Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Raih Skor 100 Uji Foto DxOMark, Galaxy Note 8 Samai Pencapaian iPhone 8 Plus

Bulan lalu DxOMark memahkotai iPhone 8 Plus sebagai smartphone dengan kamera terbaik saat ini, memberikannya skor keseluruhan 94 dari beragam pengujiannya. Hari ini, DxO Labs telah usai menguji smartphone pesaingnya yaitu Galaxy Note 8 dan keluar dengan skor yang identik 94.

iPhone 8 Plus dan Galaxy Note 8 kini berada di tingkat teratas peringkat kamera smartphone DxOMark, setidaknya untuk saat ini sebelum Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL resmi. Belum lagi ada iPhone X dan Huawei Mate 10 yang juga akan luncur bulan ini. Jadi bagaimana Galaxy Note 8 mampu mencapai nilai 94?

Note 8 menerima skor 100 pertamanya untuk fotografi, berkat kinerja zoom yang sangat baik hingga 4x, tingkat noise yang sangat rendah dalam kondisi minim cahaya, auto fokus yang tidak hanya akurat tapi juga cepat. Skor DxOMark Galaxy Note 8 tidak hanya diraih dari hasil tangkapannya terlihat tajam pada kondisi deras cahaya dan di dalam ruangan, warna-warna yang ditangkap juga terang dan tajam.

Kekurangannya terletak pada rentang diynamic range yang terbatas dan kliping highlight serta ketimpangan white balance yang sering terjadi dalam kondisi terang dan dalam ruangan. Efek bokeh juga terkadang tidak terlihat meski mode diaktifkan.

Lanjut lagi, dalam penangkapan video Note 8 mampu menampilkan white balance dan rendering warna yang baik, eksposur yang baik dan konvergensi eksposur yang cepat, autofocus yang stabil dan kilat. Noise yang sangat minim terlepas dari kondisi cahaya dan stabilisasi gambar yang baik juga jadi nilai tambah.

Sayangnya, Note 8 tidak memiliki kemampuan pelacakan autofocus dalam mode default, dan bayang gerakan terlihat saat memegang kamera waktu merekam. Kekurangan juga terlihat dari bayangan dan highlight kliping dalam keadaan kontras tinggi. White balance secara keseluruhan cukup akurat dan hebat, namun terkadang semburat warna pink muda muncul di beberapa gambar ketika diambil di luar ruangan. Namun secara keseluruhan, skor DxOMark Galaxy Note 8 sebanyak 94 tampaknya cukup pantas.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Komparasi

Jakarta, Unbox.id – Smartphone android kamera bagus semakin lebih berkembang lagi dari waktu ke waktu. Seiring dengan perkembangan tersebut, smartphone juga semakin berkembang dengan kamera...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Smartphone pada saat sekarang ini telah bertransformasi menjadi salah satu produk gadget yang memiliki berbagai macam fungsinya. Tidak hanya untuk sekedar komunikasi...

Honor

Jakarta, Unbox.id – Jika Anda belum tahu, DxOMark merupakan sebuah situs pengujian lensa untuk DSLR, Mirrorless, hingga smartphone. Situs ini seperti aplikasi AnTuTu atau...

OnePlus

Jakarta, unbox.id – Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa Laboratorium  DxOMark telah banyak melakukan berbagai testing terhadap banyak smartphone, terutama dari sisi kinerja ari...