Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Tips Memilih Kartu Memori untuk Smartphone

Kartu memori atau yang sering disebut dengan istilah SD Card merupakan salah satu komponen yang biasanya wajib menempel di smartphone. Biasanya digunakan untuk menyimpan foto-foto, lagu, video, dan beragam file lainnya. Kartu memori sangat dibutuhkan apabila sebuah smartphone tidak memiliki kapasitas penyimpanan yang memadai, sehingga peran kartu memori pun dibutuhkan.

Namun tidak semua kartu memori memiliki jenis dan performa yang sama. Saat ini ada tiga jenis kartu memori yang paling sering digunakan, meliputi:

Micro SD

Kartu memori yang satu ini mempunyai ukuran 15 x 11 x 1 mm. Micro SD banyak digunakan pada ponsel, tablet, dan kamera digital. Micro SD memiliki ukuran yang kecil, sehingga lebih praktis dan efisien saat digunakan.

SD Card

SD Card merupakan kartu memori yang memiliki ukuran 32 x 24 x 2 mm. Kartu memori ini paling banyak digunakan untuk kamera digital. Namun tidak dipakai pada ponsel atau tablet karena ukurannya yang besar.

Mini SD

Mini SD berukuran 21,5 x 20 x 1,4 mm. Memori jenis ini dulunya banyak digunakan pada ponsel, namun belakangan ini sangat jarang digunakan pada ponsel keluaran terbaru.

Dari ketiga jenis di atas, Micro SD merupakan kartu memori yang paling banyak digunakan saat ini. Hampir tiap smartphone keluaran terbaru menggunakan Micro SD, mungkin karena ukurannya yang kecil namun dapat menampung ukuran yang besar.

Untuk micro SD sendiri, saat ini ada tiga jenis yang beredar, yaitu SD, SDHC, dan SDXC. Lalu apa perbedaannya? Berikut ini merupakan perbedaan ketiganya.

  • SD (Secure Digital), dengan kapasitas penyimpanan maksimal 2 GB dan format file FAT16.
  • SDHC (Secure Digital High Capacity), dengan kapasitas penyimpanan hingga 32 GB dan format file FAT32.
  • SDXC(Secure Digital Extended Capacity), dengan daya tampung dari 32 GB hingga 2 TB, merupakan spesifikasi baru SD Card versi 3.00 dengan kecepatan tulis hingga 35 Mbps dan kecepatan baca hingga 60 Mbps.

Itu tadi perbedaan antara ketiga kartu memori yang perlu diketahui agar Anda tidak kebingungan memilih yang mana. Setelah mengetahui perbedaan antara ketiganya, sebaiknya Anda menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan untuk melarang penjualan ponsel pintar kepada anak-anak di bawah 16 tahun. Hal ini dilakukan untuk memerangi kecanduan smartphone...

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Vivo akan mengumumkan ponsel pintar terbaru model T3x dengan konektivitas 5G. Ponsel 5G baru yang ramah anggaran, pada 17 April di...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Ponsel pintar memiliki kemampuan pengisian cepat yang luar biasa, apalagi mengingat dinamika pekerjaan dan aktivitas sehari-hari lainnya yang mengharuskan kita untuk selalu...

Spesifikasi & Harga

Last updated on 31 Maret, 2024 Unbox.id – Menjelang Idul Fitri, banyak masyarakat yang menerima tunjangan hari raya (THR) menjelang libur panjang. Ada pula...