Artikel

Hal-hal Sederhana yang Bisa Dilakukan Agar Laptop Tetap Awet

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Laptop sudah menjadi teman bagi manusia di jaman yang serba maju ini. Bisa dibilang hampir semua orang memiliki benda elektronik yang satu ini. Laptop tak lagi dianggap sebagai barang mewah karena saat ini ada berbagai macam merk dan tipe dengan harga yang sangat bervariasi. Semua bisa dengan mudah memiliki laptop sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Keberadaan laptop memberikan banyak kemudahan bagi pengguna komputer. Baik untuk pelajar maupun pekerja, laptop memberikan fasilitas yang memudahkan mereka untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan. Kemudahannya untuk dibawa kemana-mana juga membuat laptop membuat mobilitas menjadi lebih lancar dan pekerjaan bisa selesai dimana saja dan kapan saja. Sayangnya, kemudahan dan kecanggihan yang diberikan laptop seringkali tidak diimbangi dengan keuletan tangan si pemilik untuk merawat dan menjaga.

Setiap orang pasti selalu menginginkan laptop mereka bisa lancar bekerja ketika dibutuhkan kapan saja. Perlu diketahui bahwa laptop bisa bekerja lancar dan dapat selalu siap digunakan jika ia dirawat dengan baik. Tentu kita juga bahagia jika memiliki laptop yang awet dan tidak perlu sering bolak-balik ke tukang servis. Selain menghabiskan waktu juga banyak biaya yang akan dikeluarkan jika laptop sering bermasalah. Untuk menjaga laptop selalu dalam kondisi prima berikut ini ada beberapa hal sederhana yang terlihat sepele namun sebenarnya sangat mempengaruhi keawetan dari laptop itu sendiri.

Jaga Kebersihan Laptop

Terlihat bersih namun sebenarnya tidak. Selain digunakan laptop juga seharusnya dibersihkan secara berkala. Debu-debu halus yang menempel di laptop bisa menumpuk dan membuat laptop menjadi tidak nyaman untuk digunakan. Salah membersihkan laptop juga bisa berdampak negatif untuk laptop. Gunakan alat-alat yang tepat untuk menyingkirkan debu-debu yang menempel. Untuk membersihkan laptop silakan menggunakan kain microfiber bukannya kain biasa karena kain microfiber dapat menyerap debu. Kemudian gunakan cairan pembersih monitor bukan air biasa. Untuk membersihkan debu-debu halus yang mengendap di daerah keyboard bisa digunakan blower karet.

Letakkan Laptop dengan Benar

Dimana dan bagaimana laptop diletakkan juga perlu diperhatikan. Banyak sekali pengguna laptop yang gemar menggunakan laptopnya di atas kasur. Mungkin akan terasa nyaman bagi penggunanya namun sangat tidak baik bagi laptop itu sendiri. Meletakkan laptop di atas kasur akan menghambat sirkulasi udara dan membuat laptop menjadi cepat panas. Kondisi ini dapat berdampak buruk terhadap performa laptop. Hindari pula meletakkan barang-barang di atas laptop apalagi membebani laptop dengan benda-benda yang berat.

Jauhkan dari Cairan

Mengerjakan tugas dan pekerjaan menggunakan laptop ditemani secangkir teh atau kopi mungkin akan sangat menyenangkan. Namun perlu diperhatikan bahwa meletakkan minuman atau apapun yang berbentuk cairan di dekat laptop harus diwaspadai. Jangan sampai karena tidak hati-hati, minuman tumpah dan membasahi laptop. Karena seperti diketahui bahwa benda elektronik tidak tahan terhadap air. Selain air, hindari meletakkan benda-benda yang mengandung magnet di dekat laptop.

Biarkan Laptop Beristirahat

Seperti manusia, laptop juga perlu beristirahat. Penggunaan laptop yang terus menerus tanpa jeda istirahat akan menyebabkan suhu laptop meningkat atau biasa disebut overheat. Kondisi seperti ini jika terjadi setiap hari akan membuat performa laptop menurun. Untuk menjaga laptop agar tetap awet dan bisa terus digunakan maka jangan lupa untuk memberikan waktu bagi laptop beristirahat sejenak.

Tidak perlu ribet sebenarnya untuk menjaga laptop selalu memiliki daya tahan yang prima. Dimulai dengan melakukan hal-hal sederhana seperti ini laptop bisa menjadi lebih awet.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments

Popular

To Top