolusi kamera dibutuhkan untuk mengambil gambar lebih baik lagi. Semakin tinggi resolusi yang kalian atur maka semakin bagus juga hasil foto yang kalian dapat. Dan sebisa mungkin hindari untuk menggunakan zoom foto, supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Gunakan kamera belakang

Kamera yang ada di dalam ponsel ikut mempengaruhi kualitas gambar yang akan diperoleh saat pengambilan gambar. Biasanya kamera didepan memiliki spesifikasi resolusi rendah sehingga hasil yang didapat maih jauh dari harapan, dan kamera belakang pada ponsel lebih memiliki resolusi dan megapixel yang lebih sehingga, gambar yang didapat lebih istimewa.

Lensa Attachable

Cara meningkatkan kualitas kamera android selanjutnya adalah menggunakan attachable lensa. Jika kalian ingin mendapatkan banyak pilihan lensa, cobalah untuk menggunakan attachable lensa sesuai dengan tipe smartphone yang kamu gunakan. Lensa fish eye lebih banyak digunakan para anak muda untuk ber grufie ria bersama teman-temannya. Tidak hanya fish eye saja, banyak pilihan lensa yang bisa kalian gunakan di attachable lensa

Pencahayaan yang baik

Cara meningkatkan kualitas kamera android berikutnya adalah dengan pencahayaan yang baik. Biasanya, saat pengambilan gambar masalah yang sering kita alami ada dari sisi pencahayaan, pencahayaan yang baik juga mempengaruhi gambar yang akan didapat.

Sebisa mungkin, Untuk Cara Meningkatkan Kualitas Kamera Android cobalah untuk mengambil foto di bawah pencahayaan alami. kamu dapat melakukannya dengan pergi ke dekat jendela atau pintu saat mengambil foto di dalam ruangan, dan sumber cahaya seperti lampu-lampu neon atau lampu jalan saat memotret di luar ruangan. Selain itu, hindari penggunaan lampu belakang saat mengambil gambar, kecuali jika kamu ingin mengambil gambar dengan efek siluet.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Smartphone saat ini dipercantik dengan kamera yang hasilnya mendekati kamera profesional. Tetapi sekarang pengguna tidak dapat menggunakannya langsung untuk melakukan streaming ke...

Apps & Games

Last updated on 14 Maret, 2022 Jakarta, Unbox.id – Di era teknologi yang semakin maju ini, banyak sekali hal yang bisa kita lakukan melalui...

Apps & Games

Last updated on 9 Maret, 2022 Jakarta, Unbox.id – Walaupun smartphone saat ini banyak yang sudah dibekali aplikasi kamera bawaan yang canggih, namun sebagian...

How To

Jakarta, Unbox.id – Fotografi makro adalah sebuah teknik pengambilan gambar untuk mendekatkan tangkapan ke objek untuk memperlihatkan banyak detail yang bisanya tidak terlihat dengan...