Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Menkominfo: Semua Harus Bergerak Hadapi Maraknya Konten Negatif

indonesia technology forum
sumber: komifo.go.id

Menanggapi maraknya beragam konten negatif yang beredar di dunia maya dan begitu rentan untuk dikonsumsi masyarakat di Indonesia. Baru-baru ini, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara membeberkan sejumlah fakta dalam sebuah acara Indonesia Technology Forum.

Guna menanggulangi beragam konten negatif tersebut, Pemerintah melalui Kominfo ternyata sudah sejak 2015 berusaha untuk memfilter berbagai konten negatif yang berseliweran.

Selama dua tahun berjalan, Rudiantara mengaku bahwa beragam konten negatif masih mendominasi. Ia menuturkan bahwa 800.000 situs yang masuk kategori negatif list masih dominan. Sedangkan untuk kategori positif list baru terdapat sekitar 250.000 situs.

Namun Rudiantara optimis bahwa dalam dua sampai tiga tahun kedepan daftar konten positif yang dapat dikonsumsi masyarakat Indonesia akan terus bertambah.

“Rudiantara optimis bahwa dalam dua sampai tiga tahun kedepan daftar konten positif yang dapat dikonsumsi masyarakat Indonesia akan terus bertambah.”

“Saya yakin karena ini baru dua tahun, jadi mungkin mudah-mudahan dalam dua sampai tiga tahun kemudian jumlah positif listnya sudah melebihi negatif list,” tutur Rudiantara melalui sebuah video di Indonesia Technology Forum (28/8).

Rudiantara menjelaskan, positif list adalah situs-situs yang selayaknya diakses oleh umumnya dunia pendidikan baik di sekolah maupun di rumah. Sedangkan negatiflist adalah pornografi, perjudian, obat obat terlarang, narkoba, penipuan dan lainnya.

Untuk menanggulangi permasalahan ini, Rudiantara berharap peran serta dari semua lapisan masyarakat, dan tidak hanya bergantung pada Pemerintah serta Kominfo.

“Semua harus bergerak, tidak bisa hanya pemerintah namun masyarakat dari semua lapisan juga bertanggungjawab agar konten di Indonesia menjadi bersih.” jelas Rudiantara.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie menyebut Kominfo Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi ditunjuk menggantikan Johnny G. Plate yang...

Tech Industry

Unbox.id – Industri telekomunikasi pun menyambut baik pelantikan Menteri Komunikasi dan Informatika yang baru, Budi Arie Setiadi, menggantikan Johnny G. Plate yang kini dijerat...

Tech Industry

Yukke.id – Belum lama ini, para pengguna gadget di Indonesia dikabarkan bahwa data-data milik penggunanya telah diretas. Bahkan, data-datanya tersebut juga telah diperjual belikan...

Unboxing

Last updated on 11 Agustus, 2022 Unbox.id – Kementrian Komunikasi dan Informatika (kominfo) per hari sabtu 30 juli 2022 telah melakukan pemblokiran terhadap beberapa...