Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kamera

Canon SX730 HS : Kamera Ringkas dengan Superzoom 40 Kali

Dengan zoom optikal 40x, kamera Compact Canon SX730 HS ini memang dirancang untuk keluarga yang sedang berlibur ataupun kegiatan luar ruangan. Pendahulunya, SX720 HS, adalah superzoom saku pertama di dunia saat diluncurkan tahun 2016 lalu, dan kini Canon SX730 HS didesain berdasarkan formula fotografi outdoor masa kini. Meskipun memiliki rentang fokus fokus 24-960mm yang sama dan sensor 20,3 megapiksel, tetapi PowerShot dari Canon SX730 ini menawarkan beberapa mode pemotretan baru, layar flip-up dan konektivitas Bluetooth. Berikut ini review-nya yang berdasarkan spesifikasi dan perfomanya;

Spesifikasi dasar

24-960mm equivalent built-in lens (40x zoom)

Compact form factor

Tilting 3-inch display

20.3-megapixel Sensor

Full HD video at up to 60 frames per second

Continuous shooting at nearly 6 frames per second

Built-in Wi-Fi, NFC and Bluetooth

Camera body: Compact size despite 40x optical zoom lens

Desain

Dengan dimensi sekitar 4,3 x 2,5 x 1,6 inci atau 110,1 x 63,8 x 39,9 milimeter dan berat 10,6 ons atau 300 gram dengan baterai dan kartu, Canon SX730 adalah kamera yang lebih dari pendahulunya karena mampu membenamkan lensa zoom optikal 40x ke dalam kamera, namun membuatnya tetap dapat dengan ringkas dimasukkan dalam kantong. Lensa ekuivalen 24-960mm-nya menawarkan rentang aperture maksimum f/3.3-6.9 dengan rentang fokus fokus 4.3-172mm serta memiliki stabilisasi gambar optik untuk membantu menjaga agar jepretan tetap stabil, terutama di ujung lensa tele-nya.

Kamera Canon SX730 HS ini cukup ramping  dan memiliki kontrol yang mudah digunakan bagi siapa saja yang sudah  pernah menggunakan kamera kompak. HS SX720 memiliki tombol mode di bagian belakang kamera di samping jempol, namun pada seri SX730 HS ini, tombolnya pindah tempat ke bagian atas kamera. Selain itu tata letak keseluruhannya hampir sama. Oerbedaan juga ada pada di bagian belakang kamera, yakni display yang ditingkatkan kualitasnya, serta dapat di flip up.

Kinerja beberapa spesifikasi dan fitur Canon SX730 HS

Meski masih menggunakan sensor CMOS 1 / 2.3 inci CMOS 20,3 megapixel yang sama dengan pendahulunya, namun kamera Canon SX730 HS ini memilik batas ISO yang lebih tinggi dalam jangkauan aslinya, yakni 80-3200. Selain itu, dengan prosesor gambar DIGIC 6, Canon PowerShot SX730 HS menawarkan kecepatan pemotretan yang layak secara kontinyu yang identik dengan pendahulunya. Saat merekam gambar dengan One-Shot autofocus, kamera bisa menangkap gambar JPEG hingga 5,9 frame per detik.

Tetapi ingat saat memotret dengan autofocus terus menerus akan  bisa memperlambat kamera hingga 4,6 fps, bahkan jauh lebih menjadi 2,3 fps. Namun menariknya, kamera ini sudah menggunakan sistem autofocus yang mendeteksi kontrasnya warna.

Di sisi baterai, kamera ini masih menggunakan baterai NB-13L hingga mampu melakukan 250 tembakan atau 355 tembakan dalam mode ECO khusus dan bisa diisi ulang melalui USB. Itu rating yang sama dengan pendahulunya.

Seperti pendahulunya, kamera ini juga dilengkapi konektivitas Wi-Fi dan NFC built-in. Area perbaikan di Canon SX730 HS ini adalah adanya konektivitas Bluetooth, yang menjaga hubungan antara kamera dan perangkat pintar Anda tanpa perlu menyambung kembali ke Wi-Fi setiap kali Anda ingin berbagi atau mentransfer gambar. Dengan memasangkan kamera ini ke smatphone pengguna yang kompatibel, memungkinkan untuk menggunakan informasi GPS ponsel untuk memberi geotag pada file gambar Anda. Pilihan koneksi lainnya termasuk HDMI out melalui HDMI Type-D dan Hi-Speed ​​Micro-B USB, yang memungkinkan koneksi langsung ke printer Canon Selphy dan Pixma.

Perfoma Pemotretan dan video

Dengan berbagai mode pemotretan, Canon SX730 HS bisa merekam gambar JPEG (dengan beberapa ukuran dan dua pilihan kompresi) dalam beragam situasi. Andapun bisa memotret di mode Auto Program, Auto Hybrid Otomatis dan Auto, serta mode Aperture-Priority, Shutter-Priority atau Full Manual pada kamera compact ini. Dibekali – 2 EV kompensasi eksposur, mode Creative Shot dan fitur berbagai efek khusus, termasuk efek Miniatur, Kamera Play, Monokrom, Super Vivid dan Poster serta masih banyak lainnya lagi memungkinkan pengguna bisa berpetualang dengan kamera Canon ini.

Bagi fotografer potret profesional, jangan khawatir karena kamera Canon SX730 HS  ini menyediakan pemotretan Potret, Smile, Wink Self-Timer dan Face Self-Timer. Timer otomatis tersedia dalam durasi 2 dan 10 detik, dan ada juga pengaturan durasi khususnya serta tampilan miring dan mode Self Portrait baru.

Di sisi perfoma video, kamera compact Canon SX730 HS ini bisa merekam video Full HD (1920 x 1080) hingga 60p (59,94 fps) –  Catatan kamera dalam format file MP4 dengan kecepatan bit 35 Mbps. Batas perekaman klip tunggalnya adalah 29 menit dan 59 detik.

https://www.youtube.com/watch?v=lNKTJDBt2Y0

Harga Canon SX730 HS

Kamera compact Canon SX730 HS tersedia mulai Juni 2017 lalu dengan harga eceran sekitar US $ 400 atau sekitar Rp 5,2 juta deengan dua warna pilihan, yakni hitam dan perak.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Kamera

Unbox.id – Manfaat kamera mirrorless dalam dunia fotografi modern tidak bisa dianggap remeh. Alasannya karena keunggulan kamera mirrorless telah merevolusi cara fotografer memandang proses...

Kamera

Unbox.id – Jenis kamera yang digunakan sangat penting bagi setiap orang sebelum memasuki dunia fotografi. Pasalnya dengan memahami detail kamera, maka hasil pengambilan momen...

Kamera

Jakarta, Unbox.id – Xiaomi baru-baru ini memperluas jajaran perangkat rumah pintarnya dengan memperkenalkan kamera luar ruangan PTZ (Pan-Tilt-Zoom) CW500. Kamera tersebut kini sudah tersedia...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Jika Anda sedang mencari kamera mirrorless yang ringan, mudah digunakan, dan tidak mengeluarkan banyak biaya, Canon R100 bisa menjadi pilihan yang tepat....