Apps & Games

Aplikasi Android yang Banyak didownload di Indonesia 2017

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Aplikasi Android sudah menjadi kebutuhan wajib bagi masyarakat Indonesia karena sepertiga jumlah penduduknya adalah pengguna smartphone. Menurut laporan Kemkominfo tahun 2017, bahwa masyarakat yang menggunakan telepon canggih ini sudah mendekati angka 100 juta orang dari 230 juta penduduk. Tentu saja aktifitas sedot aplikasi sudah menjadi hal yang sering dilakukan sebagai syarat mutlak untuk bisa menikmati segala kemudahan dalam menggunakan smartphone.

Banyak sekali aplikasi penting yang bisa didownload secara gratis melalui google playstore dengan hanya bermodal smartphone serta jaringan internet. Masyarakat Indonesia lebih suka mendownload beberapa aplikasi, seperti aplikasi belanja atau e-commerce, aplikasi GO-JEK, aplikasi berita, aplikasi media sosial, aplikasi live streaming dan aplikasi lainnya.

Namun yang paling banyak mendapatkan perhatian adalah aplikasi belanja, terutama bagi kalangan wanita yang suka melakukan aktifitas shopping secara online. Kegiatan belanja online bisa dilakukan dari rumah dan cukup dengan menjentikkan jari, maka barang pesanan akan sampai dirumah.

Persaingan ketat terjadi antara beberapa vendor aplikasi e-commerce seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Shopee dan OLX. Pada tahun 2016 lalu, aplikasi OLX mampu menempati urutan pertama diikuti Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan Shopee sebagai aplikasi e-commerce yang paling banyak didownload di Indonesia.  Namun pada tahun 2017 ini, posisinya menjadi terbalik dan dimenangkan oleh Shopee yang pada tahun sebelumnya berada diurutan kelima.

Aplikasi Shopee ternyata bisa melesat dengan cepat untuk melewati para pendahulunya dalam rentang waktu 12 bulan. Sebuah pencapaian yang luar biasa bagi situs e-commerce pendatang baru di Indonesia. Tentu saja prestasi tersebut tidak mudah dilakukan, karena pihak Lazada dan Tokopedia juga berusaha keras dalam melakukan promosi dengan mengeluarkan banyak biaya untuk merebut hati para pengguna smartphone.

Mau tidak mau, pihak Lazada dan Tokopedia harus mengakui keunggulan Shopee yang bisa mendapatkan pelanggan baru dan bisa memperbesar jumlah costumer aktifnya sebanyak 4,0 persen. Di pihak lain, Lazada berhasil menyalip Tokopedia dan menjadi nomor dua dengan memiliki pengguna aktif sekitar 3,75 persen. Sedangkan Tokopedia berada diurutan ketiga dengan memiliki pelanggan aktif sebanyak 3,25 persen.

Vendor OLX yang pernah merasakan sebagai aplikasi yang paling banyak didownload, akhirnya terlempar jauh di urutan keempat dibawah Tokopedia. Tentu saja para pelanggan akan menentukan, mana aplikasi  yang terbaik dan bisa menjadi pilihan utama yang paling nyaman untuk digunakan.

Sementara itu, vendor lain yang menjadi pilihan para pengguna smartphone adalah aplikasi transportasi. Dalam hal ini, aplikasi GO-JEK menjadi pilihan utama sebagai alat transportasi antar jemput yang bisa diakses darimana saja. Karena itu, semakin banyak orang yang bersedia mendaftar menjadi pengantar perusahaan GO-JEK karena jasa ojek ini semakin banyak disukai masyarakat. Aplikasi GO-JEK mendapatkan tempat di hati bagi para pengguna smartphone dan aplikasinya disedot lebih dari 6,7 persen dari jumlah pengguna smartphone di Indonesia.

Jumlah prosentase tersebut diikuti urutan kedua oleh aplikasi Grab dengan memperoleh total download sebanyak 6,5 persen. Tentu saja posisi GO-JEK belum sepenuhnya aman karena masih mudah terkejar dengan rentang angka yang tipis dengan selisih 0,2 persen. Sedangkan aplikasi Uber menempati posisi ketiga dengan angka download yang terpaut sangat jauh, yaitu 1,7 persen.

Ada juga aplikasi berita yang menyediakan informasi terkini bagi para pengguna smartphone yang ingin mendapatkan berita aktual. Banyak sekali aplikasi berita di Indonesia dan yang paling banyak disukai adalah aplikasi CNN, kemudian diikuti aplikasi Okezone. Ada juga aplikasi Babe news yang memiliki singkatan yaitu baca berita yang semakin populer karena dipromosikan di banyak tempat. Masih banyak lagi aplikasi berita lainnya seperti aplikasi VOA Indonesia, aplikasi Detik, Kompas, Viva, liputan 6 dan lainnya.

Aplikasi lainnya yang banyak didownload adalah live streaming, yaitu aplikasi untuk melihat siaran pribadi secara langsung melalui android. Aplikasi ini banyak didownload para pengguna smartphone agar bisa melakukan siaran pribadi secara live dan ditayangkan melalui media sosial. Biasanya para pengguna melakukan sialan langsung melalui akun Instagram, namun sekarang lewat Facebook juga sudah bisa.

Aplikasi live streaming yang paling banyak didownload di negara kita adalah Bigo Live, kemudian ada  Live.me yang berada di peringkat kedua. Masih ada aplikasi lainnya, namun kurang begitu diminati di Indonesia seperti Voov, Nonolive dan 17.

Saat ini banyak juga pengguna internet yang senang mendownlod aplikasi edit foto agar bisa membuat tampilan gambar bisa lebih menarik. Aplikasi edit foto yang banyak digemari adalah Instagram karena media sosial ini memang lebih khusus untuk memajang koleksi foto. Aplikasi selanjutnya adalah Camera 360 Ultimate sebagai produk aplikasi yang banyak didownload di Indonesia dan dunia. Selain itu, ada juga aplikasi yang sudah tidak asing lagi, yaitu B612 dan logonya sudah biasa kita lihat ada pada sebuah foto.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments

Popular

To Top