Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kamera

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan saat Membeli Kamera Bekas

Saat ini kamera menjadi benda yang mudah sekali untuk didapatkan. Profesi dan gaya hidup tak bisa dipungkiri menuntut masyarakat untuk memiliki kamera. Beragam jenis dan tipe kamera dengan banyak merk membuat masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan kamera yang mereka butuhkan. Mulai dari budget rendah hingga tinggi, keragaman jenis kamera sepertinya bisa memenuhi kebutuhan setiap orang.

Kamera second atau kamera bekas juga menjadi salah satu solusi untuk bisa mendapatkan kamera idaman. Tidak harus membeli kamera baru, cukup dengan kamera bekas sebenarnya kita sudah bisa menikmati kegunaan dari kamera itu sendiri. Membeli kamera bekas akan menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang kekurangan budget untuk mendapatkan kamera idaman dalam kondisi baru. Meskipun bukan barang baru tetapi anda tetap bisa mendapatkan kamera yang berkualitas dengan memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum membeli kamera bekas.

Kondisi bodi kamera
Memeriksa kondisi bodi kamera adalah cara paling mudah untuk menentukan apakah kamera bekas yang akan anda beli masih berada dalam kondisi bagus atau tidak. Bagaimana kondisi fisik kamera adalah hal pertama yang pasti akan dilihat ketika seseorang akan membeli kamera bekas. Meskipun bukan sepenuhnya menjamin kamera berada dalam kondisi sempurna akan tetapi paling tidak kondisi fisik kamera yang baik bisa mencerminkan bahwa kamera terawat dengan baik.

Kondisi tombol dan fungsinya
Pastikan tombol-tombol yang ada di kamera masih berfungsi dengan baik. Jangan sampai melewatkan pemeriksaan fungsi tombol karena hal ini merupakan aspek yang sangat penting saat kamera akan digunakan.

Bagaimana flash dan autofocus kamera
Membeli kamera bekas memang membutuhkan ketelitian agar anda tetap bisa mendapat kamera berkualitas meskipun bukan merupakan kamera baru. Silakan periksa flash dan autofocus kamera untuk memastikan bahwa kamera bekas yang akan anda beli memang masih layak digunakan. Apabila anda bukan termasuk orang yang paham kamera maka lebih baik meminta bantuan dari teman yang lebih paham mengenai kamera sehingga bisa memeriksa kondisi flash dan autofocus kamera bekas yang akan dibeli.

Kondisi lensa kamera
Lensa merupakan salah satu bagian kamera yang sangat penting. Untuk itu jangan lupa untuk memeriksa bagaimana kondisi lensa kamera. Cobalah untuk menggunakan kamera sebelum membeli sehingga anda bisa memberikan penilaian mengenai kondisi kamera secara keseluruhan termasuk juga kondisi lensanya.

Baterai dan slot kamera
Supaya tidak menyesal membeli kamera bekas maka pastikan anda benar-benar teliti memeriksa keseluruhan kondisi kamera. Setelah memastikan kondisi fisik kamera baik, lensa, autofocus, flash, dan lain sebagainya juga dalam kondisi yang memuaskan maka silakan periksa bagaimana kondisi baterai dan slot yang ada di kamera.

Setelah melihat dan menilai sendiri bagaimana kondisi kamera bekas yang akan anda beli silakan bertanya kepada penjual. Tanyakan hal-hal yang ingin anda ketahui tentang penggunaan kamera yang akan dibeli. Misalnya, kamera biasa digunakan untuk keperluan bekerja atau sekedar hobi, pernah jatuh atau tidak, pernah diserviskan atau tidak, dan lain sebagainya. Mengajukan banyak pertanyaan kepada pihak penjual juga dapat membantu anda mempertimbangkan apakah kamera layak untuk dibeli atau tidak.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Kamera

Jakarta, Unbox.id — Xiaomi terus memperluas jajaran produknya, menawarkan berbagai perangkat pintar yang cocok untuk hampir semua orang dan tujuan apa pun. Kali ini,...

Kamera

Unbox.id – Manfaat kamera mirrorless dalam dunia fotografi modern tidak bisa dianggap remeh. Alasannya karena keunggulan kamera mirrorless telah merevolusi cara fotografer memandang proses...

Kamera

Unbox.id – Jenis kamera yang digunakan sangat penting bagi setiap orang sebelum memasuki dunia fotografi. Pasalnya dengan memahami detail kamera, maka hasil pengambilan momen...

Kamera

Jakarta, Unbox.id – Xiaomi baru-baru ini memperluas jajaran perangkat rumah pintarnya dengan memperkenalkan kamera luar ruangan PTZ (Pan-Tilt-Zoom) CW500. Kamera tersebut kini sudah tersedia...