Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motorola

Xiaomi Mi A1 vs Moto G5S Plus, Mana Lebih Baik?

Dalam artikel komparasi kali, tim unbox.id akan membahas tentang perbandingan dua ponsel baru dari kelas menengah yang sama-sama dibanderol dengan harga harga 3 juta-an Rupiah, yakni Xioami Mi A1 dengan Moto G5S Plus. Dilihat dari hargannya yang hampir sama (bisa dibilang hanya berbeda ratus ribuan saja), tentunya akan menarik untuk melihat perbandingannya, baik itu dari sisi design atau beli antara kalian pilih, ponsel Xiaomi Mi A1 kah? Atau Moto G5S Plus kah? Langsung simak saja bahasan tentang Xiaomi Mi A1 vs Moto G5S Plus berikut ini;

Desain Body dan Baterai

Kedua ponsel kelas menengah ini dibekali logam unibodies dan dual rear-cameras. Kamera menempel di belakang, tapi benjolannya lebih menonjol di Moto G5S. Desain keseluruhannya cukup mirip, dengan sisi dan tepi melengkung yang sedikit bergoyang di permukaan rata, dan pita antena menjulur di sepanjang bagian atas dan bawah. Lantas dimana perbedaan besarnya? Yakni di posisi pemindai sidik jari. Xioami Mi A1 ini telah dibekali pemindai di bagian belakang, seperti kebanyakan ponsel keluaran terbaru saat ini. Sedangkan Moto G5S Plus masih mengikuti gaya Motorola yang memiliki pemindai sidik jari di dagu ponsel, maka dari itulah dibawah layar Moto G5S Plus sedikit lebih tebal, 9.5mm. Selain itu, Xiaomi Mi A1 ini merupakan ponsel sliver 7.3mm, meski memiliki baterai lebih besar yakni sebesar 3080mAh, sedang Moto G5S Plus dengan baterai 3000mAh. Dengan demikian, dari sisi ini, Xiaomi Mi A1 lebih unggul dari Moto G5S Plus.

Spesifikasi

Dari sisi spesifikasi, keduanya hampir dibekali dengan hal yang sama, yakni display full-HD 5,5 inci (1080×1920 piksel), Snapdragon 625 SoC, dengan RAM 4GB, dan penyimpanan internal 64GB serta slot dual-SIM hybrid dimana slot kedua bisa menampung SIM atau kartu microSD. Namun dari sisi display dan detail spesifikasinya, Moto G5S Plus terlihat sedikit lebih baik dari Xiaomi Mi A1.

Performa

Meski memiliki spesifikasi yang sangat mirip, setelah dites, Xiaomi Mi A1 ini mendapatkan nilai lebih dari sisi kinerja performanya. Moto G5S Plus berjalan sedikit lebih panas, sementara Xiaomi Mi A1 tetap adem dan juga mencetak angka yang lebih baik. Padahal keduanya dilengkapi pengisian cepat, namun Xiaomi Mi A1 sudah dibekali kabel USB Type-C, sedangkan Moto G5S Plus masih menggunakan port Micro-USB kuno. Selain itu, Xiaomi Mi  A1 juga memiliki pemancar inframerah, yang dapat digunakan untuk mengendalikan TV atau peralatan rumah tangga, yang bisa menjadi keunggulan lainnya  dari ponsel besutan Motorolla ini.

Software

Kedua ponsel ini sama-sama berjalan di Android Nougat dan tentunya dengan sedikit penyesuaian yang disesuaikan dengan perangkatnya. Motorola melakukan hal ini untuk sementara saja, sedangkan Xiaomi Mi A1 sudah menjadi bagian dari inisiatif Android One yang dihidupkan kembali. Hal ini pula, ynag menjadikan keunggulan tersendiri bagi Xiaomi Mi A1 dari Moto G5S Plus.

Daya tahan baterai

Kedua ponsel ini memang dibekali baterai yang bagus, tapi menurut testing kekuatan baterai dalam video, Moto G5S Plus menjadi yang  terunggul. Karena ponsel besutan Motoralla ini mampu melakukan pemutaran video tanpa henti selama 11 jam dan 15 menit, sementara Xiaomi M1 A1 hanya mampu 10 jam dan 18 menit.

Kamera

Kedua ponsel diketahui melakukan pendekatan yang berbeda untuk pengaturan kamera belakang ganda yang mereka miliki. Moto G5S Plus menggunakan satu sensor RGB 13 megapiksel dan satu sensor monokrom 13 megapiksel, sedang Xiaomi Mi A1 memiliki dua sensor 12 megapiksel yang tidak jauh beda. Lalu apa yang paling berbeda? Yakni di lensa, bukan lensa tele dan standar lainnya. Berkat ini, Moto G5S Plus memang lebih baik dalam skenario kontras tinggi dan fotografi dengan fitur cahaya rendahnya, namun ingat Xiaomi Mi A1 memiliki kemampuan dalam memperbesar fokus objek berkat fitur lensa tele-nya, sehingga lebih fleksibel dan hadirnya fitur mode potret sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik daripada mode kedalaman pada Moto G5S Plus. Jadi, dari sisi ini, Xiaomi Mi A1 lebih terdepan dari Moto G5S Plus.

Bila masih penasaran, tonton video tentang Xiaomi Mi A1 vs Moto G5S Plus, berikut ini:

Gimana? Manakah ponsel yang akan kalian pilih atau beli, Xiaomi Mi A1 ataukah Moto G5S Plus? Kalian sendirilah yang menentukannya!

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Komparasi

Xiaomi Redmi Note 5 Pro telah resmi dirilis dengan beberapa fitur terbaru yang telah membuat segmen harga mid-range bahkan lebih kompetitif atau ramah untuk...

Tech News

Awal bulan Desember 2017 kemarin, pihak Xiaomi meluncurkan program beta Oreo untuk smartphone kelas atasnya, yakni seri Mi A1. Laporan awal tersebut menunjukkan bahwa...

Komparasi

Sebelumnya kami telah membahas tentang beberapa smartphone dengan kamera terbaik 2017. Kali ini kami menghadirkan bahasan baru tentang beberapa smartphone yang memiliki fitur perekaman...

Vivo

Produsen smartphone asal China memang jagonya dalam menarik perhatian pasaran gadget secara global. Bagaimana tidak, mereka kebanyakan menghadirkan smartphone dengan spesifikasi yang cukup tinggi...