Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Xiaomi Mi Mix 2 vs Oneplus 5 : Harga, Spesifikasi dan Fitur

Setelah banyak menunggu, pada akhirnya produk gadget kelas atas dari Xiaomi meluncur juga. Ya, produk baru Xiaomi Mi MIX 2 resmi dirilis dengan harga sekitar 7.5 juta-an rupiah. Smartphone Xiaomi Mi MIX 2 ini menawarkan display full-HD plus berukuran 5,99″ dengan rasio aspek layar 18: 9. Selain itu, ia juga mengemas beberapa spesifikasi top lainnya, seperti chipset Snapdragon 835 SoC, kamera belakang 12 megapiksel, dan penyimpanan internal 128GB.

Di waktu hampir bersamaan pula, produk smartphone OnePlus 5 juga pada akhirnya dirilis. Smartphone terbaru dari OnePlus ini menawarkan spesifikasi yang hampir sama, yakni SoC Snapdragon 835. dilengkapi dengan pengaturan kamera belakang ganda. Dan harga yang dibanderol pun hampir sama, yakni sekitar 7,5 jutaan rupiah juga. Melihat kedua produk smartphone asal China ini, tentunya akan menarik dibandingkan. Penasaran? Berikut perbandingannya, Xiaomi Mi Mix 2 vs Oneplus 5.

Harga

Xiaomi Mi MIX 2 dirlis dengan satu model saja dengan harga sekitar 35.999 rupee atau sekitar 7,5 juta-an rupiah. Smartphone  ini termasuk bisa diandalkan karena dibekali RAM 6GB dan penyimpanan 128GB plus display full-HD dengan bezel 5,99 inci yang menawan. Sementara OnePlus dirilis dengan harga mulai 32.999 rupee atau 6,9 juta-an rupiah untuk basis penyimpanan RAM 6GB / 64GB, sedangkan untuk RAM 8GB dan penyimpanan 128GB dibanderol dengan harga 37.999 rupee atau sekitar 7,5 – 7,7 juta-an rupiah.

Seperti yang dapat kita lihat dari perbandingan harga ini bahwa model 8GB / 128GB OnePlus 5 memiliki penyimpanan yang sama dengan Mi MIX 2, namun RAM lebih besar ditawarkan OnePlus untuk seri teratasnya. Jadi, dengan sedikit selisih harga beberapa ratus ribu-an rupiah saja, pengguna bisa mendapatkan lebih banyak RAM serta dual camera setup pada produk smartphone OnePlus 5.

Spesifikasi dan Fitur

Xiaomi Mi Mix 2

Dari segi spesifikasi, Xiaomi Mi MIX 2 ini lebih unggul di sisi layar bezel-less yang mengusung resolusi full HD + 1080 x 2160 piksel dan rasio aspek 18: 9. Sedangkan OnePlus 5 hanya memfokuskan fitur setup kamera belakang ganda, yang terdiri dari kamera utama 16 megapiksel dan kamera tele 20 megapiksel sebagai fitur unggulannya.

Xiaomi Mi MIX 2 ini sendiri merupakan smartphone dual-SIM yang berjalan di MIUI 9 diatas sistem Android 7.0 Nougat dengan didukung oleh Qualcomm Snapdragon 835 SoC yang ditambah dengan 6GB RAM LPDDR4x. Smartphone dual-SIM nano ini juga memiliki sensor kamera belakang 12 megapiksel Sony IMX386 dengan piksel 1,25 mikron dengan fitur stabilisasi gambar optik 4-sumbu, lensa 5-piece, aperture f/2.0, dan juga pengenalan wajah. Di bagian depan, kamera ini memiliki kamera depan 5 megapiksel yang juga bisa berfungsi sebagai pengenal wajah untuk membuka kunci smartphone.

Sementara itu, smartphone OnePlus 5 ini juga mendukung kartu dual-SIM nano dan menjalankan OxygenOS yang merupakan sistem operasi buatannya sendiri, namun masih berdasar pada  sistem Android 7.1.1 Nougat. Selain itu, OnePlus 5 juga dilengkapi layar AMOLED Optik 5,5 inci full-HD 1080×1920 piksel dengan kerapatan piksel 401ppi  plus Gorilla Glass 5 2.5 melengkung serta dibekali dengan Qualcomm Snapdragon 835 SoC (core empat core pada 2.45GHz, dan empat core clock pada 1.9GHz), yang ditambah dengan RAM 6GB atau 8GB LPDDR4X.

Sementara kamera yang menjadi fokus OnePlus 5 ini dilengkapi dengan fitur luar biasa, yakni sistem pengaturan dual kamera belakang yang mampu mendukung EIS. Setup kamera ganda ini termasuk kamera utama 16 megapiksel dengan sensor Sony IMX398 1.12-mikron dengan aperture f/ 1.7 dan kamera tele 20 megapiksel yang memiliki sensor Sony IMX350 1 mikron piksel dan aperture f / 2.6. Di bagian depan, OnePlus 5 ini memiliki kamera sensor Sony IMX371 16 megapiksel dengan piksel 1 mikron, aperture f / 2.0, dan EIS.

Spesifikasi OnePlus 5

OnePlus 5

Kedua smartphone baru ini dihadirkan dengan seperangkat pilihan konektivitas standar, termasuk 4G VoLTE, Wi-Fi, Bluetooth v5.0, NFC, GPS / A-GPS, dan USB Type-C (v2.0). Namun, Xiaomi Mi MIX 2 memiliki dukungan 43 band LTE di seluruh dunia, sedangkan OnePlus 5 baru mendukung 30 band LTE. Nah, untuk memuasakan rasa penasaran Anda berikut ada speed test perbandingan keduanya.

Kesimpulan

Melihat perbandingan antara Xiaomi Mi MIX 2 dan OnePlus 5 dari harga, spesifikasi, dan fitur serta speed test, tampaknya kita susah untuk memilih siapa yang terbaik, karena masing-masing memiliki keunggulannya sendiri. Untuk itulah, kami ingin pengguna mengetahui perbedaannya terbesarnya adalah pada styling atau gaya. Jika pengguna mencari smartphone yang stylish dengan tampilan layar lebar, maka Mi MIX 2 akan menjadi pilihan terbaik. Sementara OnePlus 5 yang memang tak terlalu menarik dari style-nya tapi lebih fokus pada kemampuan cara memaksimalkan fitur-fitur unggulannya, termasuk kamera. Bagaimana menurut Anda?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech News

Kabar jika Xiaomi akan menghadirkan perangkat smartphone dengan tenaga Snapdragon 845 memang masih rancu dan belum pasti. Apakah itu benar adanya? Mendarat di Mi...

OnePlus

Pada akhir tahun 2017 kemarin, muncul bocoran yang berisi sebuah daftar smartphone yang diklaim hadir pada tahun 2018. Tak tanggung-tanggung hampir semua smartphone dalam...

Komparasi

OnePlus 5 merupakan salah satu jajaran smartphone Android yang rilis tahun 2017 ini, sama halnya dengan Samsung Galaxy S8. Keduanya berhasil mencuri perhatian para...

Komparasi

Perangkat game mobile seperti Game Boy, PSP, Nintendo DS, atau perangkat lainnya secara umum sudah  tidak bisa meniru pengalaman perangkat konsol game rumahan. Hal...