Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Cara Mudah Memindahkan Data dari iOS ke Android

Tahun lalu Apple telah meluncurkan aplikasi bernama “Move to iOS”. Aplikasi ini berguna untuk memudahkan pengguna Android untuk beralih ke iOS. Kini Google pun tidak mau kalah. Raksasa mesin pencari ini memiliki strategi yang sama supaya pengguna iOS menjadi lebih mudah untuk pindah ke Android.

“Google telah memperkenalkan fitur baru pada Google Drive yang menyederhanakan proses transfer data dari iPhone ke smartphone Android. Pengguna cukup mengunggah data-data penting di iOS ke Google Drive, kemudian mengunduhnya pada perangkat Android. Dari tahap awal hingga akhir, proses transfer data hanya membutuhkan tiga langkah saja. Berikut ini merupakan langkah-langkah mudah memindahkan data dari iOs ke Android.”

Mengunduh aplikasi Google Drive di iOS

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi Google Drive di iPhone. Selanjutnya, tinggal masuk ke menu aplikasi, Settings, dan Backup. Antarmuka aplikasi Google Drive akan menampilkan semua data yang ingin ditransfer, mencakup kontak, kalendar, foto, dan video. Setelah memilih data-data yang diinginkan, tekan tombol virtual “Start Backup” dan proses pengunggahan (upload) pun dimulai.

Google Drive akan memberikan peringatan kepada pengguna bahwa proses backup (upload) bisa memakan waktu berjam-jam, tergantung banyaknya data dan besarannya. Jadi, pengguna dianjurkan mengoneksikan perangkat dengan Wi-Fi sembari menghubungkan smartphone dengan colokan listrik agar tak mati di tengah upload.

Melakukan sign in Google Drive di Android

Ketika proses backup selesai, pengguna cuma perlu masuk (sign in) ke akun Google di perangkat Android. Proses sinkronisasi akan otomatis bergulir. Dengan adanya fitur baru pada Google Drive dan aplikasi Move to iOS, pengguna Android dan iOS tak perlu lagi kesusahan untuk berpindah perangkat. Dua layanan transfer tersebut juga mempertipis jarak dan eksklusivitas antar sistem operasi.

Namun, ada yang kurang dari fitur backup di Google Drive. Pasalnya, data-data dari iMessage tak bisa turut dialihkan ke Android.  Hal ini yang menjadi keunggulan Move to iOS. Aplikasi keluaran Juni 2015 tersebut sudah bisa menyalin rekam jejak pesan di Android ke iPhone dengan mudah.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Browser ponsel Android seringkali menyimpan file yang tidak diperlukan. Saat menjelajahi situs web, browser mengambil banyak data dari situs web yang dikunjungi....

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

Tech Industry

Unbox.id – Penjualan iPhone akan turun sekitar 10% pada kuartal pertama tahun 2024 karena meningkatnya persaingan dari pembuat ponsel pintar Android untuk mendapatkan posisi...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan untuk melarang penjualan ponsel pintar kepada anak-anak di bawah 16 tahun. Hal ini dilakukan untuk memerangi kecanduan smartphone...