Connect with us

Hi, what are you looking for?

Spesifikasi & Harga

iPhone X, Bikinnya Cuma 5 Jutaan Jualnya 15 Jutaan, Kemana Selisihnya?

Bisnis memang sejatinya bertujuan untuk mengambil untung alias laba, termasuk bisnis smartphone yang katanya memiliki keuntungan yang besar. Apple yang kerap dituding sebagai peluncur perangkat overpriced baru saja menghadirkan seri iPhone terbarunya, seri iPhone 8 dan iPhone X.

iPhone X sebagai perangkat smartphone penanda satu dekade kiprah Apple di dunia smartphone pun terlihat dibanderol dengan harga yang tak kalah mencengangkan. Bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat, Apple memberi label harga sekitar Rp15 juta untuk iPhone X versi kapasitas 256GB.

Memang iPhone X terlihat berbeda dari iPhone-iPhone sebelumnya dan menggunakan hardware yang telah ditingkatkan, tapi apa benar ia semahal itu? Penasaran? Berikut pemaparan harga pembuatan per unitnya berdasarkan laporan perusahaan riset dari China. Menurut lembaga riset tersebut, pembuatan iPhone X per unitnya ternyata tidak sampai separuh harga jualnya. Berikut perhitungannya.

Dari keseluruhan part, panel OLED Samsung adalah part yang paling mahal yakni $80 per unitnya atau setara dengan Rp 1 jutaan. Sedangkan memori internal dan RAM yang dibeli dari Toshiba dibanderol  $45 dan $24. Lalu untuk prosesor A11 Bionic yang dibeli dari TSMC memiliki harga jual $26 atau sekitar Rp 350 ribu. Modem yang digunakan iPhone X disuplai dari Qualcomm seharga $18 atau setara Rp 240 ribu per unitnya.

Terakhir, kaca panel depan seharga Rp 240 ribuan, lalu sensor 3D Touch sekitar Rp 340 ribuan. Nah jika dijumlah semuanya, maka sebuah unit iPhone X versi 256GB yang dibanderol Rp 15 jutaan ternyata hanya seharga sekitar $ 412 atau setara dengan Rp 5,5 juta, lebih sedikit dari sepertiga harga jualnya. Apa yang terjadi dengan selisih hampir Rp 10 juta?

Selisih sepuluh juta tersebut terwujud dalam bentuk ongkos pembuatan, biaya rakit, riset dan pengembangan serta biaya lainnya. Tentu saja facility dan pekerja termasuk dalam biaya tersebut membuat harganya membengkak Rp 10 jutaan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Jakarta, Unbox.id – Belakangan ini , beberapa produsen smartphone mengadopsi fast charging untuk mengimbangi waktu pengisian yang lama. Apple tidak jauh di belakang ini...

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id – Apple dikabarkan akan segera meluncurkan layanan terbarunya yakni penyewaan perangkat iPhone dengan jangka waktu hingga satu bulan dengan metode berlangganan. Nantinya,...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Setelah melalui masa pengembangan dan pengujian panjang, Apple akhirnya meluncurkan update iOS 15.4 untuk pengguna iPhone. iOS 15.4 yang merupakan penerus...

Apple

Last updated on 23 Maret, 2022 Jakarta, Unbox.id – Smartphone besutan Apple memang selalu menarik perhatian pecinta gadget tanah air. Smartphone premium ini tak...