Connect with us

Hi, what are you looking for?

Google

Pixel 2 XL vs iPhone X: Mana Yang Lebih Baik?

Jika membahas dunia teknologi sekarang ini, pastilah mengakui bahwa tak ada nama lain yang lebih besar dari Google dan Apple. Ya, karena mereka merupakan dua perusahaan paling bernilai atau berharga di dunia dan mereka juga bersaing ketat karena telah saling bertukar tempat beberapa kali selama setahun terakhir ini dalam hal produk teknologi mereka masing-masing.

Nah, sekarang mereka berdua baru saja mengeluarkan produk smartphone terbaru, dimana Google merilis Pixel 2 XL, sedangkan Apple mengumumkan iPhone X. Sekarang mari kita membandingkan kedua produk tersebut, Pixel 2 XL vs iPhone X.

Apple mengumumkan iPhone terbarunya beberapa minggu yang lalu, yakni seri X. Tak mau ketinggalan, Google juga menghadirkan smartphone produk terbarunya yakni Pixel 2 XL langsung diluncurkan pada minggu kemarin. Sayangnya iPhone X belum mendarat di pasaran di mana menurut rumor akan hadir 3 November mendatang, sedangkan Pixel 2 XL sudah resmi dipasarkan di seluruh dunia mulai tanggal 19 Oktober. Pixel 2 XL vs iPhone X, di atas kertas, kedua produk tersebut memang sangat cukup sebanding, baik dari sisi model dan spesifikasinya. Jadi, produk mana yang kinerjanya lebih baik? Berikut preview-nya.

Spesifikasi

Karena kedua perangkat ini baru saja diluncurkan, satu-satunya cara untuk membandingkannya saat ini adalah dengan melihat spesifikasi yang bagus. Kita mungkin sama-sama mengetahui bahwa Apple dan Google sama-sama hebat dalam mengoptimalkan perangkat lunak agar sesuai dengan perangkat keras mereka, jadi mungkin dengan membandingkan spesifikasi dan fiturnya ini bisa memberi kita indikasi yang layak mengenai model mana yang lebih baik bagi para pengguna. Berikut Pixel 2 XL vs iPhone X .

Perbandingan spesifikasi Pixel 2 XL dan iPhone X

Keunggulan Pixel 2 XL

Jelas, harga merupakan salah satu dari kekuatan terbesar produk smartphone Pixel 2 XL jika dibandingkan dengan iPhone X. Keunggulan Apple yang sesungguhnya akan terlihat belakangan setelah mereka mampu menghasilkan ribuan dolar yang jauh lebih banyak bila produknya terjual sama banyaknya. Diketahui Google hanya mengeluarkan biaya 15% lebih murah untuk membuat suatu produk dibandingkan Apple dan yang lainnya.

Layar OLED yang dibekali pada Pixel 2 XL ini menjadikannya ponsel kedua dengan layar OLED setelah ponsel terbaru LG baru-baru ini. Dan keduanya memang memiliki rasio aspek 2: 1, namun Pixel 2 XL memiliki resolusi lebih tinggi, jadi ini adalah keunggulan lain bagi Google dibandingkan produk LG dan Apple. Selain itu, di sisi RAM, Pixel 2 XL memang lebih tinggi dari iPhone X, meski kita belum bisa melihat bagaimana hal itu akan mempengaruhi performanya saat ini. Jadi ini bisa menjadi keunggulan produk Google tersebut untuk sementara ini.

Masih ada satu lagi keunggulan smartphone Pixel 2 XL, yakni dari sisi baterai. Ya, Google membekali ponsel pintar ini dengan daya sel yang kira-kira 30% lebih besar dari iPhone X, dan dengan Android dan iOS hampir setara saat menghadapi performa baterai akhir-akhir ini, maka hal ini bisa menjadi keunggulan besar bagi Google dari Apple.

Keunggulan iPhone X

Kamera pada iPhone X memang tidak mengemas cukup banyak megapixels, tetapi megapiksel  bukan menjadi permasalahannya lagi karena resolusi lebih dari cukup telah dimiliki oleh kedua perangkat ini. Jadi yang menjadi keunggulan iPhone X dari sisi kameranya adalah tentang hasil sensor pemetaan 3D yang lebih dalam lagi. Sehingga hal ini menjadi keunggulan smartphone iPhone X dari Pixel 2 XL. Selain itu, konfigurasi dual kamera belakang yang dibekalinyapun memungkinkan iPhone X menjadi lebih fleksibel dalam situasi tertentu, terutama dengan optical zoom.

Smartphone IPhone X juga memiliki bezels yang sedikit lebih kecil, meskipun Pixel 2 XL menggunakan ruang ekstra ini untuk mengemas spesifikasi dan fitur speaker depan-shot gandanya. Keungggulan lainnya yang dimiliki perangkat iPhone adalah pengisian daya nirkabel Qi yang bisa dihandalkan dibandingkan perangkat Google.

Kesimpulan

Ini benar-benar sulit untuk bisa memilih mana yang lebih baik dari Pixel 2 XL vs iPhone X , karena kedua ponsel pintar ini sama-sama mengirimkan versi OS terbaru di ekosistemnya masing-masing, dimana kita sudah mengetahui bahwa keduanya diproduksi oleh perusahaan yang menciptakan dua sistem operasi mobile terdepan untuk saat ini. Kedua ponsel ini memiliki kamera yang benar-benar yahud, dengan iPhone X memiliki lensa ganda, sedangkan Pixel 2 XL memiliki sensor dual-pixel, sehingga fitur tersebut termasuk perangkat lunak yang kreatif seperti layaknya Portrait Mode-nya Apple atau Lens Blur-nya Google.

Selain itu, keduanya tidak memiliki jack headphone, juga tidak dapat menampung penyimpanan yang dapat diupgrade  karena ini bukan lagi perangkat pengguna listrik, mereka merupakan ponsel “everyman”. Hal ini juga tercermin pada rating tahan air IP 67 yang diperoleh kedua model smartophone tersebut, dan juga kenyataan bahwa masing-masing perangkat tersebut menjalankan OS yang kini lebih sederhana, bersih, dan cepat.

Jadi, semuanya memang harus sesuai dengan preferensi para pengguna dalam ekosistem, baok Apple maupun Google. Apakah kalian lebih menyukai kompatibilitas ekstra dengan perangkat keras Apple seperti MacBook dan Apple TV, atau kalian lebih menyukai integrasi yang lebih erat dengan produk dan layanan Google seperti Chrome dan Chromecast? Dengan demikian, kalian sendirilah yang mungkin bisa menilai sendiri tentang produk mana, Pixel 2 XL atau iPhone X yang lebih baik menurut versi kalian dengan data-data yang kami sudah berikan di atas.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Apple disebut-sebut telah memilih raksasa mesin pencari Tiongkok Baidu sebagai mitra teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk iPhone 16 dan produk lainnya. Informasi...

Tech Industry

Unbox.id – Daya tahan baterai ponsel pintar akan berkurang seiring berjalannya waktu. Jadi, penting untuk menjaga kesehatan baterai ponsel Anda. Beberapa produsen smartphone sudah...

Tech Industry

Unbox.id – Apple saat ini menghadapi tuntutan hukum dari Departemen Kehakiman AS. Perusahaan tersebut dituduh beroperasi secara monopoli dan menghindari persaingan. Dalam gugatannya, Departemen...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple berencana menjual headset VR barunya, Vision Pro, di berbagai negara. Meski ada laporan Vision Pro akan dirilis di negara lain, namun...