Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

5 Aplikasi Android Terbaik Atasi Kecanduan Smartphone

Di era teknologi seperti sekarang ini, smartphone sejatinya sangat berguna untuk mendukung segala aktivitas yang kita lakukan. Seperti misalnya berbisnis, bersosialisasi, atau hanya sekedar mencari berita-berita dan informasi terkini. Namun, tentu saja smartphone mempunyai banyak dampak negatif  jika kita menggunakannya secara berlebihan. Seperti misalnya bisa berdampak buruk untuk kesehatan, kurang fokus terhadap pekerjaan yang sedang kita lakukan, atau menurunnya kualitas kita dalam bersosialisasi dengan teman-teman di lingkungan sekitar. Kali ini unbox akan mengulas 5 aplikasi yang ampuh di android untuk mengatasi kecanduan smartphone, yuk kita simak sama-sama.

1. Quality Time – My Digital Diet

Dengan fitur mode Take a Break, aplikasi yang satu ini bisa membuat kamu mengatur masa waktu penggunaan smatphone kamu. Nantinya aplikasi ini akan mengeluarkan notifikasi jika kamu sudah terlalu lama menggunakan smartphone. Kamu juga bisa mengatur waktu maksimal untuk menggunakan aplikasi tertentu. Pada fitur Scheduled Break kamu bisa membuat waktu “berjauhan dengan smartphone” dengan tinggal meng-klik fitur ini pada aplikasi yang dipilih. Selain itu, kamu juga bisa memblokir aktivasi pada smartphone dan mematikan fungsi panggilan telepon masuk. Kamu bisa menyesuaikan fitur ini disaat sedang bekerja. Kelebihan lain dari penggunaan aplikasi ini adalah bisa menghemat penggunaan paket data.

2. Forest: Stay Focused

Aplikasi yang satu dikemas layaknya game, kamu tinggal memilih jenis tanaman yang kamu inginkan, memberinya label dan merawat hutan virtual yang sedang kau tanam dengan baik. Ketika kamu ingin mulai bekerja, kamu bisa mengatur waktu dengan timer yang ada di aplikasi ini, dan kemudian pohon virtual akan mulai ditanam dan tumbuh. Jika kamu tidak bisa menahan diri untuk membuka aplikasi pada smartphone disaat timer sedang berjalan, maka pohon yang sudah kamu tanam tidak akan tumbuh atau bahkan kering sampai mati.

3. (Offtime) – Distraction Free

Aplikasi ini berfungsi untuk membebaskan kamu dari notifikasi yang mengganggu, sehingga kamu tidak perlu sering-sering menengok smartphone untuk mengecek notifikasi yang masuk. Kamu akan diminta untuk membuat profil ketika pertama kali menggunakan Offtime. Aplikasi ini menawarkan empat fitur profil yang bisa kamu pilih, yaitu Unplugging, Focused Work, Sleep, dan Other. Kamu juga bisa mematikan suara notifikasi, memblokir panggilan telepon dan SMS, menonaktifkan koneksi internet, auto-reply via SMS, dan membatasi akses sejumlah aplikasi. Dengan aplikasi ini kamu bisa mempunyai lebih banyak waktu bersama keluarga atau orang terdekat kamu, tanpa harus menengok notifikasi di smartphone kamu.

4. ClearLock: Block Distractions!

Nah kalau aplikasi yang satu ini menawarkan fitur utama untuk memblokir aplikasi-aplikasi di smartphone. Aplikasi yang sudah kamu pilih untuk diblokir nantinya benar-benar tidak bisa digunakan untuk sementara waktu. Kamu bisa mengatur waktu pemblokiran mulai dari 10 menit hingga 12 jam. Dengan aplikasi ini, kamu bisa lebih fokus terhadap pekerjaan kamu.

5. Phone Addiction Blocker

Yang terakhir adalah aplikasi Phone Addiction Blocker. Aplikasi ini menawarkan fitur utama untuk mengunci smartphone. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengatur lamanya waktu smartphone terkunci. Aplikasi ini di-design dengan tampilan yang simpel  berukuran hanya 1,4 MB. Meskipun begitu, aplikasi ini benar-benar menawarkan fitur yang powerfull bagi anda jika ingin mengatasi kecanduan pada smartphone. Kamu tinggal meng-klik tombol Setting untuk mengatur lama waktu smartphone terkunci, dan mengklik tombol Start untuk mulai mengunci. Setelah kamu menekan tombol start kamu tidak bisa membatalkan penguncian, sehingga kamu benar-benar tidak bisa menggunakan smartphone kamu, meskipun kamu sudah mematikan smatphone kamu dan menyalakannya kembali. Aplikasi ini juga menawarkan Powerful Lock Mode yang jika diaktifkan pengguna tidak bisa menghapus aplikasi ini.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id — Brand ponsel pintar Poco baru-baru ini mengonfirmasi akan meluncurkan Poco X6 Neo pada 13 Maret di pasar India. Ponsel cerdas yang...

Huawei

Jakarta, Unbox.id — Huawei akan memperluas seri Nova 12 dengan memperkenalkan model baru, Huawei Nova 12i. Seri yang pertama kali meluncur di China tahun...

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Ponsel cerdas Vivo baru, dengan nomor model V2324HA, baru-baru ini muncul di database Sertifikasi Radio Tiongkok dan platform benchmarking Geekbench. Ada...

Motorola

Jakarta, Unbox.id — Motorola kali ini tengah mempersiapkan meluncurkan ponsel baru di pasar bernama Moto Edge 50 Pro. Perangkat yang sama ini akan debut...