Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kamera

Sony a7R III Luncur Andalkan AF Kilat dan FPS Tinggi, Ini Hasilnya

Kamera mirrorless resolusi tinggi terbaru dari Sony kini telah resmi hadir. Lama dibicarakan akhirnya a7R III datang juga membawa sensor 42.4MP backside-illuminated tanpa filter aliasing, persis seperti pendahulunya. Perbedaannya adalah di seri terbaru ini ada ketambahan joystick pilihan titik fokus, tombol AF-On, dan slot kartu SD ganda.

Kita juga akan mendapatkan soket flash sync serta baterai berkapasitas lebih tinggi dan jendela bidik elektronik beresolusi tinggi yang sama seperti seri flagship Sony α9.

Sony a7R III dibekali prosesor Bionz X yang lebih cepat, yang dikombinasikan dengan low-vibration shutter yang didesain ulang memungkinkan pemotretan 10 frame per detik dengan fokus otomatis penuh dalam mode electronic shutter.

Alhasil, a7R III dapat menangkap total 87 file kompresi atau 28 file RAW non kompresi secara berurutan. Stabilisasi 5 axis yang tertanam di dalam body telah diperbarui dan menerima 5.5 rating steop, dengan standar CIPA.

Selain itu, baterai baru pun digunakan dengan seri NP-FZ100 dari Alpha 9, yang menjanjikan daya hidup yang lebih panjang dari a7R II sebelumnya. Dengan baterai ini, ia mendapatkan rating CIPA, 650 tembakan dengan LCD dan 530 tembakan dengan EVF. Sebuah kamera mirrorless yang tangguh bukan?

Sony a7R III ini juga bisa menangkap video resolusi 3840 x 2160 UHD 4K dalam mode full frame atau Super 35, yang pada dasarnya menggunakan full frame yang di-crop jadi APS-C. Sama seperti a7R II yang luncur tahun lalu, ada perbedaan kualitas, di mana mode full frame menghasilkan cuplikan yang lebih noisy, kurang tajam dan dynamic range yang agak buruk. Nah, mode Super 35 di sini akan menghasilkan video yang lebih tajam.

Salah satu fitur kegemaran fotografer lanskap adalah Multi-shot Resolution Mode baru. Mirip dengan frame Pentax K-1 Pixel Shift, ia menangkap beberapa gambar sambil menggerakkan sensor di antara setiap tembakan sehingga setiap posisi piksel memiliki satu piksel merah, satu biru dan dua piksel hijau. Hasil akhirnya adalah gambar yang jauh lebih tajam dengan noise terendah.

Berbeda dengan Pentax, sayangnya Sony a7R III tidak bisa menggabungkan gambar di kamera, namun menyediakan perangkat lunak gratis yang dapat digunakan untuk post editing. Terakhir, Sony a7R III akan mulai dijual pada akhir bulan November dengan harga yang direkomendasikan sebesar $3199 atau sekitar Rp 43 jutaan body only. Penasaran? Berikut contoh videonya.

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga