Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kamera

Kamera Tercepat Dunia

Record kamera tercepat dunia yang selama ini disandang kamera 1 triliun frame per detik besutan MIT, pada akhirnya terpecahkan juga seiring dengan kehadiran kamera 5 triliun frame per detik besutan para periset di Swedia yang diklaim sebagai kamera tercepat di dunia untuk saat ini.

Kamera yang dikenal dengan sebutan FRAME (Frequency Recognition Algorithm for Multiple Exposures) ini dikembangkan oleh tim peneliti yang dipimpin Elias Kristensson dari Universitas Lund Swedia. Selain dapat menjepret objek diam berkecepatan cahaya, kamera ini juga bisa menangkap kejadian sesingkat mungkin berkecepatan hanya per 0,2 triliun detik saja, sehingga sanggup mendokumentasikan apapun dalam bidang kimia, fisika, biologi, dan kedokteran yang belum dapat tertangkap kamera apapun yang pernah ada sebelumnya termasuk hal-hal yang terjadi pada skala femtosecond.
“Untuk mengilustrasikan teknologinya, para peneliti telah berhasil memfilmkan bagaimana kilasan koleksi foton menempuh jarak yang sesuai dengan ketebalan kertas. Pada kenyataannya, hanya butuh satu picosecond saja, tapi pada film prosesnya telah diperlambat hingga satu triliun kali.”

Seperti yang telah diperkirakan sebelumnya, kamera baru ini tidak bekerja dengan cara yang sama seperti apa yang dilakukan kamera tradisional pada umumnya. Berkat dukungan teknologi baru yang didasarkan pada algoritma yang inovatif, kamera berkecepatan tinggi tersebut menangkap gambar satu per satu secara berurutan yang diberi kode unik, setelah ditampung dalam satu gambar selanjutnya langsung dipisahkan dan diurutkan menggunakan kunci enkripsi menjadi video.
Saat ini dukungan teknologi tersebut tengah dikomersialkan oleh salah satu perusahaan asal Jerman, dan diperkirakan akan siap digunakan secara luas dalam waktu sekitar dua tahun ke depan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga