Connect with us

Hi, what are you looking for?

Huawei

Adu Kamera Huawei Mate 10 Pro vs Huawei Mate 9

Huawei kini memiliki seri Mate 10 yang sudah cukup lama dinantikan penggemarnya. Mungkin prosesor ataupun spesifikasi lain dari smartphone ini tak ada yang mengejutkan, tapi ada sebuah fitur yang digembar-gemborkan Huawei yang membuat perangkat ini menarik yaitu artificial intelligence atau machine learning.

Mate 10 dan 10 Pro memiliki set up dual camera yang diperbarui yang didukung oleh Leica dan Huawei. Menggunakan sensor yang sama dengan Mate 9, ia hadir dengan lensa berbeda di f/1.6 yang lebih terang.

Aplikasi kamera juga telah di-upgrade menggunakan NPU baru di dalam chip Kirin 970 dapat mengidentifikasi hingga 14 scene yang berbeda dan secara otomatis menyesuaikan parameter untuk menghasilkan gambar yang lebih baik. Algoritma pembelajaran yang mendalam mampu meningkatkan kualitas zoom digital hibrida dan gambar aperture variabel.

Jadi, baik Huawei Mate 9 dan Mate 10 Pro hadir dengan pengaturan dual-kamera yang mengemas 12MP warna dan sensor monokrom 20MP. Smartphone-smartphone ini juga memiliki gabungan 4 teknologi auto fokus termasuk laser AF, depth detection, contrast detection dan phase detection AF.

Sensor Mate 9 hadir dengan lensa f/2.2, sedangkan Mate 10 Pro memiliki aperture f/1.7. Penasaran bagaimana hasil tangkapannya? Berikut perbandingan Huawei Mate 10 Pro vs Huawei Mate 9.

Siang Outdoor

Pertempuran dimulai siang hari, di luar ruangan. Sekilas hasil tangkapan serupa, walau jika kita tilik lebih teliti lagi Huawei Mate 10 Pro lebih baik dengan detail frekuensi tinggi, di mana daun, rumput dan pohon terlihat lebih jelas  dengan tekstur yang lebih banyak.

Komposisi warna cukup mirip, namun kontrasnya berbeda secara signifikan di antara kedua perangkat. Mate 9 memiliki rentang dinamis yang lebih baik, sedangkan Mate 10 kadang meningkatkan kontras terlalu banyak dalam beberapa scene dan merusak dynamic range. Dalam hal ini, Mate 10 Pro menang dalam detail atas Mate 9.

Mate 10 Pro menangkap lebih detail terutama pada bangunan, namun rentang dinamis yang lebih rendah membawa beberapa kerugian dalam bayangan dan highlight. Kami berharap ini adalah masalah dengan unit pra-produksi dan perangkat lunak pra-rilis.

Sunset Outdoor

Matahari akan segera terbenam, di sini Mate 10 Pro kelihatan kehilangan sebagian besar jumlah detail, menghasilkan sedikit noise sementara rentang dinamiknya setara dengan Mate 9. Mate 10 Pro juga lebih akurat dengan warna yang agak lebih konservatif dengan warna kuning dan oranye. Sementara gambar dari kedua ponsel sangat bagus, Mate 10 Pro menunjukkan perbaikan yang nyata di sini.

Low Light

Nah kini kita akan membawa keduanya ke kondisi rendah cahaya. Sementara Mate 9 menangkap beberapa tangkapan yang bagus, Mate 10 Pro memotret pada ISO rendah dan berhasil menjaga agar tingkat kebisingan lebih rendah dari Mate 9 dan mempertahankan detail lebih banyak. Sekali lagi, gambar Mate 10 mengalami rentang dinamis yang lebih rendah.

Monokrom

Kurangnya filter warna memungkinkan snappers monokrom pada kedua pasangan untuk menangkap sampel hari dan cahaya rendah pada ISO rendah, rana lebih cepat, dan dengan detail yang lebih halus dari pada sampel RGB. Mate 10 Pro memiliki keuntungan dari aperture yang lebih lebar, yang seharusnya memberikan keunggulan pada kondisi rendah cahaya.

Sayangnya, Mate 10 Pro gagal untuk mengesankan di sini dan Mate 9 benar-benar menangkap tembakan yang lebih baik. Entah itu masalah pra-produksi atau tidak, tapi kita akan tahu saat versi full-nya sudah datang. jadi menurut Anda Huawei Mate 10 Pro vs Huawei Mate 9 siapa juaranya?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Samsung telah resmi meluncurkan smartphone terbarunya untuk seri Galaxy M, yaitu Galaxy M14 5G. Sama seperti pendahulunya, smartphone ini dibekali baterai besar....

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Samsung telah resmi meluncurkan smartphone mid-range seri A terbarunya untuk pasar Indonesia, yaitu Galaxy A34 5G dan Galaxy A54 5G. Setelah bocoran...

Handphone & Tablet

Unbox.id – Riset terbaru menunjukkan bahwa Samsung tetap menjadi salah satu produsen smartphone papan atas di Indonesia. Hal ini tak lepas dari teknologi mutakhir...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Pilihan smartphone mid-range semakin menarik dengan perangkat baru dari realme. Sebagai brand smartphone yang berhasil menjadi TOP 5 di pasar global (berdasarkan...