Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Tips Merekam Video Profesional Menggunakan Smartphone

Merekam Video Profesional Menggunakan Smartphone

Last updated on 6 September, 2017

Bagi Anda yang senang membuat video dengan menggunakan smartphone, kali ini kami akan membagikan tips merekam video profesional menggunakan smartphone. Mari disimak!

Zaman yang sudah penuh dengan teknologi canggih membuat pekerjaan manusia semakin mudah. Dulu utuk mengabadikan moment baik itu foto atau video bisa di bilang cukup susah karena perangkat yang tersedia seperti kamera masih sangat mahal.

Berbeda dengan sekarang, mau mengabadikan moment moment indah dalam hidup sangat mudah berkat hadirnya smartphone dengan kamera sangat canggih. Terus apa bisa merekam video profesional menggunakan smartphone semata?!

  1. Perhatikan Baterai dan Kapasitas Memory

    Yang pertama adalah level baterai, tanpa baterai yang penuh maka anda tidak akan bisa merekam sebuah video dengan durasi yang lama. Begitu pula dengan kapasitas memory pada smartphone yang berfungsi untuk menyimpan hasil rekaman, pastikan bahwa memory yang digunakan berkapasitas besar sehingga anda bisa merekam video sampai selesai dan menyimpannya tanpa terpotong. Akan sangat disayangkan jika sudah merekam lama namun pada akhirnya tidak bisa di-save karena memory yang tidak cukup.

  2. Gunakan Alat Bantu

    Alat bantu dalam merekam video disini dimaksudkan seperti penggunaan tripod atau monopod. Alat bantu tersebut akan memudahkan kamu dalam merekam gambar tanpa adanya gerakan yang bisa merusak kualitas gambar rekaman. Alat itu akan sangat membantu untuk merekam obyek yang tidak membutuhkan banyak gerakan yang berpindah tempat sehingga kamu tidak lelah memegangnya. Selain itu anda bisa gunakan aksesoris pendukung lainnya seperti lensa, atau sebuah microfon tambahan untuk memberikan kualitas yang terbaik

  3.  Perhatikan Penggunaan Cahaya

    Mengatur pencahayaan adalah hal yang terpenting dalam sebuah foto dan video, hal ini tergantung tempat dimana anda mengambil video, jika kamu merekam video outdoor maka diusahakan untuk tidak langsung mengenakan pada cahaya agar tidak terjadi bias. Terlalu banyak cahaya yang masuk maka akan mengurangi kualitas video yang kamu buat. Jika merekam video disebuah ruangan gelap atau minim cahaya kamu bisa mengatur iso pada smartphone untuk memberikan pencahayaan, jika memang diperlukan bisa menggunakan flash untuk keadaan tertentu.

  4. Hindari Penggunaan Fitur Zoom

    Fitur zoom biasanya digunakan untuk mengambil gambar jarak jauh, beberapa smartphone mengunggulkan fitur ini untuk mendapatkan hasil video yang bagus yang mana zoom sebenarnya sangat riskan akan hasil detail yang direkam akan terlihat pecah dan nampak noise. Selain itu juga terjadi gerakan sedikit saja maka akan terlihat sangat jelas goyangannya pada video yang direkam.

  5. Perhatikan Angle Disekitar

    Sebuah foto professional juga ditentukan dari angle yang kita ambil, begitu pula dengan video jika angle yang kita dapatkan tepat dan bagus maka hasilnya akan terlihat lebih bagus dari aslinya. Angle berperan sangat penting dalam sebuah rekaman dimana dari angle itu kita bisa menilai kualitas video yang direkam professional atau tidak. Angle bisa berupa posisi saat kita merekam dari segala sudut yang ada.

Nah, itu dia 5 tips merekam video profesional menggunakan smartphone. Semoga dapat membantu Anda dan jangan lupa untuk dipraktekkan ya!

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Kamera

Jakarta, Unbox.id — Xiaomi terus memperluas jajaran produknya, menawarkan berbagai perangkat pintar yang cocok untuk hampir semua orang dan tujuan apa pun. Kali ini,...

Kamera

Unbox.id – Manfaat kamera mirrorless dalam dunia fotografi modern tidak bisa dianggap remeh. Alasannya karena keunggulan kamera mirrorless telah merevolusi cara fotografer memandang proses...

Kamera

Unbox.id – Jenis kamera yang digunakan sangat penting bagi setiap orang sebelum memasuki dunia fotografi. Pasalnya dengan memahami detail kamera, maka hasil pengambilan momen...

Kamera

Jakarta, Unbox.id – Xiaomi baru-baru ini memperluas jajaran perangkat rumah pintarnya dengan memperkenalkan kamera luar ruangan PTZ (Pan-Tilt-Zoom) CW500. Kamera tersebut kini sudah tersedia...