Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kamera

Review Kamera Olympus PEN E-PL8 Nan Ramping Namun Tangguh

Kamera digital Olympus PEN E-PL8 ini merupakan pembaharuan dari model pendahulunya E-PL7 dengan desain ulang yang lebih menawan. Ya, kamera ini memiliki desain body ramping dan mudah digunakan serta dengan harga yang masih terjangkau meskipun dibekali spesifikasi yang membuatnya cukup tangguh di kelasnya.  Berikut review kami tentang kamera besutan Olympus ini.

Spesifikasi

Basic Specifications
Full model name: Olympus PEN E-PL8
Resolution: 16.10 Megapixels
Sensor size: 4/3
(17.3mm x 13.0mm)
Kit Lens: 3.00x zoom
14-42mm
(28-84mm eq.)
Viewfinder: No / LCD
Native ISO: 200 – 25,600
Extended ISO: 100 – 25,600
Shutter: 1/4000 – 60 seconds
Max Aperture: 3.5 (kit lens)
Dimensions: 4.6 x 2.7 x 1.5 in.
(117 x 68 x 38 mm)
Weight: 17.2 oz (487 g)
includes batteries, kit lens
Availability: 10/2016
Manufacturer: Olympus

Desain

Olympus PEN E-PL8 ini kami akui sebagai kamera dengan desain yang cantik dengan lensa QZuiko 17mm f / 1.8 (34mm eq.) yang mungil dan kompak serta beberapa spesifikasi pendahulunya yang telah terbukti tangguh di kelasnya. Dan harganya masih terjangkau pula, yakni sekitar USD549.

Kinerja Beberapa Fitur

Pada generasi pendahulunya yakni Olympus PEN E-PL7, fitur jendela bidiknya masih kurang oke. Rupanya pada kamera Olympus PEN E-PL8 masih juga menampilkan kekurangan itu. Jadi soal ini, jendela bidik di E-M10 Mark II dan kamera O-MD lainnya masih lebih baik dari kamera digital ini. Namun dari sisi jendela bidik elektronik VF-4 opsional add-onnya , kamera ini masih sangat bagus. Sehingga membuat sang pengguna mampu melupakan kekurangan pada jendela bidiknya.

Sementara dari sisi tombol kontrol, kamera digital model ini bila dibandingkan dengan E-M10 II masih kurang bagus karena hanya ada satu tombol kontrol sport. Model E-M10 II memang lebih serbaguna dalam melakukan penyesuaian tombol on-the-fly, namun sekali lagi kami ingatkan bahwa produk Olympus PEN E-PL8 ini dikenal dengan desain dan penampilannya yang ramping, sehingga seperti halnya model apapun, selalu ada trade-off yang harus dilakukan. Jadi kamera ini terbilang  masih cukup mudah menyesuaikan diri dengan menggunakan pengontrol 4 arah belakangnya.

Sekarang kita beralih ke fitur galerinya, saat kamera Olympus PEN E-PL8 ini digunakan untuk mengambil beberapa variasi dari jenis gambar dengan bantuan kombinasi kedua lensa kit serta sejumlah lensa utama M.Zuiko di berbagai focal length, hasilnya memang menakjubkan. Bahkan dengan lensa Four Thirds oldnya dan foto tele prima Zuiko 150mm f/2-nya, kamera ini masih bekerja sangat mumpuni (meski agak berat).

Karena desain kamera digital Olympus PEN E-PL8 ini sangat ramping dan compact meski ada jendela bidik elektronik VF-4-nya, ini sangat mudah dibawa kemanapun hingga pengguna bisa terbebas dari masalah tas penuh karena turut membawa lensa yang lebih besar. Ya, lensa kit pada kamera ini termasuk salah satu lensa potret terbaik yang pernah dibuat, M.Zuiko 75mm f/1.8. Bersama dengan VF-4-nya dengan cepat mengubah kamera Olympus PEN E-PL8 menjadio sebuah mesin kecil yang tangguh yang bisa menghasilkan hasil potret dengan kesan yang sangat kuat. Jadi bisa dikatakan fitur VF-4 kamera ini mampu mengalahkan EVF yang terpasang secara permanen untuk fleksibilitas pada beragam jenis jepretan/tembakan/shooting.

https://www.youtube.com/watch?v=XIptHnrlR98

Kesimpulan

Mengingat gaya desain yang atraktif dan nuansa presisi dari kamera Olympus PEN E-PL8 ini, kami rasa kamera ini bisa mengalahkan smartphone mana pun yang saat ini yang biasanya sudah sangat mumpuni kamera untuk bisa dibawa kemanapun –setidaknya untuk para fotografer. So, tertarikkah Anda Akan kamera digital Olympus PEN E-PL8 ini?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Sony

Unbox.id – Ada banyak kamera dengan fitur Near Field Communication (NFC) di pasaran. Berbagai produsen kamera mulai dari Canon, Sony, Samsung, dan Panasonic bersaing...

Kamera

Jakarta, Unbox.id – Kamera digital memiliki desain yang mungil dan dianggap sangat praktis, tetapi kamera digital yang macet menjadi salah masalah yang kerap ditemui....

Spesifikasi & Harga

Berpergian, baik itu untuk keperluan pekerjaan atau berlibur kini telah menjadi kebiasaan masyarakat modern. Nah, salah satu perangkat wajib yang kita butuhkan saat traveling...

Kamera

YI M1 ini merupakan salah satu produk kamera Mirrorless buatan China yang memang belum dikenal oleh banyak orang, terutama oleh para pencinta dunia fotografi....