Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

3 Aplikasi Edit Video Ala Youtubers 2017

Last updated on 4 Oktober, 2017

Aplikasi edit video memang banyak sekali, dan para Youtubers wajib menggunakannya agar tampilan video bisa menarik dan memuaskan para penonton.

Banyak sekali Youtubers yang terkesan asal-asalan dalam mengupload video dan akhirnya gagal untuk bisa mendapatkan banyak penonton dan subcribers. Hal ini mengakibatkan video tidak bisa memberikan tontontan yang spesial bagi para viewers sehingga cita-cita ingin menghasilkan uang dari Youtube pupus sudah.

Sebenarnya para penonton menginginkan video yang memiliki nilai hiburan, mendidik serta loading yang tidak berat sehingga video bisa dinikmati dengan lancar. Jika para Youtubers tidak melakukan editing dalam mengupload video, maka kemungkinan besar video tersebut akan gagal dan tidak akan bisa disukai para penonton.

Sebelum mengupload video di Youtube, sebaiknya kita periksa dahulu untuk mencari kelebihan serta kekurangannya sehingga bisa mengetahui dimanakah yang perlu diedit agar tampilan video bisa menarik. Hampir semua video di Youtube yang memiliki banyak penonton telah melewati proses aplikasi edit video sehingga tampilannya bisa lebih indah dari aslinya.

Video-video populer di Youtube milik Raditya Dika, Bayu Skak dan Youtubers lainnya telah melalui proses editing, sehingga kualitas video sangat bagus. Dengan software edit video, maka bisa dilakukan pemotongan durasi, pemakaian salam pembuka, logo atau nama channel, efek, tulisan, serta suara musik yang bagus sebagai pengiringnya. 

Sebenarnya cara untuk melakukan proses editing video sangatlah mudah, karena hampir semua menu dan fitur aplikasi video mudah dipahami. Selain itu, banyak sekali para Youtubers yang membagikan tutorial penggunaan aplikasi edit video di channel mereka.

Beberapa Aplikasi Edit Video yang Banyak digunakan para Youtubers

  1. Windows Movie Makers

Mungkin aplikasi inilah yang paling banyak digunakan para Youtubers karena menu dan fiturnya sedikit, sehingga tidak membingungkan para penggunanya. Jika sudah biasa menggunakan produk-produk dari Windows seperti microsoft word, excel, Windows photo viewers, dan lainnya, maka tidak akan merasa kesulitan karena menu dan fiturnya hampir sama.

Memang aplikasi edit video ini masih banyak kekurangannya karena bersifat gratis, dan jika ingin lebih lengkap maka bisa menggunakan versi yang pro atau berbayar. Namun aplikasi yang gratis juga sudah cukup untuk membuat tampilan video bisa lebih menarik dan bisa diandalkan terutama bagi para pemula.

2. Videopad

Aplikasi edit video ini memang lengkap, untuk kategori software gratis karena menu dan fiturnya sudah cukup untuk membuat jenis video yang diinginkan. Fasilitas yang diberikan juga tidak kalah dengan aplikasi Adope Premiere pro yang berbayar. Dengan Videopad, para pengguna bisa menggabungkan gambar, memotong durasi video atau menggabungkan beberapa video menjadi satu.

Selain itu ada juga fasilitas lainnya yang tidak kalah pentingnya, yaitu NCH software yang bisa melakukan rekaman apa yang dilakukan pada laptop yang kita gunakan. Tentu saja semua aktifitas yang dilakukan pada laptop bisa direkam dan dijadikan video tutorial atau tontonan yang menarik.

Satu-satunya kelemahan dalam aplikasi edit video Videopad adalah, file video yang telah dibuat tidak bisa langsung disimpan pada komputer. Para pengguna Videopad memerlukan penyimpanan video online untuk mendownload file video yang telah dibuat, seperti Google Drive, Youtube, serta penyimpanan online lainnya. Selain itu, file video hanya tersedia pada jenis AVI saja dan tidak bisa yang lainnya.

3. Adobe Premiere Pro

Hampir semua editor video mengenal aplikasi edit video ini karena menurut banyak ahli editing video, bahwa Adobe Premier Pro adalah software yang terbaik di kelasnya. Semua kebutuhan editing video ada disini dan penggunaannya juga bisa dibilang mudah karena menu dan fiturnya memang mudah dipahami dan dicerna.

Software video ini adalah keluaran dari perusahaan Adope yang sukses dengan software gambar yaitu photoshop. Semua menu dan fiturnya juga hampir sama dengan photoshop. Para Youtubers pasti senang sekali jika menggunakan aplikasi ini karena bisa membuat video yang menarik dengan gambar berkualitas HD. Namun kelemahannya perlu mengeluarkan uang untuk bisa menggunakan aplikasi edit video ini.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Layanan berbagi video YouTube kini lebih aktif memerangi AdBlocker. Salah satu cara untuk mencegah aktivitas pemblokiran iklan adalah dengan menyasar aplikasi pemblokir...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Google baru saja mengumumkan inovasi terbaru yang cukup besar. Perusahaan mesin pencari tersebut berencana akan meluncurkan fitur kecerdasan buatan untuk software...

Software

Jakarta, Unbox.id – Prosesor adalah jantung dari ponsel pintar mana pun. Komponen ini dikerjakan secara khusus oleh perusahaan seperti MediaTek dan Qualcomm. Meski begitu,...

Apps & Games

Unbox.id – Pada Januari 2024, layanan YouTube Premium dan Musik memiliki lebih dari 100 juta pelanggan, termasuk uji coba gratis. Ini mewakili peningkatan 20...